Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas – Retouch foto di Photoshop terkadang kita memerlukan trik untuk menghilangkan objek tertentu pada sebuah gambar. Alasannya objek tersebut sangat menggangu keindahan gambar yang sedang kita retouch. Contohnya kita sedang manipulasi foto menjadi susana yang romantis, namun didalam gambar terdapat objek yang sama sekali tidak mendukung kepada hal romantis. Contoh didalam gambar ada objek tonk sampah, orang gila, dan lain-lain. Maka untuk menambah susana yang benar-benar romantis pada gambar, kita harus membuang objek-objek yang sangat mengganggu tersebut.

Baca Juga : Membuat Wajah Seram Bermain Dengan Blending Photoshop

Tujuan utama kita sekarang adalah menghilangkan objek yang menggangu pada gambar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita bisa memanfa’atkan program Photoshop. Cara Photoshop dalam menghilangkan objek pada suatu gambar bisa dilakukan dan hasilnya tanpa meninggalkan bekas sedikitpun. Memang canggih Photoshop ini. Apapun kebutuhan kita dalam hal desain grafis, maka Photoshoplah akan mencukupinya. Apapun kekurangan yang ada pada gambar, maka Photoshoplah yang akan memenuhinya.

Kemampuan menghilangkan objek pada gambar tanpa bekas di Photoshop, bisa dilakukan dengan menggunakan Pacth Tool. Sudah pernah mendengar tool tersebut? Bagi Anda yang biasa bergelut di dunia desain grafis, maka tool tersebut saya yakin sudah tidak asing lagi dipendengarannya.

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 1

Apa Yang Dimaksud Dengan Patch Tool?

Patch Tool adalah tool Photoshop yang berfungsi untuk menghilangkan objek tertentu pada sebuah gambar. Patch Tool bisa kita gunakan untuk menutupi bagian-bagian yang tidak penting pada gambar. Contoh seperti yang sudah saya tulis dalam artikel Trik Mudah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop Di artikel tersebut yang sangat berperan adalah penggunaan Patch Tool.

Canggihnya lagi Patch Tool ini bisa menutupi objek pada gambar tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Karena cara kerja Patch Tool sebenarnya bukan menghilangkan dengan cara ditutup begitu saja. Tapi memadukan objek yang ditutup dengan objek yang menutupinya. Sehingga hasilnya seolah-olah yang kita hilangkan atau kita tutupi tidak berbekas sama sekali. Karena Patch Tool otomatis akan mencari warna yang sama dalam memadukan warna objek gambar.

Berikut adalah gambar-gambar contoh yang telah dihilangkan objek tertentunya menggunakan Patch Tool Photoshop.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. terima kasih informasihnya
    sengat membantu tetap lah selalu ber bagi informasi.,.,
    dan berbagi tentang photoshop dengan baik dan aku jadi bisa menghilangkan gambar dengan baik .,., Mauliate .,.,.,.,.,.,.,.,.,.

  2. admin, gimana caranya biar kayak yg di contoh, yg kayak wajah itu, biar mulus dan hasilnya maksimal… :)
    agak sulit kalau saya coba..
    saya cuma pakai Adobe PhotoShop CS2
    sebelumnya, TerimaKasih ya Admin,
    #salam_kenal

    • Gambar diatas menggunakan Patch Tool seperti yang dijelaskan pada artikel diatas mas. Kemudian agar hasilnya lebih maksimal lagi selain pixel fotonya harus bagus saya sering menggunakan plugin Topaz atau Noiseware.

  3. Thanks infonya, sangat membantu sekali :)
    Semoga artikel ini bisa membantu yang lainnya juga :)
    Terus berjuang membari manfaat terhadap semua orang

  4. Terima kasih ilmunya,sangat bermanfaat .
    terutama untuk para pemula sperti kami-kami.
    Semoga apa yang disampaikan menjadi pahala..Aamiin

  5. terimakasih tutorialnya sangat membantu. tp setelah saya edit ternyata bagian pinggirnya yg sudah di patch tool agak ngeblur, seperti masih menampilkan bayangan objek sebelumnya yang mau di hilangkan. jadi hasilnya kurang maksimal. apakah ada cara lainnya yg perlu di perhatikan agar objeknya hilang sepenuhnya. atau ada aplikasi tambahan lainnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.