Selasa, 20 Februari 2024

Mengungkap Penyebab Website WordPress Down dan Solusi Efektif untuk Mengatasi Masalahnya

Penyebab Website WordPress Down

Info Menarik – Website WordPress yang mengalami down dapat menjadi masalah serius bagi pemiliknya. WordPress yang mengalami downtime dapat menyebabkan kerugian finansial, kehilangan pengunjung, dan merusak reputasi bisnis secara keseluruhan. Mari kita pelajari lagi secara mendalam apa penyebab website WordPress sampai mengalami down pada artikel ini!

Penyebab website WordPress down bisa karena beberapa hal, baik masalah hosting, server, dan sebagainya. Kamu perlu mengetahui sumber masalahnya terlebih dulu agar bisa mengatasinya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 penyebab umum website WordPress bisa mengalami down dan solusi untuk mengatasinya.

Akibat Website WordPress Down

WordPress down dapat berakibat serius baik untuk pemilik WordPress ataupun pengunjung WordPress. Berikut beberapa akibat buruk WordPress down.

1. Kehilangan Trafik dan Pengunjung

Situs yang tidak dapat kita akses akan mengakibatkan kehilangan trafik dan pengunjung. Pengguna yang mencoba mengakses situs selama downtime mungkin akan meninggalkan situs dan mencari website alternatif lain.

2. Peringkat Website Menurun

WordPress yang sering mengalami down mempengaruhi peringkat SEO. Hal ini dikarenakan Google cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada situs yang selalu tersedia.

Selain itu, WordPress yang terlalu lama down akan berpotensi diabaikan oleh Google. Akibatnya, traffiic website Kamu akan menurun dan peringkatnya juga ikut turun.

Akibat yang paling fatal dari website WordPress down adalah reputasi website yang rusak, akan memberikan dampak besar pada peringkat di mesin pencari (SERP), salah satunya di Google.

3. Penghasilan Website Menurun

Penghasilan dari sebuah website tergantung pada banyaknya pengunjung. Jika website down, maka pengunjungnya akan menurun. Dengan begitu, penghasilan website tersebut juga ikut turun. Oleh sebab itu, Kamu sebagai pemilik website perlu waspada dengan kemungkinan downtime ini.

7 Penyebab Website WordPress Down dan Cara Mengatasinya

Berikut 7 penyebab WordPress down dan cara mengatasinya:

1. Traffic Website Tinggi

Lonjakan traffic yang tiba-tiba dapat membuat server tidak mampu menangani beban tersebut.

Lonjakan traffic bisa disebabkan karena jumlah pengunjung yang secara tiba-tiba meningkat, sehingga server tidak dapat menangani beban kerja yang berat. CPU, RAM, dan sumber daya server lainnya bisa menjadi terlalu terbebani, sehingga menyebabkan server menjadi tidak responsif.

Server yang tidak bisa melayani servis client membuat kerja hosting menjadi lambat, sehingga website down.

Perlu Kamu ketahui, server merupakan perangkat yang berfungsi untuk membuat website terus online selama 24 jam. Jika server kualitasnya kurang, maka WordPress Kamu bisa mengalami down. Selain itu, kualitas hosting juga menjadi salah satu penyebab website down.

Cara mengatasi traffic website tinggi adalah Kamu bisa memilih hosting dengan kualitas yang tinggi. Sebelum membeli hosting, Kamu perlu memperhatikan spesifikasi, kekurangan, serta keunggulannya.

2. Maintenance Server

Maintenance server merupakan kegiatan perbaikan dari layanan hosting yang dilakukan secara rutin untuk pemeliharan server. Saat maintenance server, terjadi sedikit gangguan pada server yang membuat WordPress menjadi down.

Biasanya, proses maintenance server berlangsung hingga berjam – jam. Cara mengatasinya, Kamu hanya perlu menunggu hingga maintenance server ini selesai dan WordPress bisa kita gunakan kembali.

Biasanya, pihak penyedia hosting akan memberikan jadwal maintenance, sehingga Kamu sebagai pemilik website bisa mengantisipasi jika ingin melakukan suatu pekerjaan tertentu.

3. DNS Bermasalah

Masalah dengan server DNS dapat membuat WordPress tidak dapat kita akses.

DNS (Domain Name System) merupakan sistem yang berfungsi untuk menyimpan semua informasi data domain yang ada di dalam jaringan. Dengan adanya DNS, domain atau hostname diubah menjadi URL sehingga dapat diakses dengan mudah.

Jika terjadi kesalahan pada DNS, maka website WordPress Kamu tidak dapat diakses. Biasanya, muncul keterangan error pada browser.

Cara mengatasi DNS bermasalah adalah dengan mengecek setting DNS pada cPanel. Jika settingan sudah sesuai namun website masih saja bermasalah, Kamu bisa meminta bantuan dengan menghubungi Customer Service.

4. Terserang Malware atau Hacker

Penyebab website WordPress down lainnya adalah terserang malware atau hacker seperti XSS, SQL Injection, atau DDoS Attack (serangan DDoS).

Serangan yang paling sering terjadi adalah DDoS Attack. Kebanyakan hacker bekerja dengan membanjiri traffic palsu, sehingga server tidak bisa melayani permintaan penggunanya. Dengan begitu, WordPress Kamu jadi down.

Penyebab website terkena serangan hacker atau malware adalah sistem keamanannya yang rendah.

Untuk mengatasi masalah website down terkena malware atau hacker, Kamu perlu meningkatkan sistem keamanan website tersebut dengan memasang plugin security yang dapat mendeteksi dan merespons serangan DDoS.

5. Single Point of Failure (SPOF)

Single Point of Failure (SPOF) merupakan kegagalan sebuah sistem yang menyebabkan seluruh sistem ikut berhenti bekerja. Tentu hal ini sangat dihindari oleh semua pemilik website WordPress, karena bisa menyebabkan WordPress down.

Mengidentifikasi dan mengatasi Single Points of Failure merupakan langkah penting untuk menjaga kinerja WordPress.

Untuk mengatasi permasalahan Single Point of Failure, Kamu harus melakukan perencanaan yang baik untuk WordPress Kamu. Pilih software serta hardware dengan kualitas yang baik untuk terhindar dari masalah SPOF ini.

Pemilihan solusi hosting yang baik, penerapan praktik keamanan yang ketat, dan pemantauan sistem secara berkala juga dapat membantu mencegah masalah SPOF terjadi dan menjaga WordPress tetap berjalan lancar.

6. Kesalahan Coding

Meskipun terlihat sepele, kesalahan coding bisa menyebabkan WordPress menjadi down. Kesalahan coding bisa terjadi karena adanya kesalahan dalam penulisan simbol saat melakukan coding.

Cara mengatasi kesalahan coding adalah dengan mencari tahu letak kesalahan coding tersebut. Pada WordPress, biasanya akan muncul notifikasi Syntax Error beserta dengan informasi file dan kode yang error. Segera lakukan perbaikan pada coding tersebut agar WordPress bisa kita akses kembali.

Selain itu, pastikan selalu melakukan backup sebelum melakukan perubahan. Periksa secara berkala error log, dan pilih tema serta plugin yang kompatibel. Dengan pemeliharaan yang baik, Kamu dapat mengurangi risiko downtime dan memastikan bahwa website WordPress Kamu berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Cara Backup Semua Konten WordPress Lengkap dan Cocok Untuk Pemula

7. Data Center Down

Di dalam data center terdapat berbagai proses olah data termasuk sinkronisasi serta back up data. Data center down dapat menjadi penyebab serius dari downtime pada situs WordPress, karena situs WordPress Kamu mungkin tidak dapat diakses jika server di pusat data mengalami kegagalan.

Ketika terjadi masalah di data center, penyedia hosting yang andal biasanya memiliki rencana darurat, backup data, dan sistem cadangan untuk mengurangi dampak down pada WordPress. Jika masalah masih belum selesai, Kamu menghubungi pihak hosting untuk segera memperbaikinya.

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik situs WordPress untuk memilih penyedia hosting yang memiliki tingkat keandalan tinggi dan rencana pemulihan yang baik. Selain itu, melakukan backup rutin dan memiliki rencana pemulihan sendiri juga merupakan langkah yang bijak untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Cara Memilih Hosting Berkualitas untuk Website Kamu Agar Tidak Menyesal Nantinya

Penutup

Itulah beberapa penyebab WordPress down dan cara mengatasinya. Mengatasi downtime website WordPress memerlukan pemahaman yang baik tentang sumber masalah dan tindakan pencegahan yang tepat.

Dengan memilih hosting yang baik, melakukan update secara rutin, dan mengoptimalkan kinerja, Kamu dapat mengurangi risiko WordPress down. Terapkan langkah-langkah di atas untuk memastikan website WordPress Kamu tetap berjalan dengan lancar dan dapat diakses oleh pengunjung kapan pun.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.