Cara Cek NISN Siswa Sekolah dan Madrasah Termudah [Update 2020]

Cara Cek NISN Siswa Sekolah dan Madrasah – Setiap siswa Sekolah atau Madrasah sebagai pelengkap identitasnya akan memiliki Nomor Induk. Nomor Induk ini berfungsi sebagai pembeda satu siswa dengan siswa lainnya. Nomor Induk ini tentunya tidak akan sama meskipun siswa lahir di hari, tanggal, atau tahun yang sama.

Saat ini Nomor Induk Siswa dibagi menjadi dua macam. Nomor Induk yang diterbitkan oleh Sekolah atau Madrasah tempat siswa belajar (NIS) dan Nomor Induk yang diterbitkan oleh Pemerintah (NISN). Nomor Induk Siswa (NIS) yang diterbitkan oleh Sekolah atau Madrasah biasanya diambil dari kombinasi tahun masuk siswa belajar, kelas, dan nomor urut/abjad. Misal jika siswa masuknya tahun pelajaran 2019/2020 kemudian diterima di kelas 1, maka Nomor Induk Siswa tersebut adalah 1516.1. Lalu Nomor Induk tersebut ditambah 3 angka dibelakangnya berdasarkan nomor urut abjad siswa yang diterima pada tahun pelajaran tersebut. Jika siswa berdasarkan abjad berada di posisi pertama, maka Nomor Induk Siswa tersebut adalah 1920.1.001.

Baca Juga : Prosedur Cara Mengajukan NISN Baru Bagi Siswa Madrasah (Kemenag) 2015

Jadi jelas Nomor Induk Siswa (NIS) tidak akan pernah sama dengan siswa lainnya ditempat siswa tersebut belajar. Namun tentunya kalau dibandingkan dengan Sekolah atau Madrasah lain pasti akan sama. Hal ini karena pengkodean Nomor Induk Siswa (NIS) di setiap Sekolah atau Madrasah se-Indonesia pada umumnya menggunakan cara ini.

Namun berbeda dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. Nomor Induk ini tidak akan pernah sama meskipun kita bandingkan dengan siswa Sekolah atau Madrasah di luar Provinsi. Karena memang fungsi NISN ini adalah untuk membedakan identitas satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Sekolah dan Madrasah se-Indonesia. Uniknya lagi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini sifatnya permanen. Keberlakukan NISN adalah sepanjang masa atau tidak akan pernah diganti-ganti. Berbeda dengan NIS yang hanya berlaku di Sekolah atau Madrasah tempat siswa belajar saat itu saja.

Dimanapun siswa belajarnya maka NISN siswa tidak akan berubah walaupun siswa pernah mutasi dari sekolah berbeda. Selama siswa masih belajar di dalam negeri, maka NISN yang dimiliki siswa bisa terus difungsikan.

Cara Cek NISN Siswa Sekolah dan Madrasah Dengan Sistem Online

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan Nasional. Setiap siswa se-Indonesia diwajibkan agar memiliki NISN baik siswa yang belajar di Sekolah atau di Madrasah. Layanan NISN menggunakan sistem komputerisasi dan online. NISN dibuat berdasarkan entry data setiap Sekolah dan Madrasah yang telah diverfikasi dan divalidasi oleh Operator Sekolah atau Madrasah.

Karena NISN sifatnya terbuka, maka setiap yang berkepentingan bisa mengeceknya secara online. Hal ini untuk memudahkan pengguna serta sebagai bentuk memanfa’atkan kecanggihan teknologi saat ini.

Setiap siswa Sekolah dan Madrasah seperti siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/MAK bisa melakukan pengecekan NISN sendiri dengan memanfa’atkan sistem online. Dengan catatan siswa tersebut sudah pernah memiliki NISN atau sudah pernah didaftarkan oleh Operator Sekolah atau Madrasah tempat siswa belajar di tingkat dasar.

Cara cek NISN siswa Sekolah dan Madrasah yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi laman web http://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Saat ini laman web tersebut sedang dilakukan konfigurasi server. Sementara untuk cek NISN siswa, Anda bisa mengunjungi link https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.

Untuk cek NISN di web resmi DAPODIK di bagi menjadi dua macam. Cek NISN berdasarkan nomor NISN itu sendiri dan cek NISN berdasarkan Nama.

1. Cek NISN Pencarian Berdasarkan NISN

Hal ini bermaksud untuk mengecek NISN apakah sudah terdaftar atau belum di Pusat Data dan Statistik Kemdiknas. Cara mengeceknya cukup mudah, Anda tinggal mengetikkan NISN pada kolom yang sudah disediakan lalu ketik Nama Ibu Kandung Siswa. Anda juga harus mengisi kolom Captcha yang otomatis tampil, terakhir klik tombol Cari Data.

Cara Cek NISN Sekolah dan Madrasah 01

Jika NISN tersebut terdaftar dalam database Pusat Data dan Statistik Kemdiknas maka hasil contohnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara Cek NISN Sekolah dan Madrasah 02

2. Mencari NISN Dengan Pencarian Nama

Selain kita bisa mencari NISN berdasarkan NISN, kita bisa juga mengecek NISN dengan menggunakan pencarian berdasarkan nama. Langkah ini bisa kita jadikan alternatif kalau seandainya kita lupa dengan NISN yang akan dicari. Caranya, silakan klik tab Pencarian Nama yang berada di sebelah kanan atas :

Cara Cek NISN Sekolah dan Madrasah 03

Kemudian Anda harus mengisi kolom Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa, Tanggal Lahir Siswa, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Kode Captcha. Data yang Anda isi harus sesuai dengan data yang sudah diajukan oleh Operator Sekolah/Madrasah. Untuk format tanggal lahir adalah YYYY-MM-DD. Tanggal lahir ditulis dimulai dari tahun, bulan, lalu tanggal. Jika semua data sudah lengkap, silakan klik tombol Cari Data.

Hasilnya jika data yang Anda masukkan benar atau data sudah tersimpan didalam database Pusat Data dan Statistik Kemdiknas, maka hasilnya akan seperti yang terlihat di bawah ini :

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang Cara Cek NISN Siswa Sekolah dan Madrasah bagi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/MAK. Selamat mencoba dan semoga bermanfa’at.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. bingunnya bila tidak ada kesamaan pd saat mohon awal dengan data sekarang..jd agak sulit ka…
    #kopdaposa

  2. ario gunawan wijaya

    nisn atas nama ario gunawan wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.