Home / Teknologi / Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet Meskipun Printer Digunakan Setiap Hari

Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet Meskipun Printer Digunakan Setiap Hari

Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet – Printer menjadi suatu alat yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan kita, apa lagi ketika Anda merupakan seorang pekerja kantoran ataupun seorang pelajar yang kesehariannya menggunakan printer untuk berbagai macam kebutuhan. Lalu, karena penting dan sering dipakai, printer pun bisa menjaid cepat rusak. Tapi tenang saja, berikut ini merupakan informasi mengenai cara merawat printer agar tetap awet dan tidak mudah rusak untuk Anda.

Printer dan Fungsinya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika printer merupakan suatu alat mencetak dalam bentuk lembaran kertas ataupun foto. Printer sebagai mesin cetak, sangat diperlukan bagi kita yang membutuhkan alat pencetak dokumen dalam kegiatan kita sehari-hari. Baik bagi para pekerja kantoran, ataupun para pelajar. Merawat printer sendiri menjadi hal yang penting untuk dilakukan, loh!

Baca Juga : Info Agar Cartridge Printer Awet Panjang Umur

Menjadi penting karena intensitas menggunakan printer yang kita gunakan pasti cukup tinggi setiap harinya, dan mau tidak mau pasti membuat printer tersebut menjadi mudah rusak dan tidak awet. Nah oleh karena itu, merawat printer sebaik mungkin menjadi hal yang patut untuk kita lakukan.

Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat printer yang Anda miliki. Dan berikut ini merupakan beberapa diantaranya:

1. Jaga Kebersihan Printer

Untuk merawat printer yang pertama bisa Anda lakukan dengan cara menjaga kebersihan dari printer yang Anda miliki. Hal ini menjadi penting karena jika tidak dibersihkan secara berkala, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak kotoran ataupun debu yang menumpuk pada printer Anda.

Dan ketika kotoran atau debu tersebut tidak dibersihkan, itu akan membuat printer Anda menjadi rusak karena debu dan juga kotoran yang menumpuk tersebut. Misalnya saja, printer menjadi mudah macet karena tersangkut oleh debu dan kotoran yang ada.

2. Gunakan Printer secara Rutin

Kemudian, cara merawat printer yang kedua adalah dengan menggunakan printer secara rutin. Tahukah Anda, jika printer yang sering digunakan akan jauh lebih awet dibandingkan tidak loh! Hal ini dikarenakan semakin sering penggunaan dari printer tersebut maka kinerja dari printer yang Anda miliki menjadi lebih optimal, sehingga menjadi lebih terbiasa untuk digunakan sebagai alat pencetak.

Selain itu, ketika printer tersebut sering digunakan, maka akan memperkecil peluang bagian kepala printer menjadi kering karena tinta. Dan ketika bagian dari kepala printer itu menjadi kering, maka akan sulit untuk digunakan kembali. Selain itu, bagian yang kering tersebut juga akan menjadi sulit untuk dibersihkan.

3. Merawat Kinerja Katrid secara Rutin

Katrid menjadi bagian terpenting pada sebuah printer, terutama untuk printer yang sering digunakan untuk mencetak berbagai macam jenis warna. Oleh karena itu, merawat kinerja katrid ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Lalu seperti apa cara untuk merawat kinerja katrid secara rutin?

Caranya cukup mudah, Anda cukup membuat 4 (empat) buah lingkaran dengan warna yang berbeda yaitu, hitam, merah, kuning, dan hijau pada Microsoft Word. Kemudian cetak gambar yang telah dibuat tersebut melalui printer Anda dengan kualitas atau resolusi paling tinggi (best) pada pengaturan printer.

Dengan cara seperti ini, hasil cetak yang keluar dapat memperlihatkan apakah katrid Anda masih bisa mencetak warna dengan optimal atau tidak. Lakukan cara seperti ini secara rutin selama 1 bulan sekali atau paling minimal 2 bulan sekali untuk melihat dan memantau kinerja dari katrid printer Anda.

4. Gunakan Kualitas Tinta yang Bagus untuk Mencetak

Kualitas tinta juga bisa mempengaruhi kinerja dari printer loh! Untuk itulah akan lebih disarankan untuk menggunakan tinta yang memiliki kualitas yang bagus untuk diletakkan di printer. Selain itu, gunakan tinta dari satu merk saja secara konsisten.

Jangan sering menggonta ganti merk dari tinta yang Anda miliki karena hal itu, bisa mengakibatkan printer menjadi mudah cepat rusak. Dan selain itu pula, kepekatan dari setiap merk tinta juga berbeda sehingga membutuhkan waktu adaptasi lagi bagi sebuah printer ketika tinta yang Anda gunakan selalu ganti.

Baca Juga : Ini Dia 5 Faktor Penting Penyebab Printer Cepat Rusak Yang Wajib Anda Ketahui

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat printer Anda agar tetap awet. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan bukan?

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.