Selasa, 20 Februari 2024

Cara Kirim Fax Gratis Secara Online: Panduan Lengkap untuk Pengiriman Fax Digital Gratis

Cara Kirim Fax Gratis Secara Online 01

Info Menarik – Di era digital ini, teknologi terus berkembang pesat, mengubah banyak aspek kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal komunikasi bisnis. Meskipun pengiriman surat dan dokumen melalui email telah menjadi metode yang umum, ada saat-saat di mana pengiriman fax masih kita butuhkan. Namun, dengan kemajuan teknologi, sekarang Kamu dapat mengirim fax secara gratis melalui internet atau online. Artikel ini akan memandu Kamu melalui langkah-langkah sederhana tentang cara kirim fax gratis secara online dan menghemat waktu dan biaya.

Apa itu Fax?

Fax adalah singkatan dari facsimile, yang merupakan metode pengiriman dokumen melalui sinyal telepon yang mengubah gambar dan teks menjadi sinyal elektronik yang dapat ditransmisikan melalui saluran telepon. Kemudian teknologi fax telah ada sejak awal tahun 1960-an dan menjadi populer sebagai cara efisien untuk mengirim dokumen dalam bentuk cetak jarak jauh.

Pada dasarnya, fax mengambil salinan dokumen fisik yang ingin kita kirim dan mengubahnya menjadi sinyal elektronik yang kemudian dikirim melalui jaringan telepon ke penerima. Kemudian di sisi penerima, sinyal elektronik tersebut diubah kembali menjadi gambar dan teks yang dapat dibaca dalam bentuk cetak. Ini memungkinkan pengiriman dokumen dalam bentuk aslinya tanpa perlu mengirimkan fisik dokumen melalui pos atau kurir.

Selanjutnya dengan kemajuan teknologi, sekarang telah muncul layanan fax online yang memungkinkan pengiriman fax secara elektronik melalui internet. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim fax langsung dari perangkat komputer atau ponsel mereka tanpa perlu peralatan fisik seperti mesin fax tradisional. Layanan-layanan tersebut memanfaatkan infrastruktur internet untuk mengirim dan menerima dokumen dalam format elektronik.

Kelebihan Kirim Fax Secara Online

Kirim fax secara online menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik dalam konteks bisnis. Berikut ini adalah beberapa kelebihan pengiriman fax secara online:

1. Kemudahan Akses

Pertama, dengan pengiriman fax online, Kamu dapat mengirim dan menerima faks dari mana saja selama Kamu terhubung dengan internet. Kamu tidak perlu lagi tergantung pada mesin fax fisik yang memerlukan ruang dan perawatan khusus. Ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses yang lebih besar.

2. Menghemat Biaya

Kemudian pengiriman fax tradisional melalui mesin fisik memerlukan biaya untuk membeli, menginstal, dan memelihara peralatan fax. Sedangkan dengan pengiriman fax online, Kamu dapat mengirim faks secara gratis atau dengan biaya langganan yang jauh lebih rendah daripada pengiriman fax tradisional. Kamu juga menghemat biaya bahan dan ongkos pengiriman fisik.

3. Efisiensi dan Kecepatan

Selanjutnya dalam pengiriman fax online, dokumen dikonversi menjadi format elektronik dan dikirim melalui jaringan internet. Ini mengurangi waktu yang kita perlukan untuk mengirimkan dokumen secara fisik melalui pos atau kurir. Dokumen dapat tiba hampir instan di penerima dengan cepat dan efisien.

4. Keamanan

Kemudian layanan fax online umumnya menyertakan fitur keamanan untuk melindungi dokumen yang kita kirim. Mereka menggunakan enkripsi dan protokol keamanan untuk melindungi kerahasiaan dan integritas dokumen. Selain itu, pengiriman fax online memungkinkan Kamu mengirim dokumen langsung ke penerima tanpa melibatkan pihak ketiga yang mungkin berpotensi mengakses dokumen Kamu.

5. Konversi dan Penyesuaian Dokumen

Selanjutnya layanan fax online sering menyediakan fitur konversi dokumen yang memungkinkan Kamu mengubah berbagai format dokumen ke dalam format yang sesuai untuk pengiriman fax, seperti PDF atau TIFF. Kamu juga dapat melakukan penyesuaian, seperti memperbesar atau memperkecil ukuran dokumen, memotong, atau menambahkan halaman sebelum mengirimkannya.

Baca Juga: Cara Paling Cepat Mengubah Dokumen Word Menjadi File PDF Secara Online dan Gratis

6. Lacak dan Verifikasi

Kemudian dalam pengiriman fax online, Kamu sering kali dapat melacak status pengiriman fax, memeriksa konfirmasi pengiriman, dan mendapatkan bukti pengiriman yang sah. Ini memberikan kepastian bahwa dokumen Kamu telah dikirim dengan sukses dan mencapai penerima.

7. Pengarsipan dan Kelola Arsip

Terakhir, dengan pengiriman fax online, Kamu dapat dengan mudah menyimpan salinan digital dari faks yang Kamu kirim dan Kamu terima. Ini memudahkan pengarsipan dan pengelolaan dokumen bisnis Kamu. Kamu dapat dengan mudah mencari, mengorganisasi, dan mengakses faks terkait dengan cepat tanpa harus mencari melalui tumpukan kertas fisik.

Cara Kirim Fax Gratis Secara Online: Pengiriman Fax Digital Gratis

Secara keseluruhan, pengiriman fax secara online menawarkan kemudahan, efisiensi, biaya yang lebih rendah, dan keamanan yang lebih baik dalam pertukaran dokumen bisnis. Dengan fleksibilitas dan kepraktisannya, pengiriman fax online menjadi pilihan yang menarik bagi bisnis dalam mengelola komunikasi dan pertukaran dokumen.

Langkah-langkah untuk kirim fax gratis secara online:

1. Pilih Layanan Fax Online Gratis

Saat ini ada banyak layanan fax online gratis yang tersedia di internet. Cari layanan yang menawarkan untuk kirim fax gratis dengan kualitas baik dan dukungan yang memadai. Sebagai rekomendasi Kamu bisa menggunakan layanan fax online dari HelloFax.

HelloFax adalah sebuah layanan yang menyediakan pengiriman fax secara online. Kemudian HelloFax telah memanfaatkan teknologi cloud untuk mengubah dokumen menjadi format elektronik yang dapat kita kirim melalui platform HelloFax.

Selanjutnya HelloFax menyediakan fitur penandatanganan elektronik yang memungkinkan pengguna menandatangani dokumen secara digital langsung melalui platform. Ini memudahkan proses penandatanganan kontrak atau dokumen penting tanpa perlu mencetak, menandatangani secara manual, dan mengirim kembali.

2. Daftar dan Buat Akun

Kemudian untuk menggunakan layanan HelloFax, langkah awal Kamu harus mendaftar menggunakan alamat email.

Silakan Kamu masukkan alamat email yang nantinya akan terhubung dengan layanan kirim fax online dari HelloFax kemudian klik Get Started. Jika Kamu menggunakan alamat email Google, maka Kamu bisa melakukan Sign Up menggunakan akun Google.

Cara Kirim Fax Gratis Secara Online 02

3. Persiapkan Dokumen

Selanjutnya konversi dokumen yang ingin Kamu kirim ke format yang sesuai, seperti PDF atau TIFF. Pastikan dokumen sudah Kamu pindai (scan) dan siap untuk Kamu kirim.

4. Isi Informasi Penerima

Kemudian juga masukkan informasi penerima fax, termasuk nama, nomor fax, dan jika Kamu perlukan, subjek atau catatan tambahan.

5. Unggah Dokumen

Pilih opsi untuk mengunggah dokumen (Upload Files)  yang telah Kamu siapkan sebelumnya. Pastikan untuk memeriksa ukuran file yang diizinkan oleh layanan HelloFax.

Jika sudah memilih file berkas selanjutnya adalah Kamu ketik nomor fax penerima di kolom Enter a fax number. Selain nomor fax Kamu juga harus mencantumkan nomor wilayah dan negaranya. Jika fax yang Kamu kirim ingin Kamu sertakan sebuah cover, silakan Kamu klik pilih Cover page.

Cara Kirim Fax Gratis Secara Online 03

6. Konfirmasi Pengiriman

Layanan fax online HelloFax memberikan konfirmasi pengiriman yang mencakup informasi seperti waktu pengiriman, jumlah halaman, dan status pengiriman. Pastikan untuk memeriksa konfirmasi ini agar Kamu tahu bahwa fax telah berhasil terkirim.

Kemudian setiap Kamu selesai mengunggah file atau berkas untuk Kamu kirim lewat fax menggunakan HelloFax akan disertakan tombol untuk mengedit file tersebut secara langsung. Kamu klik Fill Out & Sign untuk melakukan perubahan file secara langsung misal ingin menambahkan sedikit kata-kata atau sebagainya.

Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Membuat Logo Secara Online yang Menarik dan Profesional

Kesimpulan

Dengan adanya layanan fax online gratis, kirim fax menjadi lebih mudah dan efisien. Langkah-langkah yang saya jelaskan di atas dapat membantu Kamu dalam kirim fax secara gratis dan menghemat biaya serta waktu. Tetap perhatikan kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan yang berlaku untuk layanan yang Kamu pilih. Dengan menguasai cara kirim fax gratis secara online, Kamu dapat menjaga bisnis Kamu tetap efisien dalam komunikasi dengan pihak lain yang masih mengandalkan fax sebagai metode komunikasi mereka.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. Menurut saya sih kalo fax tetep bagus pake mesin fax. Tergantung seberapa penting berkas yang bakal dikirim.

    • Iya mas produk jadul tidak jelek juga malah banyak produk jadul bisa jadi barang antik dan harganya juga bisa mahal. Namun terkait dengan mesin fax ini hanya solusi bagi mereka yang kesulitan kirim fax karena tidak ada mesin. :)

  2. sigit

    mengirim ke no fax indonesia nggak bisa ya..saya udah coba masukin tetapi nggak terdaftar….

    • Risal Hendarsin

      Sangat bagus fax figunakan…lg cmn byk yg bersaing…fax sebagsi media penyalur pengantar dr berbagai..hal oekwrjaan yg bikin efrsiensi

  3. Putra

    Iya tuh… Daftar negaranya Indonesia tidak ada gimana mau kiri., Bisa sampai kapan No area Indonesia tidak ada…, Bisa begitu ya, Indonesia sebesar ini mas kalah sama negara Malaysia…..

    • Kristian

      Bagaimana cara menerima balasan fax nya ?

  4. Rizky

    Bang untuk file nya, misal berbentuk dokumen kertas, kita harus scan dulu? Dan kita upload filenya dengan format .png?

    • Halo Mas Rizky …
      Betul mas, silakan scan dulu dokumennya dan simpan dalam format .jpg atau .png. :)

  5. Saya gagah

    Tapi gak support indo… Gak ada pilihan negaranya… Kudu piye min?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.