Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT Agar Foto Tampil Di Kartu Peserta

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 01

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT – Setelah Kamu sukses menginstall aplikasi Candy CBT offline, langkah selanjutnya adalah melengkapi data. Data wajib Kamu isi dan lengkapi agar aplikasi bisa dijalankan secara sempurna. Tentunya hal ini supaya proses ujian sekolah bisa diselenggarakan dengan acuan data akurat. Hal pertama kali setelah sukses install dan login di Candy CBT secara offline, adalah mengisi biodata siswa mulai dari nama, sesi ujian, ruang ujian, dan foto peserta. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara upload data serta foto siswa dengan benar agar foto tampil di kartu peserta dan halaman login siswa.

Baca Juga : Download Aplikasi CBT Offline Gratis Mirip UNBK Bisa Dijalankan di Android

Untuk sekedar mengisi data siswa memang sangatlah mudah. Bahkan aplikasi Candy CBT sudah menyediakan format Office Excel agar Kamu bisa mengunggahnya. Namun untuk foto siswa, tidak sedikit yang mengalami masalah. Artinya foto siswa berhasil diupload namun foto tidak tampil di cetak kartu peserta dan halaman login siswa. Untuk itu demi membantu yang kesulitan, disini saya akan coba menjelaskannya agar masalah-masalah tersebut bisa teratasi.

Berikut Cara Upload Data dan Foto Siswa Agar Tampil di Kartu Peserta

1. Siapkan Data Master Office Excel

Silakan Kamu siapkan dulu data-datanya dan supaya prosesnya lebih mudah, data siswa Kamu siapkan dalam format Office Excel. Untuk foto disarankan agar menggunakan foto ekstensi .jpg dan .png dengan ukuran foto 2cm x 2,3cm. Untuk menentukan ukuran foto, bisa dilihat artikel disini!

Jika datanya sudah siap, silakan Kamu login di halaman admin/server Candy CBT. Untuk mengakses Candy CBT bisa menggunakan Laragon, XAMPP, atau VirtualBox.

Setelah sukses login, silakan Kamu klik Data Master, Import Data Master, dan Download Format. Disini saya menggunakan Candy CBT versi 2.7. Nanti secara otomatis format Excel untuk mengisi data siswa akan tersimpan di komputer.

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 02

Berikut adalah format Excel data siswa yang sudah disediakan oleh Candy CBT. Silakan Kamu lengkapi semua barisnya disesuaikan dengan data siswa di sekolah yang akan mengikuti ujian.

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 03

Perlu diperhatikan dan jangan sampai salah, pada kolom Foto agar mengikuti aturan yang sudah diterapkan oleh Candy CBT. Disini Kamu cukup isi dengan nama-nama file foto berikut ekstensinya. Contoh disini saya nantinya akan memberi nama file foto dengan Siswa diikuti nomor urut. Jadinya Siswa01, Siswa02, Siswa03, dan seterusnya. Kemudian diikuti dengan ekstensi dari foto itu sendiri. Misal ekstensi foto adalah .JPG, maka jadinya Siswa01.JPG, Siswa02.JPG, Siswa03.JPG, dan seterusnya.

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 04

Selesai mengisi data format Excel, silakan upload di Candy CBT dari halaman server/admin. Dari Data Master > Import Data Master > kemudian Choose File. Cari file office Excel yang sudah Kamu isi tadi kemudian setelah file masuk, klik Import Data. Tunggu proses upload sedang berlangsung hingga selesai …

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 05

2. Upload Foto Siswa Yang Disarankan

Silakan cek datanya apakah sukses Kamu upload semua? Jika sukses, lanjut ketahap upload foto siswa. Dari menu Peserta Ujian kemudian Kamu klik pilih tombol Upload Foto.

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 06

Coba periksa dulu foto yang akan Kamu upload di Candy CBT! Ingat nama masing-masing foto harus disesuaikan dengan ketika pengisian nama file di kolom foto Office Excel tadi! Berikut contohnya yang sudah saya buat seperti ketika pengisian nama file di Excel :

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 07

Untuk mengetahui ekstensi foto itu sendiri, silakan Kamu klik pilih menu View kemudian Details. Nanti akan terlihat ekstensi foto yang Kamu upload di Candy CBT. Disini saya menggunakan ekstensi foto JPG.

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 08

Setelah selesai memberi nama file foto yang disesuaikan dengan urutan nama siswa di data Excel tadi, klik kanan pada foto yang akan di upload kemudian klik pilih Add to archive. Ini menggunakan aplikasi WinRAR! Jika komputer Kamu belum ada WinRAR-nya, silakan download di internet dan installkan!

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 09

Setelah halaman WinRAR aktif, selanjutnya Kamu pilih Archive Format ZIP kemudian klik Ok.

Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT 10

Beirkut hasilnya file foto yang sudah diubah formatnya menjadi ZIP File :

Silakan Kamu upload file ZIP tersebut di halaman Candy CBT pada menu Peserta Ujian > Upload Foto.

Memang ribet harus upload satu-satu belum harus mengubah formatnya menjadi ZIP. Mending siswanya sedikit, tapi lain ceritanya jika siswanya banyak hingga ratusan. Tentu jari Kamu akan pegal …

Langkah mudahnya untuk upload foto siswa di Candy CBT adalah silakan lakukan trik berikut. Kamu Copy semua file foto siswa kemudian Paste ke Local Disk (C:) > xampp > htdocs > candy cbt > foto > fotosiswa. Disini saya menjalankan aplikasi Candy CBT menggunakan XAMPP. Untuk Laragon silakan disesuaikan saja …

Akhirnya semua foto siswa sudah berhasil di upload ke aplikasi Candy CBT. Silakan Kamu periksa pada menu Peserta Ujian dan Upload Foto!

3. Periksa Foto Siswa di Kartu Peserta dan Login Siswa

Sekarang silakan periksa di menu Cetak kemudian Cetak Kartu. Apakah foto peserta ujian dapat tampil sesuai dengan yang Kamu harapkan? Silakan plih kelas yang akan dicetak kemudian klik tombol Print.

Jika yang Kamu lakukan dari awal sesuai dengan yang saya intruksikan, maka sekarang foto siswa akan tampil di Kartu Peserta seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :

Kemudian periksa juga di halaman login siswa, apakah foto siswa tampil juga? Berikut contohnya :

Bagaimana mudah saja bukan? Ok mungkin artikel Cara Upload Data dan Foto Siswa Di Candy CBT dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Semoga bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.