Cara Mengubah Nada Startup Dan Shutdown Komputer Windows Dengan Mudah

Cara Mengubah Nada Startup Dan Shutdown – Mungkin selama ini Anda bosan mendengar nada Startup dan Shutdown Windows yang bunyinya itu-itu saja. Anda bermaksud ingin mengubah suara komputer Windows ketika dinyalakan dan dimatikan namun tidak tahu caranya. Tidak sulit untuk mengubah nada komputer ketika dinyalakan (Startup) dan dimatikan (Shutdown). Disini saya akan membahasnya sampai tuntas. Silakan baca artikelnya sampai selesai.

Baca Juga : Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Dalam mengubah nada bawaan (default) Windows banyak cara yang dapat kita lakukan. Mulai dari yang menggunakan software bahkan tanpa software juga kita bisa melakukannya. Disini saya akan membahas semuanya.

cara-mengubah-nada-startup-dan-shutdown-1

Dalam praktik ini saya menggunakan Operasi Sistem Windows 7. Untuk versi Windows lainnya silakan menyesuaikan saja. Pada intinya langkah-langkah mengubah nada default Windows masih sama.

Berikut Cara Mengubah Nada Startup Dan Shutdown Komputer Windows

Sebelum melakukan kegiatan ini sebaiknya Anda sudah menyiapkan nada atau lagu yang akan kita jadikan sebagai nada Windows default. Untuk lagunya bebas, terserah selera Anda. Namun yang paling penting format lagu tersebut harus WAV. Tidak ada alasan untuk tidak memiliki lagu format WAV, karena hanya format WAV sajalah yang bisa kita gunakan untuk mengubah nada Startup dan Shutdown Windows.

Bagaimana kalau lagu yang akan kita gunakan formatnya bukan WAV, misal MP3? Gampang, Anda tinggal mengubah format tersebut menjadi WAV menggunakan software atau aplikasi converter. Jika tidak mempunyai software converter, solusinya Anda bisa menggunakan converter audio online.

Banyak sekali converter audio online yang dapat kita manfaatkan fiturnya untuk mengubah format lagu ke WAV. Saya akan merekomendasikan mengubah format nada di situs Audio Online Convert saja. Situs tersebut bisa kita nikmati secara gratis selamanya.

Di situs Audio Online Convert, Anda cukup memilih lagu yang akan diubah formatnya menjadi WAV dengan klik pilih Choose File. Silakan cari nada yang akan diubah formatnya di komputer atau media eksternal.

cara-mengubah-nada-startup-dan-shutdown-2

Biarkan kosong pada kolom Or enter URL of the file you want to convert to WAV. Kolom ini diisi jika Anda mempunyai URL atau alamat internet sebagai tempat hasil convert lagu nanti. Selanjutnya Anda bisa mengubah pengaturan pada Optional settings yang terdiri dari bit resolution, sampling rate, dan audio channels.

Mengubah format lagu di situs Audio Online Convert, Anda bisa mengambil lagu yang tersimpan di Dropbox dan juga Google Drive. Jika semua pengaturan sudah Anda tentukan, selanjutnya Anda klik pilih tombol Convert file. Tunggu sampai proses convert selesai dengan sempurna. Lama proses convert tergantung ukuran lagu itu sendiri.

Saya sarankan lagu untuk mengubah nada Startup dan Shutdown sebaiknya lagu yang memiliki durasi pendek. Anda bisa mengambil intro atau reffnya saja dari lagu yang akan gunakan. Tidak masuk akal ketika komputer dinyalakan keluar suara lagu sepenuhnya dari awal sampai selesai. Maka daripada itu Anda potong lagu tersebut dan ambil bagian yang pentingnya saja. Untuk memotong lagu, Anda bisa menggunakan software Audacity atau yang lainnya. Insya Allah dilain kesempatan akan saya share caranya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. di leptop saya kok tidak ada windows log on dan off nya yaa ?? itu gimana cara nya ?? supaya bisa ada kayak gitu ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.