Senin, 8 Agustus 2022

Cara Membuat Ukuran Foto Lengkap Dengan Download Action Photoshop

Info Menarik – Menentukan ukuran foto itu penting kita lakukan sebelum mencetak foto. Karena jika ukuran tersebut kita buat asal-asalan maka foto tidak bisa kita masukkan ke frame atau bingkai foto. Bisa saja nanti fotonya terlalu besar atau sebaliknya terlalu kecil. Oleh karena itu kita harus paham benar berapa masing-masing ukuran foto yang biasa digunakan oleh desain grafis.

Jika Anda belum tahu berapa ukuran foto yang benar, maka bisa Anda lihat pada artikel Daftar Ukuran Foto Resmi yang Sering Dipakai.

Selanjutnya pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara membuat ukuran foto kemudian kita simpan di actions Photoshop?

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kegunaan actions Photoshop itu adalah untuk merekam seluruh tindakan pengguna di Photoshop. Kemudian hasil rekaman tersebut bisa kita jalankan kembali bahkan bisa kita share untuk kita jalankan di komputer atau Photoshop lain.

Karena ukuran foto resmi itu jumlahnya lebih dari satu, maka sebaiknya kita simpan di dalam actions Photoshop. Dengan begitu ketika kita membutuhkannya lagi tinggal memanggil di actions dan selesai.

Cara Membuat Actions di Photoshop

Buka program Adobe Photoshop yang sudah terpasang di komputer atau laptop Anda. Kemudian siapkan catatan daftar ukuran foto yang akan kita rekam ke dalam actions Photoshop. Contoh pertama saya akan membuat ukuran 3R. Selanjutnya klik menu Window dan submenu Actions.

Cara Membuat Ukuran Foto 1

Kemudian klik Create new set untuk membuat Set Actions baru. Tentukan nama set yang akan kita buat, contoh saya memberi nama Daftar Ukuran Foto. Terakhir klik OK.

Cara Membuat Ukuran Foto 2

Setelah selesai membuat set actions baru, sekarang buat actions baru dengan cara klik Create new action. Kemudian beri nama action tersebut, contoh 3R. Setelah menentukan nama action, klik Record untuk memulai rekaman.

Cara Membuat Ukuran Foto 3

Jika tanda lingkaran yang terdapat pada Pallet Actions berubah menjadi warna merah, artinya Pallet Actions sedang bekerja dan siap untuk merekam seluruh tindakan di Photoshop.

Cara Membuat Ukuran Foto 4

Setelah semuanya sudah siap seperti set actions baru, nama actions, dan pallet actions sudah siap merekam tindakan maka sekarang adalah saatnya untuk merekam tindakan sesuai dengan nama actions. Klik menu File lalu New… untuk membuat dokumen baru di Photoshop.

Cara Membuat Ukuran Foto 5

Tentukan ukuran Width dan Height serta Resolution yang akan kita gunakan. Karena disini kita akan membuat ukuran 3R, maka saya menentukan Width 8,9 cm dan Height 12,7 cm. Kemudian untuk Resolution kita beri nilai maksimal saja, yaitu 300 pixels. Resolusi 300 ini sangat bagus untuk kebutuhan cetak/print. Setelah semuanya sudah selesai, klik OK.

Cara Membuat Ukuran Foto 6

Dengan begitu kita sekarang sudah mempunyai rekaman tindakan baru di Photoshop. Sekarang kita klik Stop playing/recording untuk menghentikan tindakan rekaman di Photoshop.

Cara Membuat Ukuran Foto 7

Silakan Anda coba dulu actions ukuran 3R yang baru saja kita buat dengan cara klik Play selection.

Cara kerjanya ketika kita klik Play selection pada pallet actions, akan terbentuk sebuah halaman baru background putih.

Selanjutnya untuk memindahkan foto silakan gunakan Move Tool dari Toolbox.

Download Actions Photoshop Ukuran Foto

Jika Anda malas untuk membuat ukuran lainnya, tenang karena saya akan berbagi file format ATN. File format ATN adalah file format actions Photoshop yang bisa kita gunakan untuk menambah koleksi actions Photoshop.

Jika sudah sukses download, kemudian Anda simpan file format ATN tersebut ke dalam drive C:\Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CS3 > Presets > Actions. Contoh saya menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Sekarang buka program Photoshop kemudian aktifkan pallet actions dari menu Windows > Actions. Pada pallet actions yang baru saja kita tambahkan, klik New Actions kemudian Anda lihat kebawah akan ada sebuah actions baru dengan nama Daftar Ukuran Foto. Klik dan otomatis koleksi actions Photoshop Anda sudah bertambah.

Sekarang Anda tinggal memilih ukuran mana yang cocok kemudian klik Play selection untuk menjalankannya sesuai dengan yang sudah saya contohkan di atas.

Mungkin hanya itu dan semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi Anda yang membutuhkan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.