Cara Paling Cepat Mengubah Dokumen Word Menjadi File PDF Secara Online Dan Gratis

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF 01

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF – Dokumen format Word dan PDF saat ini tentunya sudah tidak asing lagi dipendengaran kita. Dua jenis format dokumen ini sering digunakan untuk membuat laporan. File format Word dan PDF saat ini memiliki jangkauan penggunaan yang luas, mulai dari keperluan membuat laporan, studi, hingga keperluan bisnis. Asal Kamu tahu, kedua file format ini sebetulnya bisa dibilang saling mempunyai keterkaitan. Terkadang Kamu harus mengubah dokumen Word menjadi format PDF, atau sebaliknya mengubah file PDF menjadi format Word.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Aplikasi Kompres PDF Offline Gratis Selamanya Terbaik Untuk Komputer

Bagi yang sudah biasa berhadapan dengan komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan kedua format ini. Seperti yang sudah dibahas diatas, jika file format Word dan PDF paling sering diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran sampai kebutuhan bisnis.

Dari banyaknya file format yang dihasilkan dari komputer, hanya kedua format ini yang sering digunakan. Namun dari kedua format ini, format PDF-lah yang paling dominan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Maka daripada itu, cara mengubah dokumen Word menjadi file PDF harus diketahui.

Alasan format PDF paling banyak diminati karena orang menganggap jika file PDF lebih aman untuk menghindari perubahan isi data. Selanjutnya format PDF juga bisa dibuka dimana saja seperti HP dan komputer. File PDF bisa terhindar dari resiko kerusakan file seperti terkena virus.

Berikut Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Dengan Mudah

Ada dua cara untuk mengubah dokumen menjadi format PDF, yakni secara offline dan online. Jika Kamu memilih mengubah format Word menjadi PDF secara offline, Kamu harus mempunyai software khusus untuk memenuhi keperluan tersebut. Tidak sedikit software yang harus Kamu beli untuk mendapatkannya. Meski ada yang gratis, namun fiturnya kurang lengkap.

Baca Juga : Cara Proteksi File PDF Agar Data Aman Tidak Bisa Di Edit & Di Print Orang Lain

Atas dasar itu, saya lebih baik merekomendasikan menggunakan alat konversi Word ke PDF secara online. Hanya bermodalkan koneksi internet, maka Kamu bisa mengubah dokumen Word menjadi file PDF sepuas-puasnya.

1. Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Secara Online

Banyak situs online yang bisa Kamu gunakan untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF. Disini saya lebih merekomendasikan situs Duplichecker. Situs Duplichecker bukan hanya bisa kita gunakan untuk mengonversi file Word ke format PDF, namun disini Kamu akan memperoleh banyak keuntungan. Fitur-fiturnya seperti : Konversi Word ke PDF, Konversi PDF ke Word, Kompres PDF, Konversi JPG ke PDF, dan masih banyak lagi.

Meskipun mengonversi dokumen Word ke format PDF dilakukan secara online, Kamu jangan khawatir dengan kuota internet cepat habis. Untuk sekedar mengubah Word ke PDF di Duplichecker bisa dilakukan dengan paket internet yang hemat. Saya sudah membuktikannya sendiri …

Untuk mencobanya silakan Kamu klik tautan berikut alat konversi Word ke PDF online. Setelah dokumen Word yang akan Kamu ubah formatnya menjadi PDF sudah siap, di situs Duplichecker silakan klik Unggah.

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF 02

Kemudian cari dokumen Word yang akan Kamu ubah menjadi PDF yang sudah tersimpan di komputer. Setelah ditemukan, klik dokumen Word kemudian klik Open.

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF 03

Secara otomatis situs Duplichecker akan melakukan pengunggahan dokumen Word. Kamu tunggu saja hingga proses unggah selesai sempurna 100%. Proses lama uanggah tergantung ukuran dokumen Word yang Kamu unggah. Biasanya ini tidak memakan waktu lama …

Selesai unggah dokumen Word, silakan Kamu klik tombol Konversikan ke PDF.

Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF 04

2. Menyimpan File PDF Ke Komputer/Laptop

Secara otomatis situs Duplichecker akan melakukan konversi. Silakan Kamu tunggu saja hingga proses konversi sempurna 100%. Setelah selesai situs Duplichecker melakukan konversi, langkah selanjutnya adalah mengunduh hasil konversi tersebut agar tersimpan di komputer. Silakan Kamu klik tombol Unduh berkas …

Komputer akan melakukan pengunduhan dan tunggu hingga proses unduh selesai. Secara otomatis file hasil konversi di Duplichecker akan tersimpan di folder Download komputer Kamu. Hasil konversi di Duplichecker akan berbentuk format ZIP. Silakan Kamu ekstrak filenya menggunakan aplikasi WinRAR atau WinZIP.

Sukses! Sekarang dokumen Word Kamu sudah berubah formatnya menjadi file PDF. Kamu jangan khawatir dengan dokumen Word-nya. Karena proses konversi ini tidak akan menimpa dokumen lama. Dalam hal ini Kamu akan memiliki dua dokumen beda format yaitu Word dan PDF.

Baca Juga : Cara Membuat File PDF Dengan Menambah Ekstensi PDF Di Microsoft Office Word

Bagaimana mudah sekali bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga sukses! Mungkin artikel Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF secara online dicukupkan sekian saja. Saya harap artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.