Selasa, 27 Februari 2024

Cara Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik FindID/PW [Update]

Cara Reset Password Akun EPS-Topik 01

Cara Reset dan Merubah Password Akun EPS-Topik – Jika CPMI sudah daftar dan menjadi member di EPS-Topik maka rajin-rajinlah untuk selalu mengeceknya. Karena dari data itulah Anda bisa mengetahui perkembangan data sending. Namun bagaimana kalau akun EPS-Topik tiba-tiba tidak bisa diakses? Penyebab hal ini karena Anda lupa password untuk login. Atau kemungkinan ada orang yang berhasil login dengan akun Anda, sehingga kesimpulannya Anda sama sekali tidak bisa login di EPS-Topik.

Baca Juga : Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik

Kalau kasusnya demikian seperti yang sudah saya terangkan di atas, Anda tidak perlu panik. Karena lupa password akun EPS-Topik bisa kita reset kembali kepengaturan awal. Selain itu, password EPS-Topik bisa kita rubah dengan alasan sebagai keamanan.

Data Penting Untuk Persiapan Reset Password Akun EPS-Topik

Namun sebelum menginjak keinti permasalahan, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu data-data berikut:

  1. Nomor EPS-Topik atau Nomor Ujian. Nomor ujian ini terdiri dari 16 digit yang kita peroleh ketika hasil kelulusan ujian EPS-Topik dari situs BP2MI;
  2. Nomor KTP/NIK. Sebaiknya gunakan Nomor KTP yang sesuai dengan ketika daftar Ujian EPS-Topik. Jika ketika daftar Ujian EPS-Topik menggunakan Nomor Pasport, silakan gunakan Nomor Papsort;
  3. Alternatif lain jika pada point 1 tidak ada, maka Anda bisa menggunakan Tanggal Lahir;
  4. Untuk reset password, Anda harus mempunyai alamat email yang masih aktif. Karena nanti hasil reset password, tim EPS akan mengirimkannya ke alamat email yang Anda input ketika reset password.

Cara Reset Password Akun EPS-Topik FindID/PW

1. Masuk Halaman Website EPS-Topik

Baiklah, jika semua data-data di atas sudah siap sekarang mari kita praktekkan untuk reset akun EPS-Topik. Anda masuk ke web www.eps.go.kr dan klik FindID/PW.

Cara Reset Password Akun EPS-Topik 02

Dalam pencarian ID/PW (reset password) tersedia 2 opsi. Pencarian ID/PW (tanggal lahir + nomer paspor atau nomer kartu identitas). Kemudian pencarian ID/PW (EPS-TOPIK ID + nomer paspor atau nomer kartu identitas Negara).

Cara Reset Password Akun EPS-Topik 03

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan contoh reset password akun EPS dengan menggunakan Nomor EPS dan Nomor KTP. Tapi pada dasarnya masih sama saja dengan reset password menggunakan Tanggal Lahir dan Nomor KTP.

2. Pencarian Identitas Diri

Sebelum melakukan reset password, sebaiknya lakukan dulu pencarian Identitas Diri, untuk mengecek data yang sudah kita input apakah benar atau tidak.

Silakan isi form yang ada pada form EPS-TOPIK* dan nomor paspor atau nomor kartu identitas Negara*. Lalu klik tombol Pencarian Identitas Diri, maka jika benar Anda sudah terdaftar di EPS, pada form Login ID akan muncul ID Login Anda.

Cara Reset Password Akun EPS-Topik 04

3. Pencarian Kata Kunci

Selanjunya isi form pada opsi pencarian kata kunci (password). Login ID* (isi dengan ID Login/Username Anda), EPS-TOPIK* dan nomer paspor atau nomer kartu identitas Negara*. Lalu klik tombol Pencarian Kata Kunci.

Cara Reset Password Akun EPS-Topik 05

4. Reset Sandi

Sekarang Anda akan dihadapkan pada halaman Reset Sandi. Pada halaman ini Anda akan diminta untuk input alamat email. Karena tim EPS akan mengirimkan password sementara ke alamat email yang Anda masukkan.

Silahkan input nama email yang masih aktif atau yang bisa Anda akses, dan pilih domain email yang Anda gunakan pada list yang tersedia (hanya yang direkomendasikan saja).

Contoh saya pilih domain GMail. Lalu klik tombol Ok, tunggu beberapa saat dan tim EPS akan mengirimkan password sementara ke alamat email Anda.

5. Cek Alamat Email

Silakan buka email Anda, dan perlu Anda ketahui dari banyaknya domain email yang direkomendasikan oleh tim EPS seperti domain GMail, pesan yang isinya password sementara sering dianggap sebagai Spam oleh domain GMail.

Maka untuk itu, jika Anda tidak menemukan balasan email dari tim EPS yang isinya password sementara pada Inbox/kotak masuk, maka hendaknya periksa juga folder Spam.

Berikut contoh kiriman pesan dari tim EPS yang isinya password sementara untuk login di akun eps.go.kr:

6. Login di Akun EPS-Topik dengan Password Baru

Silakan sekarang Anda bisa mencobanya login pada halaman eps.go.kr dengan User ID dan Password baru Anda.

Selanjutnya jika Anda ingin mengubah password yang dikirim dari tim EPS dengan password yang Anda inginkan, setelah berhasil login di eps.go.kr silakan pergi ke menu Anggota > Periksa status TKI Purna.

Pada form Ubah Sandi silahkan isi formnya dengan lengkap. Sandi Sekarang* (password yang dikirim dari tim EPS ke email Anda tadi), Sandi Baru* (password yang Anda inginkan), dan Konfirmasi Sandi Baru* (ketik lagi password yang Anda inginkan/samakan dengan form ke-2). Terkahir klik Ok dan selesai.

