Home / EPS-Topik Korea / Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru

Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru

Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru – Salahsatu kewajiban peserta EPS-Topik yang dinyatakan lulus adalah harus daftar untuk mempunyai akun EPS-Topik. Karena tanpa memiliki akun EPS-Topik, maka CTKI Korea tidak akan tahu mengenai perkembangan data keimigrasiannya atau data lamaran kerjanya. Maka dari itu mempunyai akun EPS-Topik bisa dikatakan wajib dilakukan jika CTKI Korea tidak ingin ketinggalan informasi mengenai perkembangan data sendingnya. Memiliki akun EPS-Topik bagi CTKI Korea akan mendapat informasi yang akurat. Walaupun nanti akan ada pemberitahuan dari BNP2TKI namun dengan melihat progress data di akun EPS-Topik CTKI akan memperoleh informasi terdepan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Nilai Ujian EPS-Topik Di WEB HRD-Korea

Selain CTKI Korea bisa memantau setiap perkembangan data keimigrasiannya, dengan akun EPS-Topik CTKI Korea bisa mengetahui Skor Nilai EPS-Topik yang diperoleh. Kemudian bagi CTKI Korea yang layak untuk mengikuti Test Kemampuan Khusus (Test Skill) bisa memantaunya juga melalui akun EPS-Topik ini. Jadi tidak ada sebuah alasan bagi CTKI Korea untuk tidak segera daftar menjadi member EPS-Topik. Cara daftar di EPS-Topik CTKI Korea bisa melihatnya pada tulisan saya sebelumnya tentang Cara Daftar Dan Menjadi Member EPS-Topik.

Kemudian fungsi akun di EPS-Topik adalah untuk melakukan pindah data EPS-Topik lama ke data EPS-Topik terbaru. Hal ini dilakukan oleh beberapa sebab, diantaranya :

  1. CTKI Korea belum mendapat kontrak kerja sampai batas waktu Sertifikat EPS-Topik habis. Karena Sertifikat EPS-Topik telah habis masa berlakunya artinya CTKI Korea tidak bisa melanjutkan lagi proses sending datanya. Maka dari itu kita harus mengikuti Ujian Bahasa Korea (Test EPS-Topik) ulang. Nah karena CTKI Korea telah mengikuti Test EPS-Topik ulang, maka otomatis data EPS-Topiknya berubah juga, yaitu nomor EPS-Topik. Sedangkan kepemilikan akun EPS-Topik berlaku hanya untuk satu CTKI satu akun. Jika CTKI Korea mengalami hal seperti ini maka CTKI harus melakukan pindah data di akun EPS-Topik.
  2. Pindah data dilakukan karena CTKI Korea yang sudah mempunyai akun EPS-Topik tahun sebelumnya tidak lulus Test EPS-Topik. Kasus seperti ini juga CTKI Korea harus melakukan pembaharuan data EPS-Topik. Karena tentunya berbeda data EPS-Topik ketika CTKI Korea tidak lulus dan setelah dinyatakan lulus.

Bagaimana Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru?

Untuk pindah data dari EPS-Topik lama ke data EPS-Topik terbaru sangat mudah saja. Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan pindah data adalah hanya Nomor Identitas EPS-Topik Terbaru dan Nomor Paspor atau Nomor KTP.

Setelah data-data tersebut sudah dipersiapkan, silakan Anda login di web EPS-Topik dengan username dan password yang Anda miliki. Untuk melakukan pindah data EPS-Topik tidak harus menggunakan web browser Internet Explorer seperti ketika daftar EPS-Topik. Web browser apapun selain Internet Explorer bisa digunakan, seperti : Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan lain-lain.

Jika sudah berhasil login langsung saja menuju ke halaman Melihat Skor EPS-Topik kemudian Anda klik Pindah. Lihat contoh gambar di bawah ini :

Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru 1

Sekarang dihadapan Anda adalah halaman untuk Pergantian data EPS-Topik. Disana Anda harus mengisi kolom yang disediakan yaitu : kolom ID (Identitas) EPS-Topik dan kolom Nomor Paspor atau ID Card No. Isi kolom pertama atau kolom Identias EPS-Topik dengan Nomor EPS-Topik Terbaru yang terdiri dari 16 digit, contoh : 0122015P10010000. Kolom kedua Anda isi dengan Nomor Paspor atau Nomor KTP yang sesuai dengan data Anda ketika daftar EPS-Topik pertama kali. Kemudian klik Mencari dan tunggu beberapa saat.

Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru 2

Jika semua data yang Anda masukkan benar, maka akan muncul pemberitahuan tentang kebenaran data tersebut. Namun sebaliknya jika semua data yang dimasukkan salah, maka akan ditemukan sebuah informasi No Data.

Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru 3

Kenapa data EPS-Topik lama tidak bisa dipindah dengan data baru padahal sudah memasukkan data yang benar? Jika hal ini terjadi pada Anda saat ini, alasannya karena web EPS-Topik masih dalam penyempurnaan. Prediksi saya mungkin semua data EPS-Topik di HRD-Korea belum masuk ke dalam database akun EPS-Topik. Sehingga ketika kita input data EPS-Topik terbaru hasilnya adalah No Data. Kita tunggu saja sampai ada pengumuman resmi tentang kelulusan peserta EPS-Topik di web BNP2TKI.

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Pindah Data EPS-Topik Lama Ke Data EPS-Topik Terbaru. Semoga ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *