Kamis, 1 Desember 2022

Cara Membuat Tanda tangan Pribadi yang Baik dan Benar Berikut Contoh

Cara Membuat Tanda tangan yang Baik dan Benar 01

Info Menarik – Tanda tangan merupakan tanda pengenal yang berfungsi untuk mengidentifikasi informasi seseorang. Sebaiknya jangan asal buat ketika kita membuat tanda tangan. Silakan buat tanda tangan yang baik dan benar. Saya sarankan juga buat tanda tangan yang sederhana, mudah diingat, dan juga menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Tanda tangan Barcode Lengkap dengan Logo Instansi Secara Online

Selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sidik jari, tanda tangan juga berfungsi sebagai tanda pengenal bagi seseorang. Karena berfungsi sebagai tanda pengenal, maka sebaiknya buat tanda tangan yang konsisten. Membuat tanda tangan yang berubah-ubah, akan menyulitkan orang lain ketika menentukan identitas diri Kamu.

Pada umumnya tanda tangan kita gunakan sebagai bukti persetujuan pada sebuah dokumen. Biasanya juga tanda tangan digabungkan dengan sebuah meterai, hal ini untuk memperkuat persetujuan atau kesepakatan tersebut.

Banyak contoh-contoh lain yang mengharuskan kita untuk membuat tanda tangan.

Selanjutnya agar terhindar dari pemalsuan tanda tangan, maka buat tanda tangan yang unik. Pemalsuan tanda tangan bisa berdampak buruk jika tanda tangan orang lain gunakan untuk praktek penipuan. Oleh karena itu Kamu tidak boleh memberikan tanda tangan pribadi kepada orang lain secara bebas.

Sebagai antisipasi penyalahgunaan tersebut, Kamu meski membuat tanda tangan yang baik dan juga benar. Usahakan tanda tangan tersebut sangat sulit untuk orang lain tiru namun mudah ketika Kamu buat. Karena selain sebagai sebuah identifikasi diri Kamu secara hukum, namun tanda tangan juga memiliki arti sebagai ekspresi individu.

Baca Juga: Cara Menghapus Background Tanda Tangan di Office Word dan Excel

Cara Membuat Tanda tangan yang Baik dan Benar

Meskipun tidak menjamin bahwa tanda tangan tidak bisa orang lain tiru, namun setidaknya tanda tangan tidak terlalu mudah untuk orang lain salah gunakan. Sejauh ini hanya sidik jari saja yang memiliki pola berbeda dari setiap orangnya.

1. Buat Tanda tangan dari Nama Depan atau Inisial

Sebagai ide ketika akan membuat tanda tangan, silakan Kamu buat dari nama depan sendiri atau inisial. Buat tanda tangan yang awalnya dari huruf pertama nama Kamu. Supaya unik serta tidak mudah orang lain tiru, buat menggunakan huruf atau font tertentu. Sebagai referensi Kamu bisa melihat font komputer kemudian Kamu gabungkan dengan kreatifitas.

Referensi lain Kamu bisa cari-cari font tanda tangan di internet. Sebagai contoh, silakan lihat di halaman website Dafont.

Cara Membuat Tanda tangan yang Baik dan Benar 02

2. Buat Arah Paling Tepat

Terkadang kita bingung dalam menentukan arah yang tepat ketika akan membuat tanda tangan. Satu tanda tangan akan berbeda hasilnya jika kita buat dari berbagai arah. Oleh karena itu, coba berlatih dulu dalam membuat arah yang paling sesuai dengan karakter Kamu agar menghasilkan tanda tangan yang unik.

Hindari membuat tanda tangan yang Kamu buat dari arah yang kurang jelas. Karena hal ini bisa membingungkan Kamu ketika akan membuat tanda tangan selanjutnya di media lain.

Jika arah tepat sudah Kamu temukan, maka selanjutnya Kamu bisa konsisten setiap akan membuat tanda tangan.

3. Beri Kreasi Khusus

Supaya terhindar dari pemalsuan tanda tangan, Kamu dituntut agar membuat tanda tangan menggunakan karakter khusus. Memiliki gaya atau kreasi khusus tentu saja bisa menyulitkan orang lain untuk meniru tanda tangan Kamu.

Hindari pembuatan tanda tangan sederhana. Biasanya tanda tangan seperti ini sangat mudah orang lain tiru. Untuk inspirasi, silakan Kamu browsing di internet dengan catatan jangan menjiplak keunikan tanda tangan orang lain.

4. Terus Berlatih Tanpa Bosan

Jika Kamu sudah menemukan ide tepat sesuai ketiga point  di atas, sekarang Kamu saatnya untuk berlatih terus menerus agar pembuatan tanda tangan selanjutnya tidak kaku.

Ulangi secara terus menerus agar terhindar dari lupa karena menulis tanda tangan mirip dengan hafalan. Supaya tidak lupa ketika akan Kamu gunakan di kesempatan berikutnya, maka terus hafalkan gaya tanda tangan Kamu.

5. Konsisten

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa tanda tangan berfungsi sebagai identitas diri secara hukum maka tanda tangan yang konsisten sangat kita perlukan. Konsisten disini adalah dari setiap aspek yang meliputi: ukuran lebar, tinggi, besar, kecil, dan gaya setiap tanda tangan harus sama. Jika hal ini Kamu abaikan terkadang tanda tangan Kamu sendiri dianggap palsu oleh orang lain karena tidak sama atau konsisten.

Contoh Tanda tangan yang Simple, Unik, dan Menarik

Sebagai penutup, berikut saya sajikan gambar contoh tanda tangan yang unik dan simple. Gambar berikut bisa Kamu jadikan referensi dan bukan untuk Kamu jiplak agar akhirnya tanda tangan Kamu menjadi unik dan menarik.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Menjadi Transparan di Photoshop

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.