Selasa, 27 Februari 2024

Cara Install Candy CBT Offline Versi 2.9.2 di Laragon Menggunakan Database MariaDB

Cara Install Candy CBT Laragon 01

Info Menarik – Untuk install Candy CBT di Laragon, langkah-langkahnya hampir sama dengan cara install di Xampp. Perbedaannya hanya di lokasi folder untuk menyimpan file Candy CBT. Dan sedikit perbedaan ketika install database di Laragon. Ok, untuk lebih jelasnya silakan Kamu simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Mudah Install Aplikasi CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP

Candy CBT adalah aplikasi untuk keperluan ujian yang pengerjaannya menggunakan komputer. Aplikasi ini bisa Kamu jalankan secara online dimana file-filenya Kamu simpan di database hosting atau VPS. Selain itu, aplikasi juga bisa Kamu jalankan secara offline dengan menyimpan file Candy CBT di localhost. Untuk versi offline, Kamu perlu aplikasi lagi untuk menjalankannya. Candy CBT source code Kamu jalankan dengan Xampp atau Laragon dan untuk versi VHD Kamu jalankan dengan Virtual Box.

Berikut Cara Install Candy CBT Versi 2.9.2 di Laragon dengan Database MariaDB

Saat ini atau ketika artikel ini saya buat, Candy CBT sudah mencapai versi 2.9.2. Silakan bagi Kamu yang ingin mencoba versi 2.9.2 ini, bisa langsung download di website resminya.

1. Download File Pendukung Install Candy CBT di Laragon

Sebelum saya lanjutkan artikelnya, Kamu wajib memiliki ke-3 file berikut ini:

Cara Install Candy CBT Laragon 02

Silakan Kamu download ke-3 file di atas, yaitu : Candy CBT Versi 2.9.2, Laragon, dan MariaDB. Untuk download Candy CBT, Kamu bisa langsung mengunjungi website ownernya di cbtcandy.com.

Sedangkan untuk download Laragon, Kamu bisa mengnjungi link berikut Download Laragon. Laragon tersedia 3 versi, Laragon Full, Laragon Lite, dan Laragon Portable. Saya sarankan agar kinerjanya maksimal, Kamu meski download Laragon Full. Saat ini versi Laragon sudah mencapai 4.0.

Selanjutnya untuk download database MariaDB, Kamu bisa klik tautan Download MariaDB. MariaDB saat ini sudah mencapai versi 10.5.9, namun pada tutorial kali ini saya akan menggunakan versi 10.4.18. Sebelum download, sesuaikan MariDB dengan OS yang Kamu gunakan.

2. Install Laragon dan MariaDB

Jika ke-3 file di atas sudah selesai Kamu download, silakan ekstrak semuanya menggunakan aplikasi WinRAR atau sejenisnya. Pertama, silakan Kamu install Laragon di komputer atau laptop. Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan tahap demi tahap install Laragon. Saya yakin, Kamu sudah bisa untuk menginstall Laragon. Kamu tinggal ikuti saja semua instruksinya.

Selesai install Laragon, langkah selanjutnya adalah menginstall Maria DB di Laragon. Setelah Kamu ekstrak file MariaDB, Kamu copy foldernya dan paste ke folder laragon > bin > mysql.

Cara Install Candy CBT Laragon 03

Jangan sampai salah! Kamu harus memindahkan semua folder hasil ekstrak dari MariaDB ke folder yang sudah saya intruksikan di atas.

Baca Juga : Cara Menjalankan Aplikasi Candy CBT Offline Menggunakan Oracle VM VirtualBox

3. Setting Database Candy CBT di MariaDB

Tahap 1: Memindahkan File Candy CBT ke Laragon

Sukses menginstall Laragon dan MariaDB, langkah selanjutnya menginstall Candy CBT di Laragon. Hasil ekstrak Candy CBT Kamu pindahkan atau copy paste ke folder laragon > www. Kalau di Xampp, folder root Kamu simpan di folder htdocs.

Cara Install Candy CBT Laragon 04

Tahap 2: Mengetahui Nama Database Candy CBT

Selesai memindahkan folder Candy CBT ke Laragon, langkah selanjutnya adalah menginstall database Candy CBT di MariaDB. Silakan Kamu buka file config.database.php yang berada di folder Config Candy CBT. Saya sarankan untuk membuka file PHP, Kamu menggunakan aplikasi Notepad++.

