Selasa, 20 Februari 2024

Cara Membuat Sticky Post di WordPress Lengkap dengan Pengertian dan Manfaatnya

Info Menarik – Banyak manfaat jika kita mengaktifkan sticky post di WordPress. Salah satunya adalah pengguna yang mengakses halaman web akan secara langsung melihat dan membaca postingan, tanpa harus mencarinya dulu. Pada artikel ini akan saya bahas cara membuat sticky post khusus untuk web WordPress. Silakan Kamu simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Menghapus Link atau URL Gambar di Halaman Posting WordPress

Apa itu Sticky Post?

Sticky post adalah istilah untuk sebuah pos atau kiriman yang tetap menempel atau artikel prioritas di bagian atas halaman untuk jangka waktu tertentu. Biasanya, pembuatannya oleh administrator atau moderator dan dapat berisi informasi penting, pengumuman, aturan, panduan, atau topik yang memerlukan perhatian khusus oleh pengguna.

Kemudian dengan membuat pos tetap, pengguna yang mengakses halaman website akan secara langsung melihat dan membaca artikel, tanpa harus mencarinya di antara postingan lain yang mungkin lebih baru. Pos tetap dapat kita gunakan untuk menjaga informasi yang relevan atau penting tetap terlihat dan dapat pengunjung akses, bahkan jika ada postingan baru yang masuk.

Selanjutnya fitur pos tetap sering kita temukan di platform blogging, forum, atau jejaring sosial. Pengguna biasanya dapat menggulir ke bawah untuk melihat postingan-postingan baru, sementara pos tetap akan tetap terlihat di bagian atas. Waktu penempelan pos tetap dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan dan preferensi pengelola situs atau platform.

Dengan menggunakan pos tetap, pengelola situs atau forum dapat menyoroti informasi yang penting atau memberikan arahan kepada pengguna tentang topik atau perubahan terkini yang mempengaruhi komunitas atau pengguna situs tersebut.

Manfaat Menggunakan Sticky Post

Sticky post memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu dalam mengelola dan membangun komunitas online. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Menyoroti Informasi Penting

Sticky post memungkinkan administrator atau moderator untuk menempelkan informasi penting atau pengumuman di bagian atas halaman atau forum. Dengan demikian, informasi tersebut menjadi lebih terlihat dan mudah pengguna akses, sehingga memastikan bahwa pesan penting tidak terlewatkan atau terkubur di antara postingan baru.

2. Memperbaiki Topik Khusus

Selanjutnya sticky post dapat kita gunakan untuk mengangkat atau menjaga topik khusus agar tetap terlihat di atas. Misalnya, dalam forum diskusi, dapat kita gunakan untuk membahas pedoman atau aturan, mempromosikan topik khusus, atau menyediakan panduan bagi pengguna baru.

3. Meningkatkan Partisipasi Pengguna

Kemudian dengan menyoroti postingan atau thread tertentu, pos tetap dapat mendorong partisipasi pengguna dengan menarik perhatian mereka ke topik yang relevan atau menarik. Ini dapat membantu dalam membangun komunitas yang aktif dan berinteraksi.

4. Pengaturan Forum yang Lebih Terstruktur

Selanjutnya dalam forum atau platform dengan banyak postingan baru setiap hari, sticky post membantu dalam mengatur konten dan membuat forum terlihat lebih terstruktur. Dengan menempelkan postingan yang penting atau bernilai, pengguna dapat dengan mudah menavigasi dan mencari informasi yang relevan.

5. Meningkatkan Visibilitas dan Eksposur

Kemudian pos tetap yang menampilkan konten promosi, pengumuman produk, atau informasi penting lainnya dapat membantu meningkatkan visibilitas dan eksposur. Dengan menarik perhatian pengguna dan membuat postingan tetap terlihat, ada peluang yang lebih besar bagi pengguna untuk melihat dan meresponsnya.

6. Pengelolaan Waktu dan Fokus

Terakhir dengan menggunakan sticky post, pengelola situs atau forum dapat mengarahkan perhatian pengguna pada topik atau informasi tertentu selama periode waktu yang telah kita tentukan. Hal ini membantu menghindari dispersi perhatian dan memastikan fokus pada pesan atau informasi yang kita anggap penting.

Secara keseluruhan, pos tetap memberikan fleksibilitas dan kendali kepada pengelola situs atau forum untuk menyoroti informasi penting, meningkatkan partisipasi pengguna, dan membantu dalam mengelola dan mengatur konten secara efektif.

Cara Membuat Sticky Post di WordPress Tanpa Plugin

Salah satu kelebihan WordPress adalah tersedianya fitur untuk membuat sticky post dan tidak perlu menggunakan plugin atau kode khusus. Dalam hal ini kita cukup mengaktifkan fitur default WordPress.

Cara Membuat Sticky Post di WordPress 01

Untuk membuat sticky post di WordPress terdapat dua langkah. Pertama melalui submenu All Post yang berada di halaman Dashboard. Lalu kedua melalui submenu Add New dari menu Post Dashboard WordPress.

1. Membuat Sticky Post dari sub Menu All Post

Langkah pertama yang akan kita bahas adalah dari menu Post kemudian submenu All Post. Menu-menu ini bisa kita temukan di halaman Dashboard WordPress setelah kita login di wp-admin.

Cara Membuat Sticky Post di WordPress 02

Jika kita sudah memilih submenu All Post, maka sekarang akan terlihat semua artikel-artikel yang telah kita tulis di WordPress. Kita tinggal memilih artikel mana yang akan kita jadikan sebagai pos tetap.

Jika sudah menemukan salah satu artikel, sekarang sorot artikel tersebut. Maka akan terlihat beberapa menu pilihan, kita pilih/klik Quick Edit.

Cara Membuat Sticky Post di WordPress 03

Kemudian lihat ke posisi sebelah kanan, tepatnya di bawah kotak input Tags. Nanti ada kotak yang harus kita centang, yaitu kotak Make this post sticky. Maka centanglah disitu, dan klik Update.

Cara Membuat Sticky Post di WordPress 04

2. Menentukan Sticky Post dari sub Menu Add New

Cara pertama sudah selesai dan sekarang mari kita bahas cara yang kedua, yaitu dari submenu Add New. Sub menu ini sering kita gunakan jika kita akan membuat artikel baru di WordPress.

Biasanya ketika kita selesai membuat artikel baru di WordPress agar artikel tersebut bisa kita terbitkan, maka kita klik Publish. Nah di dalam kotak Publish terdapat pengaturan sticky post yang tersembunyi di dalam menu Public.

Silakan Kamu centang Stick this post to the front page, pengaturan tersebut fungsinya adalah untuk membuat postingan menjadi sticky.

Baca Juga: Cara Pasang Iklan AdSense di Dalam Postingan Artikel Blog atau Website

Bagaimana mudah bukan? Ok selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Indra Kusuma Sejati

    Pakai wordpres memang enak ya kang, bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan kita, seperti untuk membuat sticky post yang selalu menjadi terdepat di homepage.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.