Selasa, 27 Februari 2024

Panduan Lengkap Cara Install Aplikasi CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP

Cara Install CBT Offline 1

Info Menarik – Bagi Kamu yang ingin menggunakan aplikasi Candy CBT offline dengan XAMPP, silakan simak artikel ini sampai selesai. Pada kesempatan ini saya akan membahas sampai tuntas untuk keperluan tersebut. Bukan hanya sebatas penjelasan cara install aplikasi Candy CBT offline di XAMPP saja, lengkap juga dengan cara menggunakan Candy CBT khusus untuk Guru dan Siswa. Tentunya semua itu penggunaannya di localhost atau offline dengan XAMPP.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah singkatan dari “X” (yang mengacu pada sistem operasi apa pun), “Apache”, “MySQL”, “PHP”, dan “Perl”. Ini adalah paket perangkat lunak sumber terbuka yang menyediakan lingkungan server web lokal yang lengkap untuk pengembangan dan pengujian situs web atau aplikasi. XAMPP dirancang untuk membuat pengembangan dan uji situs web menjadi lebih mudah di lingkungan lokal (offline) sebelum situs tersebut kita unggah ke server web (online) yang sebenarnya.

Komponen utama dalam paket XAMPP meliputi:

  1. Apache HTTP Server: Sebuah server web yang sangat populer dan andal. Apache digunakan untuk meng-host situs web dan melayani halaman web kepada pengguna.
  2. MySQL: Sistem manajemen basis data (DBMS) yang mendukung penyimpanan dan pengambilan data. MySQL digunakan untuk menyimpan dan mengelola data yang diperlukan oleh aplikasi web.
  3. PHP: Bahasa pemrograman skrip yang banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi web. PHP memungkinkan Kamu untuk membuat halaman web dinamis yang dapat berinteraksi dengan basis data dan melakukan tugas-tugas pemrograman lainnya.
  4. Perl: Bahasa pemrograman skrip lainnya yang juga termasuk dalam paket XAMPP. Perl biasanya kita gunakan untuk pengembangan skrip dan tugas-tugas administratif.

XAMPP sangat populer di kalangan pengembang web karena kemudahannya dalam mengatur server web lokal dengan semua komponen yang kita perlukan dalam satu paket. Ini memungkinkan pengembang untuk menguji dan mengembangkan situs web atau aplikasi secara lokal sebelum mempublikasikannya secara online. Selain itu, XAMPP mendukung beberapa sistem operasi termasuk Windows, Linux, dan macOS, membuatnya dapat diakses oleh berbagai pengembang.

Baca Juga: Download Aplikasi CBT Offline Gratis Mirip UNBK Bisa Dijalankan di Android

Cara Install CBT Offline Candy CBT Menggunakan XAMPP

1. Download dan Install XAMPP

Sebagai langkah awal tentunya Kamu harus sudah memiliki XAMPP, dan untuk memiliki aplikasi ini dapat Kamu peroleh secara gratis. Sesuaikan aplikasi XAMPP yang Kamu download dengan sistem operasi komputer atau laptop yang Kamu gunakan.

Download XAMPP

Setelah Kamu download aplikasi XAMPP, silakan Kamu install XAMPP di komputer. Saya rasa untuk install XAMPP di komputer tidak perlu saya jelaskan lagi. Kamu tinggal ikuti saja semua perintah install XAMPP hingga finish.

2. Aktifkan XAMPP

Selesai install XAMPP di komputer, silakan aktifkan XAMPP dengan klik XAMPP Control Panel. Kemudian Kamu klik Start pada Module Apache dan MySQL. Setelah Apache dan MySQL aktif, silakan minimize atau close tampilan halaman XAMPP.

Cara Install CBT Offline 2

3. Download Aplikasi Candy CBT

Langkah selanjutnya saya anggap kalau Kamu sebelumnya sudah pernah menginstall aplikasi Candy CBT yang sudah terintegrasi dengan Laragon seperti versi 2.7 di komputer / laptop. Jika belum, silakan lihat artikel sebelumnya!.

4. Copy Candy CBT ke XAMPP

Kemudian, silakan Kamu Copy folder candycbt yang ada di Local Disk (C:) > CANDY27 > www.

