Minggu, 19 September 2021

Cara Membuka Password File Excel Dengan Menghapus Segmen “SheetProtection”

Cara Membuka Password File Excel 01

Cara Membuka Password File Excel – Tidak perlu panik ketika Kamu lupa dengan kata sandi / password file Excel. Disini saya akan berbagi cara jitu untuk membuka password file Excel tanpa menggunakan software apapun. Kamu tidak usah berpikir keras mengingat kembali password yang sudah terlanjur lupa. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kehilangan data penting file Excel. Asal yang dilakukan benar, maka data penting Kamu akan terselamatkan.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang cara membuka password file Excel. Pada artikelnya sebelumnya menggunakan trik menyisipkan script di module Visual Basic. Pada trik sekarang kita tidak memerlukan script atau kode lagi. Disini Kamu cukup menghapus script atau kode tertentu maka password di file Excel akan terhapus otomatis.

Penasaran bagaimana caranya? Silakan simak artikel ini sampai selesai …

Cara Membuka Password File Excel Dengan Menghapus Script

Cukup dengan 1 unit komputer maka dengan mudahnya menghapus password file Excel. Kamu tidak perlu menggunakan software tambahan atau kode tertentu lagi. Gunakan aplikasi bawaan Windows saja dan Kamu sudah bisa menghilangkan proteksi password di file Excel.

1. Menampilkan dan Mengubah Ekstensi File Excel

Sebagai contoh, disini saya mempunyai satu file Excel yang sudah di password. Silakan Kamu juga siapkan file Excel yang akan dibuka passwordnya!

Cara Membuka Password File Excel 02

Setelah menyiapkan satu file Excel, tugas Kamu sekarang adalah menampilkan ekstensi file. Karena secara default, Windows menyembunyikan setiap ekstensi file. Untuk menampilkan ekstensi, dari Windows Explorer klik menu View > Options. Kemudian klik Change folder and search options.

Cara Membuka Password File Excel 03

Kemudian dari jendela Folder Options, silakan klik tab View. Pada opsi Advanced settings, silakan Kamu hilangkan centang/checklist di Hide extensions for known file types. Terakhir klik Ok!

Cara Membuka Password File Excel 04

Setelah Kamu menampilkan ekstensi, maka sekarang pada file Excel akan terlihat ekstensinya. Karena file Excel yang saya jadikan contoh ini dibuat di Office Excel 2019, maka ekstensinya adalah .xlsx.

Cara Membuka Password File Excel 05

Tugas Kamu sekarang adalah silakan hapus ekstensi file Excel tersebut dan ubah dengan ekstensi.zip. Untuk mengubah ekstensi, silakan klik kanan pada file Excel kemudian klik pilih Rename.

Cara Membuka Password File Excel 06

Blok pada ekstensi sebelumnya, contoh .xlsx, lalu Kamu ubah dengan mengetikkan ekstensi .zip. Setelahnya tekan Enter di keyboard.

Cara Membuka Password File Excel 07

2. Ekstrak File Ekstensi ZIP dan Hapus Segmen SheetProtection

Sekarang file Excel sudah berubah ekstensinya menjadi .zip. Langkah selanjutnya adalah mengekstrak file ZIP tersebut. Disini saya mengekstrak file ZIP menggunakan aplikasi WinRAR. Untuk ekstrak ZIP menggunakan aplikasi bawaan Windows juga bisa. Kamu cukup klik kanan pada file ZIP kemudian klik pilih Extract files.

Cara Membuka Password File Excel 08

Setelah sukses ekstrak file ZIP, silakan buka folder hasil ekstraknya dan temukan file sheet.xml. File ini akan tersimpan di folder xl > worksheets. Jika file Excel Kamu terdiri dari beberapa sheet, maka disini akan tampil sheet – sheet Excel sejumlah sheet sebelumnya. Contoh disini saya hanya mempunyai 1 sheet saja.

Klik kanan pada sheet yang akan dibuka atau dihapus passwordnya. Contoh disini saya akan menghapus password pada file sheet1.xml. Jika file Excel Kamu terdiri dari 3 sheet, maka disini akan ditemukan file sheet1.xml, sheet2.xml, dan sheet3.xml. Dan jika 3 sheet tersebut menggunakan password dan akan Kamu hapus semuanya, maka silakan Kamu buka semua sheet tersebut.

Baca Juga : Cara Proteksi Memberi Password Pada Microsoft Visual Basic Application (VBA) Excel

Untuk membuka file sheet.xml, Kamu bisa menggunakan Notepad bawaan Windows. Namun disini saya menggunakan aplikasi Notepad++. Silakan Kamu klik kanan di file sheet.xml kemudian klik pilih Notepad.

Tugas Kamu sekarang adalah menghapus segmen “sheetProtection“. Untuk mempercepat penemuan, silakan Kamu gunakan fitur Search otomatis dengan cara menekan Ctrl+F di keyboard. Kamu ketik sheetProtection pada kolom pencarian lalu Enter.

Yang harus Kamu hapus adalah script sheetProtection yang berada di dalam tanda kurung “< >“. Hapus entri dari “<sheetProtection … hingga kurung tutup />“. Lihat gambar contoh di bawah :

Contoh script yang harus dihapus :

<sheetProtection algorithmName="SHA-512" hashValue="lzVQbqGtYvOx1O1NWJHp2ZX6/zt6p14nEkRh70emUN1jVWzBw8NGuXHkqJ2ZeYa8sfCzxFNUgW/S6L9A7SXzjw==" saltValue="vrFuH+IRFhJXkvv7OlhsJw==" spinCount="100000" sheet="1" objects="1" scenarios="1" selectLockedCells="1"/>

Setelah menghapus segmen sheetProtection, jangan lupa untuk menyimpannya. Kamu cukup menekan Ctrl+S di keyboard untuk menyimpan semua perubahan di Notepad. Untuk aplikasi Notepad++ biasanya terdapat tombol Save.

3. Replace File Sheet Awal dan Kembalikan Ekstensi Excel

Langkah selanjutnya adalah mengganti file sheet.xml yang berada di dalam file ZIP dengan sheet.xml yang baru saja dihapus segmen sheetProtection-nya. Silakan Kamu copy file sheet.xml yang sudah dihapus segmen sheetProtection dengan menekan Ctrl+C atau klik kanan di file lalu klik Copy.

Kemudian buka file ZIP awal dengan cara klik ganda / double klik. Temukan file sheet.xml yang terdapat di folder xl > worksheets. Silakan Kamu hapus dulu file sheet.xml tersebut dengan menekan Delete di keyboard. Kemudian Kamu ganti atau tinggal Paste file sheet.xml tadi yang sudah dihapus segmen sheetProtection.

Setelah file sheet.xml Kamu ganti, sekarang adalah mengubah kembali ekstensi ZIP ke file Excel. Lakukan caranya seperti langkah awal. Ubah ekstensi .zip menjadi .xlsx, lihat contoh gambar!

Silakan sekarang Kamu buka file Excel yang sebelumnya diproteksi menggunakan password! Jika langkah-langkah Kamu benar terutama dalam menghapus segmen sheetProtection, maka sekarang file Excel Kamu sudah tidak menggunakan password lagi. Jika gagal, silakan Kamu ulangi lagi langkahnya dan lakukan secara perlahan.

Dengan menghapus segmen sheetProtection, maka password file Excel akan terhapus juga. Artinya file Excel proteksi passwordnya akan hilang.

Baca Juga : Cara Cepat Mengetahui Password Database Access ~ Membuka Proteksi Access

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga sukses. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.