Cara Mudah Install Aplikasi CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP

Cara Install CBT Offline 1

Cara Install CBT Offline Menggunakan XAMPP – Bagi Kamu yang ingin menggunakan Aplikasi Candy CBT dengan XAMPP, silakan simak artikel ini sampai selesai. Disini saya akan membahas sampai tuntas untuk keperluan tersebut. Bukan hanya aplikasi Candy CBT bisa digunakan saja di XAMPP. Namun lengkap dengan cara menggunakan Candy CBT khusus untuk Guru dan Siswa. Tentunya semuanya menggunakan XAMPP tanpa harus terhubung ke internet (offline).

Baca Juga : Download Aplikasi CBT Offline Gratis Mirip UNBK Bisa Dijalankan di Android

Sebetulnya tanpa aplikasi XAMPP, Candy CBT versi 2.7 sudah bisa dijalankan baik untuk Server/Admin, Guru, dan Siswa. Aplikasi Candy CBT sudah diikutsertakan dengan perangkat lunak Laragon. Dimana fungsi Laragon masih sama dengan XAMPP, yaitu aplikasi sebagai server yang berdiri sendiri. Aplikasi XAMPP dan Laragon merupakan perangkat lunak untuk menerjemahkan dan menjalankan program seperti Candy CBT sehingga aplikasi dijalankan tanpa harus terhubung ke internet (localhost).

Namun bagi Kamu pecinta XAMPP tentunya sangat ingin mencoba aplikasi Candy CBT di XAMPP. Apakah bisa? Tentu saja jawabannya bisa. Untuk caranya akan saya bahas tuntas disini …

Cara Install CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP

1. Cara Install Candy CBT Menggunakan XAMPP

Sebelum dilanjutkan artikelnya, pertama silakan Kamu download aplikasi XAMPP di website resminya. Sesuaikan aplikasi XAMPP yang Kamu download dengan Sistem Operasi Komputer / Laptop yang Kamu gunakan. Silakan download aplikasi XAMPP disini.

Setelah Kamu download aplikasi XAMPP, silakan Kamu install XAMPP di komputer. Saya rasa untuk install XAMPP di komputer tidak perlu dijelaskan. Kamu tinggal ikuti saja semua perintah install XAMPP hingga finish.

Selesai install XAMPP di komputer, silakan aktifkan XAMPP dengan klik XAMPP Control Panel. Kemudian Kamu klik Start pada Module Apache dan MySQL. Setelah Apache dan MySQL aktif, silakan minimize atau close tampilan halaman XAMPP.

Cara Install CBT Offline 2

Langkah selanjutnya saya anggap kalau Kamu sebelumnya sudah pernah menginstall Aplikasi Candy CBT yang sudah terintegrasi dengan Laragon seperti versi 2.7 di komputer / laptop. Jika belum, silakan lihat artikelnya disini.

Silakan Kamu Copy folder candycbt yang ada di Local Disk (C:) > CANDY27 > www.

Cara Install CBT Offline 3

Lalu Paste folder candycbt di Local Disk (C:) > xampp > htdocs. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah :

Cara Install CBT Offline 4

Langkah diatas adalah memindahkan atau menduplikasi aplikasi Candy CBT. Nantinya aplikasi Candy CBT akan bisa dijalankan di Laragon dan juga di XAMPP. Jika Kamu ingin menggunakan di XAMPP seterusnya, silakan uninstall saja aplikasi Laragon dari komputer.

Selesai melakukan tahapan diatas, silakan sekarang akses browser. Disarankan menggunakan browser Google Chrome terbaru (uptodate). Pada kolom URL, silakan ketik localhost/candycbt.

Kamu diminta untuk membuat Database baru di aplikasi XAMPP. Fungsi database ini untuk menjalankan Candy CBT di XAMPP. Untuk membuat database silakan klik pilih tombol Buat.

Cara Install CBT Offline 5

Langkah selanjutnya klik pilih tombol Import. Langkah ini untuk mengimport semua database Candy CBT ke aplikasi XAMPP. Jadi Kamu tidak perlu repot-repot membuat database secara manual di XAMPP.

Jika sukses pembuatan database, kini halaman Admin/Server Candy CBT sudah bisa dijalankan. Tandanya akan tampil halaman Login Admin seperti contoh gambar di bawah ini. Silakan Kamu login dengan Username dan Password default dari Candy CBT yaitu Username : admin dan Password : admin klik Login Masuk.

Selesai! Kini aplikasi Candy CBT sudah bisa dijalankan menggunakan aplikasi XAMPP. Langkah selanjutnya Kamu tinggal melengkapi semua data-data dengan data Sekolah/Madrasah Kamu.

2. Cara Login Halaman Guru Candy CBT di XAMPP

Untuk login halaman guru menggunakan XAMPP tidak jauh berbeda dengan Laragon. Intinya sebelum Kamu mencoba menghubungkan halaman guru dengan server/admin adalah, komputer / laptop / android sudah satu jaringan dengan server. Satu jaringan disini bisa menggunakan LAN Kabel yang dihubungkan melalui Switch Hub atau menggunakan jaringan Hotspot/WiFi.

Jika komputer / laptop / android yang akan Kamu gunakan untuk membuka halaman guru sudah terhubung dengan server/admin, silakan Kamu buka browser Google Chrome. Wajib komputer server/admin sedang aktif juga membuka Candy CBT berikut aplikasi XAMPP-nya.

Kemudian Kamu ketahui juga IP Address komputer server/admin. Caranya bisa Kamu lihat pada artikel sebelumnya.

Misalnya IP Address komputer server adalah 192.168.43.120, maka di browser komputer / laptop / android guru Kamu ketik URL 192.168.43.120/candycbt/admin. Jika halaman sudah terbuka, silakan kamu masukkan Username dan Password guru yang bersangkutan. Username dan Password guru diketahui dari data guru yang ada di aplikasi Candy CBT server/admin.

3. Cara Login Halaman Siswa Candy CBT di XAMPP

Selanjutnya untuk mengakses halaman siswa, langkah-langkahnya sama dengan mengakses halaman guru. Kuncinya, pertama komputer / laptop / android siswa sudah satu jaringan dengan server/admin, kedua IP Address server/admin sudah diketahui.

Untuk mengakses halaman siswa menggunakan XAMPP, silakan Kamu buka browser di perangkat siswa lalu masukkan URL 192.168.43.120/candycbt. Setelah halaman terbuka, silakan login menggunakan Username dan Password yang didapat dari data siswa yang ada di aplikasi Candy CBT server/admin.

Bagaimana mudah bukan? Jika gagal, silakan baca lagi petunjukknya dari awal secara perlahan lalu praktikkan sedikit-sedikit. Mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Install CBT Offline Menggunakan XAMPP. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. mau tanya admin, ini kok minta ioncube ya
    Site error: the ionCube PHP Loader needs to be installed.
    lalu saya gunakan ioncube versi vc14 malah blank aja tidak muncul apa”
    harus pakai ioncube versi yang mana ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.