Cara Install CBT Offline 3

Lalu Paste folder candycbt di Local Disk (C:) > xampp > htdocs. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah:

Cara Install CBT Offline 4

Langkah di atas adalah memindahkan atau menduplikasi aplikasi Candy CBT. Nantinya aplikasi Candy CBT akan bisa Kamu jalankan di Laragon dan juga di XAMPP. Jika Kamu ingin menggunakan di XAMPP seterusnya, silakan uninstall saja aplikasi Laragon dari komputer.

5. Uji Coba Aplikasi Candy CBT

Selesai melakukan tahapan di atas, silakan sekarang akses browser. Saya sarankan agar menggunakan browser Google Chrome terbaru (uptodate). Pada kolom URL, silakan ketik localhost/candycbt.

6. Membuat Database Baru

Kamu diminta untuk membuat Database baru di aplikasi XAMPP. Fungsi database ini untuk menjalankan Candy CBT di XAMPP. Untuk membuat database silakan klik pilih tombol Buat.

Cara Install CBT Offline 5

Langkah selanjutnya klik pilih tombol Import. Langkah ini untuk mengimport semua database Candy CBT ke aplikasi XAMPP. Jadi Kamu tidak perlu repot-repot membuat database secara manual di XAMPP.

7. Login di Aplikasi Candy CBT

Jika sukses pembuatan database, kini halaman Admin atau Server Candy CBT sudah bisa Kamu jalankan. Tandanya akan tampil halaman Login Admin seperti contoh gambar di bawah ini. Silakan Kamu login dengan Username dan Password default dari Candy CBT yaitu Username : admin dan Password : admin klik Login Masuk.

Selesai! Kini aplikasi Candy CBT sudah bisa Kamu jalankan menggunakan aplikasi XAMPP. Langkah selanjutnya Kamu tinggal melengkapi semua data-data dengan data Sekolah atau Madrasah Kamu.

8. Login untuk Halaman Guru

Untuk login halaman guru menggunakan XAMPP tidak jauh berbeda dengan Laragon. Intinya sebelum Kamu mencoba menghubungkan halaman guru dengan server atau admin adalah, komputer / laptop / Android sudah satu jaringan dengan server. Satu jaringan disini bisa menggunakan LAN Kabel yang Kamu hubungkan melalui Switch Hub atau menggunakan jaringan Hotspot/WiFi.

Jika komputer / laptop / Android yang akan Kamu gunakan untuk membuka halaman guru sudah terhubung dengan server atau admin, silakan Kamu buka browser Google Chrome. Wajib komputer server atau admin sedang aktif juga membuka Candy CBT berikut aplikasi XAMPP-nya.

Kemudian Kamu ketahui juga IP Address komputer server atau admin. Caranya bisa Kamu lihat pada artikel berikut!

Misal, IP Address komputer server adalah 192.168.43.120, maka di browser komputer / laptop / Android guru Kamu ketik URL 192.168.43.120/candycbt/admin. Jika halaman sudah terbuka, silakan kamu masukkan Username dan Password guru yang bersangkutan. Username dan Password guru kita ketahui dari data guru yang ada di aplikasi Candy CBT server atau admin.

9. Login untuk Halaman Siswa

Selanjutnya, untuk mengakses halaman siswa, langkah-langkahnya sama dengan mengakses halaman guru. Kuncinya, pertama komputer / laptop / Android siswa sudah satu jaringan dengan server atau admin, kedua IP Address server atau admin sudah Kamu ketahui.

Untuk mengakses halaman siswa menggunakan XAMPP, silakan Kamu buka browser di perangkat siswa lalu masukkan URL 192.168.43.120/candycbt. Setelah halaman terbuka, silakan login menggunakan Username dan Password yang Kamu dapat dari data siswa yang terdapat di aplikasi Candy CBT server atau admin.

Baca Juga: Cara Install Candy CBT Offline Versi 2.9.2 di Laragon dengan Database MariaDB

Penutup

Bagaimana mudah bukan? Jika gagal, silakan baca lagi petunjukknya dari awal secara perlahan lalu praktikkan sedikit-sedikit. Mungkin hanya itu saja pembahasan cara install CBT offline dari Candy CBT menggunakan XAMPP. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. tyo

    mau tanya admin, ini kok minta ioncube ya
    Site error: the ionCube PHP Loader needs to be installed.
    lalu saya gunakan ioncube versi vc14 malah blank aja tidak muncul apa”
    harus pakai ioncube versi yang mana ya

  2. dwi

    pertama instal sudah berhasil tapi begitu mau masuk lagi denagn password admin kog tidak bisa kenapa ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.