Cara Install Candy CBT Laragon 05

Sebelum menginstall database, kita meski tahu dulu nama database yang akan kita gunakan di aplikasi Candy CBT. Untuk itu kita harus membuka file config.database.php. Nama database Candy CBT Versi 2.9.2 adalah xcandyr4. Silakan Kamu copy nama database tersebut kemudian close saja file php-nya.

Cara Install Candy CBT Laragon 06

Tahap 3: Stop MariaDB

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Laragon. Silakan Kamu buka aplikasi Laragon yang tadi sudah Kamu install. Biasanya aplikasi akan tampil di desktop atau di Start Menu. Klik Start All untuk menjalankan Laragon.

Cara Install Candy CBT Laragon 07

Untuk memastikan apakah database MariaDB sukses kita install atau belum, silakan Kamu klik kanan di jendela Laragon. Klik MariaDB dan lihat, jika tampilan seperti gambar di bawah ini maka Kamu telah sukses menginstall database MariaDB di Laragon.

Cara Install Candy CBT Laragon 08

Tahap 4: Install Database Candy CBT di MariaDB

Ok sekarang saatnya untuk menginstall database Candy CBT Versi 2.9.2 di MariaDB. Kamu klik tombol Database yang ada di jendela Laragon.

Cara Install Candy CBT Laragon 09

Selanjutnya Kamu klik tombol Open.

Cara Install Candy CBT Laragon 10

Pada Database filter Laragon, Kamu klik kanan kemudian klik pilih Create new > Database.

Nah, disini pada kotak Name, Kamu paste atau ketik manual nama database yang digunakan Candy CBT Versi 2.9.2. Tadi sudah kita ketahui bahwa nama databasenya adalah xcandyr4. Jika sudah klik OK!

Database baru sudah terbentuk namun isinya masih kosong. Silakan Kamu isi dengan file sql Candy CBT. Caranya silakan klik pada nama database yang baru saja Kamu buat yaitu xcandyr4. Kemudian klik Query untuk melakukan import database sql. Di jendela Query, silakan Kamu klik kanan dan pilih Load SQL file.

Kamu cari file sql Candy CBT, dimana file sql ini tersimpan di folder config. Nama filenya untuk Candy CBT Versi 2.9.2 adalah ecandy29.sql.

Langkah selanjutnya adalah Kamu harus menjalankan query-nya dengan cara klik tombol Execute. Tunggu beberapa saat hingga proses eksekusi file sql selesai dengan sempurna.

Jika sudah selesai, silakan Kamu close dulu tampilan Databasenya kemudian aktifkan lagi. Hal ini untuk memastikan apakah install database Candy CBT sukses atau belum. Jika sukses, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:

4. Login Admin dan Login Siswa Candy CBT

Sekarang saatnya untuk mencoba apakah langkah demi langkah di atas sukses Kamu lakukan atau tidak. Silakan Kamu buka web browser dan saya sarankan agar menggunakan browser Chrome.

Untuk masuk ke laman siswa, silakan ketik URL localhost/cbtcandy/login.php. Berikut tampilan halaman siswa Candy CBT Versi 2.9.2. Kamu belum bisa login karena belum melakukan konfigurasi di halaman Admin.

Dan untuk masuk ke halaman Admin adalah Kamu bisa mengetikkan URL localhost/cbtcandy/panel/login.php. Username halaman Admin Candy CBT Versi 2.9.2 adalah admin dan password usbk2020.

Silakan lakukan konfigurasi untuk keperluan Ujian Sekolah/Madrasah atau Ulangan Semester siswa. Dan berikut adalah tampilan halaman Dashboard Candy CBT Versi 2.9.2.

Baca Juga: Cara Upload Data dan Foto Siswa di Candy CBT Agar Foto Tampil di Kartu Peserta

Penutup

Bagaimana mudah bukan? Jika belum sukses, silakan ulangi lagi langkah-langkah di atas. Mungkin artikel ini saya cukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. nuriman

    Apakah memang siswa tidak bisa ya login dengan android bila pakai laragon ini

  2. amier

    dengan spek server UNBK bisa gak ditangani sekitar 100 user?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.