Demikian artikel ini dan semoga dapat membantu khususnya CPMI yang ingin bekerja di negara Korea Selatan. Salam berbagi.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

24 comments

  1. ayu

    kak mau nanya kalau dataku bener” tdak bsa d akses karna id dan pasword srta no ktp d gnti semua dgn orang lain trus gmna kak?

    • InfoMenarik

      ID dan Nomor KTP tidak mungkin bisa dirubah. Keduanya itu paten akan tersimpan di database EPS-Topik. Yang bisa dirubah hanya password akun saja. Lalu selain itu kita bisa melakukan pindah data dari data lama ke data yang isinya perubahan Nomor Registrasi EPS-Topik seperti yang sudah saya tulis disini.

  2. sugenk

    Minta pencerahan mash, saya exs tki korea udah lulus eps topik cbt dah kirim data sending dan sudah buat id di eps.go.kr data lulus nilai ada semua tapi di bagian kepulangan sukarela kok no data dan bagian issue certificat of career no data trus di setatus tki purna no data ,temen saya sama sama exs tki datanya ada semua saya sediri tidak pernah ilegal di korea dan setatus kemajua imigrasi udah dikirim sudah tiga bulan belum disetujui mohon solusinya apasebabnya mas

    • InfoMenarik

      Ma’af mas untuk masalah ini saya tidak bisa membantu. Coba mas konsultasikan langsung dengan petugas BNP2TKI bagian Penempatan.

  3. suyono

    Pada akun eps ID saya tdk muncul ketika klik tombol “pencarian identitas diri”pdhal nmr ujian eps& nik KTP sdh sy isi dg bnr..solusinya dong?

    • InfoMenarik

      Kalau data sudah benar semua seharusnya sudah tidak ada masalah lagi mas. Mas coba menggunakan web browser Internet Explorer.

  4. Hyeri

    Mas akun sya tdk bisa di buka pas cari id itu ketemu tpi pas cari pw tdk bisa dia lakihkan ke reset pw tpi tulisan yng muncul hanya id sudah terdaftar dan tdiak bisa reset pw….itu gmana solusinya

    • InfoMenarik

      Coba menggunakan browser lain, misal Firefox, Google Chrome, atau Opera Mini. Mungkin saja masalahnya ada di browser yang digunakan.

  5. haryadi

    mas saya ingin menanyakan masalah saya ,,saya sudah ujian sampe sekarang sudah lewat masa belaku sertifikatnya tidak b;erangkat dan taun kemare;n saya ikut ujian lg dan lulus apakah kalo saya memindah akun eps akan ada dampak restrek pak mohon dibantu

    • InfoMenarik

      Sebaiknya dan seharusnya mas memang harus pindah data EPS-Topik di akun EPS. Sertifikat yang pertama kan sudah tidak berlaku lagi dan sekarang datanya ganti dengan data yang baru!

  6. Antok

    Gan lanjutannya gimana saya udah lulus buat akun bisa log in tapi isinya masih kosong kira kira kenapa ya gan….mohon kasih info setelah log in harus apa lagi…karna kita masih nunggu ujian tahap 2 gan..2017

    • Data yang ada di akun EPS ini akan terisi jika mas nanti sudah mengirimkan berkas lamaran/sending data. Artinya nanti jika mas lolos juga ujian tahap kedua …

      • sunardi

        saya sudah punya akun eps tp tdk berangkat kekorea. 2017 saya lulus lg dan sudah mengajukan lamaran kerja dan sudah berhasil. setelah itu saya mau daftar dieps dengan nomer ujian yg sekarang kok gak bisa. jawabanya id login sudah digunakan.pertanyaan saya bagaimana supaya sy bisa mendaftar id yg sekarang (id yg 2017)

  7. black jack

    Mas …saya ujian eps tahap 1 lulus dan skrng akan melanjutkan tahap ke 2….masalahnya apakah masih bisa merubah data ? Nik saya salah saat ngirim data pra online pendaftaran sehingga sampai skrg nik saya yg ada di eps salah..apakah gunakan yg terlanjur salah atau diperbaharui pada saat ujian ke 2

  8. Mahmud

    Maaf kang mau tanya,, kemarin aku sudah daftar Tp karena satu dua hal aku lupa password untuk masuk ke akun eps topik, Trus aku ikuti langkah2 di atas berhasil Tp password sementaranya belum aku terima, sudah saya cek di Spam e-mail saya Tp belum ada perkembangan,,, apakah memang harus menggunakan PC atau laptop?atau ada permasalahan lain? Mohon petunjuk

    • Selama ini saya belum pernah membuat dan reset akun menggunakan HP. Jadi silakan coba menggunakan PC/Komputer saja …

  9. Puja vanesha

    Saya sudah mengikuti ujian tahap satu dan lulus saat mengecek kelulusan saya membuat akun saat ini saya masih di ujian tahap 2 kalau pasword akun yang saya pas ngecek dulu lupa gimana ya ? Mohon pencerahannya

    • Akun EPS-Topik jika lupa maka silakan reset! Hal ini sesuai dengan maksud dibuatnya artikel ini yaitu langkah-langkah reset akun EPS-Topik jika lupa Akun atau Password …

  10. Yuhana Anggih

    Bagaimana cara mengembalikan akun EPS Topik yang sudah terblokir karena 5 kali salah ngisi password? Udah coba pakai langkah yang disaranin di blog ini tapi hasil masih tetap gak bisa “No search result found” Apakah ada cara yang lain?

  11. Budiyono

    Akun saya twrblokir,Saya sudah coba tetapi masih juga gak ditemukan mz trus gmn solusinya

  12. Tohir

    Aku uda bikin tpi pas login gak ada gambar warna putih ajh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.