Home / Teknologi / Cara Mengecek Dan Membasmi Virus PC/Laptop Tanpa Software Secara Online

Cara Mengecek Dan Membasmi Virus PC/Laptop Tanpa Software Secara Online

Cara Mengecek Dan Membasmi Virus Secara Online – Tentunya akan sangat menjengkelkan jika file yang kita miliki terserang virus. Apalagi jika file tersebut kriterianya sangat penting dan proses untuk mendapatkannya sangat sulit. Yang paling menyebalkan lagi jika virus sudah menyebar ke seluruh system komputer atau laptop. Karena biasanya jika virus sudah menyebar maka kinerja komputer akan menurun, komputer akan lemot. Tak jarang jika virus sudah menyebar solusi terakhirnya adalah melakukan install ulang Operasi Sistem. Karena jika terus dibiarkan dan sudah tidak mempan lagi dengan Anti Virus maka jika kita menyambungkan media eksternal seperti Flashdisk maka media tersebut akan terkena virus juga. Jadi selain berbahaya untuk komputer dan berbahaya juga untuk media lainnya.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Sebetulnya tidak sulit juga untuk menjaga file-file penting di dalam komputer agar tidak terinfeksi virus. Jika kita tidak bisa atau tidak punya waktu untuk menghapus virus secara manual, solusinya adalah dengan menginstall software Anti Virus. Banyak Anti Virus yang dapat kita andalkan untuk menjadi security komputer, misal Microsoft Security EssentialsAVGAVIRA, dan masih banyak lagi. Meskipun Anti Virus tersebut bisa kita dapatkan secara gratis, namun menurut saya asal Anti Virus selalu kita update maka akan mampu menghadang setiap virus yang masuk ke komputer.

cara-mengecek-dan-membasmi-virus-secara-online-1

Selanjutnya di jaman serba online seperti saat ini tentunya hampir segala kebutuhan dapat dipenuhi secara online. Contohnya dari media online saat ini kita bisa berbelanja, mengobrol, hingga mencari jodoh. Masih banyak lagi aktifitas lain yang dapat terselesaikan dengan cara online. Bahkan jika Anda malas untuk menginstall software Anti Virus ribet dengan update atau lain sebagainya, saat ini banyak website yang bisa kita manfaatkan untuk mengecek file apakah terinfeksi virus atau tidak.

Ketika kita memperoleh file baru entah darimana asalnya dan apapun jenis filenya sebaiknya kita cek dulu file tersebut sebelum kita pindahkan ke komputer. Bisa saja file tersebut sudah terinfeksi virus berbahaya yang beresiko akan menyebar ke system komputer. Nah untuk mengecek file tersebut kita bisa melakukannya secara online.

Berikut Cara Mengecek Dan Membasmi Virus Komputer/Laptop Secara Online

Disini saya akan merekomendasikan website www.virustotal.com. Website ini mampu mengecek serta membasmi virus yang tersimpan didalam file tanpa harus membebani komputer Anda. Biasanya jika spesifikasi komputer rendah maka ketika sudah di install Anti Virus akan terasa lambat. Begitu Anti Virus diaktifkan maka akan terus bekerja melakukan scanning komputer. Solusi terbaiknya adalah dengan mengecek file secara online.

Virus Total dirancang khusus untuk melakukan scan file serta membasmi virus ketika ditemukan virus ditemukan. Untuk mengakses website Virus Total sedikitpun kita tidak akan diminta bayaran alias gratis. Bahkan selain mampu mengecek file yang kita upload, Virus Total juga bisa kita gunakan untuk mengecek halaman website.

Untuk mengecek file atau halaman website di Virus Total caranya sangat mudah. Pertama kita pilih apakah mau file atau halaman website yang akan kita cek. Jika File silakan Anda klik Choose File untuk mengambil file dari komputer. Sedangkan jika halaman website silakan klik tab URL dan Anda ketikkan website yang akan dicek. Terakhir klik pilih Scan It dan tunggu hingga proses scan selesai 100%.

cara-mengecek-dan-membasmi-virus-secara-online-2

Batasan file yang dapat kita upload di halaman Virus Total adalah 128 MB saja. Selain file dan halaman website yang dapat kita scan di Virus Total, kita juga bisa scan Server Anda. Sangat berbahaya bagi komputer jika Server yang kita akses ternyata mengidap virus berbahaya. Untuk mengecek Server caranya tinggal mengetikkan alamat Server, misal https://192.168.72.222.

Kelebihan Virus Total adalah website ini telah memadukan database virus dari berbagai software Anti Virus terbaik. Virus Total telah menggabungkan 49 Anti Virus di dalam website ini. Dengan begitu proses scanning di website Virus Total akan dilakukan secara ketat dibanding scan file hanya mengandalkan satu buah software Anti Virus. Virus Total sangat cocok kita gunakan untuk menghadang virus jaringan, virus sality, membasmi virus shortcut, dan virus-virus komputer berbahaya lainnya.

Ok mungkin artikel Cara Mengecek Dan Membasmi Virus Secara Online dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan tentunya setiap virus pasti ada obatnya. Asalkan kita selektif pandai memilah dan memilih file yang kita peroleh maka saya yakin komputer Anda akan aman-aman saja dari serangan virus.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Jadi setiap mau scan file harus di upload satu-satu ya min?

    Klo file yang terinfeksi bisa ga diperbaiki dengan cara di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *