Kamis, 1 Desember 2022

Beberapa Bentuk Tanda tangan yang Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang

Bentuk Tanda tangan

Info Menarik – Sekilas mungkin terdengar konyol bahwa kepribadian seseorang bisa kita ketahui dari bentuk tanda tangan. Namun perlu kita ketahui bahwa karakter atau kepribadian seseorang bisa kita tentukan dari bentuk tanda tangan itu ada ilmunya. Ilmu untuk mempelajari atau membaca tulisan tangan namanya adalah Grafologi. Menurut WikiPedia Grafologi sendiri memiliki makna sebuah ilmu tentang tulisan yang berasal dari bahasa Yunani kuno.

Baca Juga: Cara Membuat Tanda tangan Barcode Lengkap dengan Logo Instansi Secara Online

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang bentuk tanda tangan, mari kita ketahui dulu apa itu ilmu Grafologi. Grafologi berasal dari dua makna kata, grapho dan logos. Grapho yang berarti menulis sedangkan kata logos artinya ilmu. Dengan begitu Grafologi adalah ilmu untuk menganalisis pola tulisan tangan yang bisa mengidentifikasi karakter atau kepribadian seseorang.

Ilmu Grafologi pertama kali muncul sekitar tahun 1000 M yang awalnya berasal dari Cina. Kemudian ilmu pada tahun 1875 Grafologi mengalami penyempurnaan oleh orang Perancis yaitu Abbe Jean Hyppolyte Michon.

Bentuk tanda tangan yang kita buat berdasarkan ilmu Grafologi bisa menunjukkan karakter yang membuatnya. Hal ini karena pada saat kita menulis itu merupakan sebuah bentuk wujud dari gerakan refleks otot halus atas stimulus alam bawah sadar. Dengan kata lain sebuah goresan kita seperti tanda tangan merupakan refleksi kejujuran seseorang apa yang ada dalam pikiran bawah sadar penulis.

Pasti Kamu tidak menyangka bukan? Pasti Kamu penasaran bahwa kepribadian serta karakter diri Kami bisa diketahui dari bentuk tanda tangan. Silakan simak penjelasan berikut yang berhasil saya rangkum dari beberapa sumber.

Bentuk Tanda tangan yang Bisa menunjukkan Karakter Seseorang

1. Di Akhiri dengan Titik

Terkadang kita suka melihat pembuatan tanda tangan yang di akhiri dengan titik. Atau mungkin Kamu sendiri yang suka membuat tanda tangan seperti itu. Ternyata bentuk tanda tangan seperti ini juga memiliki makna khusus lho.

Bentuk tanda tangan yang di akhiri oleh titik itu menandakan bahwa seseorang yang mudah curiga terhadap orang lain. Namun jika seseorang sudah menyimpan kepercayaan penuh terhadap orang lain maka biasanya hal ini justru akan dimanfaatkan oleh orang lain.

2. Tanda tangan Sulit Terbaca

Apakah Kamu termasuk ke dalam ketika membuat tanda tangan yang sulit untuk dibaca? Jika benar hal ini menandakan bahwa pembuat tanda tangan termasuk orang yang memiliki kepribadian tertutup. Maka tidak heran kepribadian seperti ini orang lain akan sulit mengerti setiap apa yang Kamu pikirkan.

3. Letaknya dengan Tulisan

Selanjutnya Kamu juga bisa mengetahui karakter seseorang dari peletakan tanda tangan dengan tulisan. Jika posisi tanda tangan terlalu jauh berada di atas tulisan maka itu menandakan bahwa informasi yang seseorang sampaikan tidak menjamin semua benar. Bisa jadi pembuat tanda tangan sendiri merasa ragu atas informasi yang dia tuliskan tersebut.

Tetapi sebaliknya jika sebuah tanda tangan letaknya berada di dekat tulisan itu menandakan bahwa informasi yang seseorang sampaikan mendekati benar atau benar semua. Semakin tanda tangan dekat dengan sebuah tulisan maka itu dapat kita artikan bahwa informasi yang seseorang berikan benar atau jujur.

4. Penempatannya Berada di Kanan

Pasti Kamu pernah melihat tanda tangan yang posisinya berada di sebelah kanan serta memiliki jarak yang ideal dengan kalimat terakhir. Atau mungkin Kamu sendiri yang suka membuat tanda tangan yang penempatannya di kanan.

Untuk bentuk tanda tangan yang posisi berada di kanan menandakan bahwa seseorang merupakan sosok yang mudah bersosialisasi. Kemudian juga orang tersebut suka berinisiatif bagus.

5. Penempatannya Terlalu Kanan

Jika tanda tangan yang dibuat seseorang terlalu mepet ke kanan hingga sejajar dengan batas tulisan maka hal itu menandakan seseorang yang hiperaktif, tidak suka peraturan yang berlaku, dan juga tidak sabaran.

Baca Juga: Cara Menghapus Background Tanda Tangan di Office Word dan Excel

6. Penempatannya Berada di Kiri

Untuk goresan tinta ketika penempatan tanda tangan berada di kiri hal itu menandakan jika seseorang termasuk orang yang kurang percaya diri. Apakah Kamu termasuk yang suka membuat tanda tangan seperti itu? Jika benar, mulai saat ini Kamu bisa mengevaluasi diri supaya tidak membuat tanda tangan terlalu ke kiri dari batas tulisan.

7. Disertakan dengan Keterangan Nama Jelas

Apakah bentuk tanda tangan Kamu seperti itu? Untuk tanda tangan dengan keterangan nama yang jelas menunjukkan bahwa Kamu mempunyai tingkat percaya diri tinggi. Terlebih lagi jika Kamu menonjolkan nama depan di tanda tangan.

8. Ukuran Tanda tangan

Kita juga bisa mempelajari karakter seseorang dari ukuran tanda tangan yang orang lain buat. Jika Kamu melihat goresan tanda tangan lebih besar dari yang biasanya maka itu menunjukkan memiliki kepercayaan diri tinggi.

Namun perlu Kamu ketahui juga jika goresan tinta dalam tanda tangan sangat besar lagi maka itu tanda yang egois. Atau bisa kita artikan juga terlalu percaya diri, suka mencari perhatian dari orang lain, dan manipulatif.

9. Bentuk Tanda tangan Tajam atau Lancip

Terkadang juga kita sering melihat bentuk tanda tangan yang tajam atau lancip hingga menyerupai bentuk rumput. Seseorang yang memiliki bentuk tanda tangan seperti ini tergolong orang semangat, cerdas, berani, agresif, kemudian terlihat berwibawa dan juga berpendidikan.

10. Arahnya Cenderung Naik

Sedangkan untuk bentuk tanda tangan yang cenderung naik ke atas itu menandakan bahwa seseorang memiliki ambisi yang tinggi. Kemudian bentuk tanda tangan seperti ini menandakan bahwa seseorang yang pantang menyerah sebelum tercapai cita-cita.

Konon lagi katanya bentuk tanda tangan yang mengarah ke atas sebagai tanda orang yang hangat, ramah, baik, serta perhatian atau peduli terhadap orang lain.

11. Arahnya Cenderung Turun

Jika tulisan tangan yang seseorang tuangkan pada tanda tangan cenderung turun ke bawah itu menandakan bahwa seseorang sedang mengalami depresi serta merasa lelah. Terkadang juga bentuk tanda tangan seperti ini tanda orang yang putus asa dalam hidupnya.

12. Penekanan yang Kuat

Terkadang juga kita sering melihat sebuah tanda tangan yang seseorang buat dengan menggunakan penekanan yang kuat. Jika demikian itu menandakan bahwa seseorang mempunyai karakter berkomitmen tinggi. Orang tersebut memiliki sifat kecenderungan serius dalam berbagai hal.

Perlu Kamu ketahui juga jika penekanan pada tanda tangan terlalu kuat bisa menjadi tanda bahwa seseorang cenderung memiliki sifat sensitif.

13. Penekanan yang Ringan

Jika pembuatan tanda tangan memiliki penekanan ringan dan tipis itu bisa mendeskripsikan bahwa seseorang sangat berempati serta sensitif. Meskipun begitu tulisan tangan seperti ini akan memiliki karakter yang tidak suka menghabiskan waktu percuma dalam menjalani hidupnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Menjadi Transparan di Photoshop

14. Disertakan Garis Bawah

Pasti Kamu sering juga melihat bentuk tanda tangan yang bergaris bawah. Ini menandakan bahwa seseorang memiliki kepribadian yang ulet, penuh keyakinan, dan pantang menyerah.

Jika posisi Kamu sedang jatuh dan memulai dari awal lagi maka akan memiliki semangat membara pantang menyerah untuk maju. Karakter tanda tangan bergaris bawah juga memiliki sifat kepemimpinan dalam sebuah organisasi atau di sekitar orang yang bersama dengan Kamu.

Kemudian perlu di perhatikan lagi jika garis bawah terlalu pendek maka ini menandakan bahwa seseorang memiliki kepribadian suka menyuruh dan cenderung diktator.

Tips Ketika Membuat Tanda tangan Menurut Grafologi

Terdapat beberapa aspek yang meski Kamu perhatikan ketika akan membuat tanda tangan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buat tanda tangan yang jelas sehingga mudah terbaca;
  2. Memiliki konsisten dan juga seirama dengan tulisan tangan;
  3. Tanda tangan harus sedikit lebih besar dari tulisan tangan;
  4. Untuk tanda tangan bergaris bawah, usahakan garis bawah tidak menutup atau mencoret nama Kamu sendiri;

Baca Juga: Cara Membuat Tanda tangan Pribadi yang Baik dan Benar Berikut Contoh

Terakhir perlu Kamu pahami bahwa penjelasan saya di atas hanya bersifat perspektif secara general saja. Mungkin saja dalam kebenarannya itu tidak benar dan juga valid. Namun meskipun begitu semoga saja artikel ini bisa bermanfaat. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.