Cara Memilih Hosting Berkualitas Untuk Website Kamu Agar Tidak Menyesal Nantinya

Cara Memilih Hosting Berkualitas

Cara Memilih Hosting Berkualitas – Ketika Kamu akan mengonlinekan website mungkin pertanyaan berikut akan muncul. Layanan hosting mana yang bisa membuat website lancar ketika diakses tanpa gangguan? Banyaknya layanan hosting dengan penawaran-penawaran menggiurkan membuat Kamu semakin bingung dalam memilih hosting berkualitas. Kamu mencari solusi dengan cara browsing di internet dan bertanya di forum untuk menemukan pilihan terbaik dalam menentukan layanan hosting yang berkualitas.

Baca Juga : Mengenal Layanan Jasa Hosting Website Lengkap Dengan Manfaatnya

Dan memang pemilihan layanan hosting yang tepat adalah kunci keberhasilan website. Jika website sering mengalami gangguan disebabkan hosting sering down maka dapat menurunkan reputasi website Kamu. Salah kaprah dalam memilih layanan hosting bisa berakibat fatal untuk kelangsungan website Kamu. Bayangkan jika website Kamu sudah memiliki banyak pengunjung jika website sering gangguan maka pengunjung tersebut bisa lari dan kemungkinan tidak datang lagi. Kehilangan pengunjung berarti website akan sepi dan dapat berpengaruh pada penghasilan website juga.

Di internet banyak sekali layanan hosting yang masing-masing saling menawarkan bahwa katanya layanan hosting mereka adalah yang terbaik dan paling baik. Mereka banyak yang klaim bahwa hosting tidak pernah down sampai menawarkan harga murah yang tidak masuk akal.

Lalu Kamu tergiur dengan bujukan mereka sehingga akhirnya memutuskan untuk menjadi pelanggannya. Ternyata setelah dicoba layanan mereka tidak sesuai dengan apa yang mereka janjikan. Website sering tidak bisa diakses dan tentunya hal ini telah membuang uang Kamu untuk sesuatu hal yang belum tentu. Hosting itu mempunyai peranan paling penting untuk kelangsungan website Kamu.

Tapi perlu digaris bawahi juga bahwa tidak semua layanan hosting yang memberikan layanan jelek. Jika Kamu sebelumnya tidak salah memilih layanan hosting, maka akan terhindar dari kalimat “website sering tidak bisa diakses”.

Cara Memilih Hosting Berkualitas Agar Website Tidak Sering Mengalami Gangguan

Supaya tidak salah kaprah dan menyesal nantinya, silakan berikan yang terbaik dari yang paling baik untuk layanan hosting website Kamu. Disini saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih hosting berkualitas. Seperti bagaimana hosting yang baik itu dan sesuai dengan kebutuhan?

1. Disk Space

Jangan pernah menyepelekan dengan disk space di layanan hosting yang Kamu pesan. Disk space memiliki peranan penting agar website Kamu dapat berjalan optimal. Semua data-data website Kamu seperti gambar, artikel, template, dan sebagainya disimpan didalam disk space ini. Jika konten website melebihi kapasitas disk space yang Kamu pesan, tentunya website Kamu akan sering mengalami down bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Disk space seperti layaknya hardisk komputer. Dengan begitu disk space memiliki kapasitas terbatas. Semakin besar disk space yang Kamu pesan untuk website, maka website dijamin selalu lancar ketika diakses.

Jangan tertipu dengan iklan layanan hosting yang menyediakan kapasitas disk space unlimited. Seperti halnya hardisk komputer, secanggih apapun komputer tentunya tidak ada yang memiliki hardisk unlimited. Hardisk atau disk space layanan hosting sama-sama memiliki kapasitas yang ada batasnya.

2. Bandwidth

Selain disk space, yang harus Kamu perhatikan adalah bandwidth. Semakin besar kapasitas bandwidth yang disediakan oleh layanan hosting maka akan semakin stabil website Kamu ketika diakses. Namun perlu diperhatikan, bandwidth itu tidak ada yang unlimited. Tetap saja bandwidth itu ada kapasitas maksimalnya. Yang ada bukan unlimited, namun bandwidth unmetered.

3. Gratis SSL

Jika Kamu ingin mengelola website lebih serius lagi maka sangat disarankan untuk menggunakan fitur SSL. Untuk membedakan website yang sudah menggunakan SSL adalah maka akan diawali dengan HTTPS bukan HTTP.

Silakan cari layanan hosting yang menyediakan fitur gratis SSL. Dengan menggunakan SSL maka tingkat kepercayaan konsumen terhadap website Kamu akan meningkat. SSL termasuk satu hal yang penting untuk menjaga vitalitas data-data website Kamu.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan SSL Comodo Di WordPress Hanya Dalam Beberapa Menit Saja

4. Dukungan Teknis 24/7

Dengan adanya dukungan teknis selama 24/7 maka akan memudahkan Kamu ketika website bermasalah. Terkadang Kamu bingung dengan konfigurasi hosting dan sebagainya. Maka hal ini bisa dikonsultasikan dengan customer service layanan hosting.

Jika layanan hosting tidak didukung oleh tim teknis selama 24/7 maka tentunya Kamu akan kesulitan ketika ditemukan masalah seputar hosting. Silakan cari layanan hosting yang memiliki dukungan teknis ramah dan bisa menyelesaikan masalah-masalah terkait hosting Kamu.

5. Harga

Umumnya pengguna hosting akan tergiur dengan harga yang ditawarkan layanan hosting relatif murah dan tidak masuk akal. Kamu patut curiga dan pikir dulu secara matang. Hosting murah namun fitur yang ditawarkan cukup tinggi maka Kamu seharusnya jangan mengambil yang seperti ini. Misalnya tidak masuk akal juga dengan harga Rp 20.000 perbulan untuk space 1 GB.

Sebelum memilih layanan hosting maka sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan website yang akan Kamu buat. Jangan melihat layanan hosting dari harga, namun sesuaikan dengan kebutuhan, berapa disk space dan bandwidth yang dibutuhkan, dan lain-lain.

6. Testimoni

Jika yang berkata hosting tersebut berkualitas adalah penjual, maka sebaiknya Kamu jangan dulu percaya. Wajar saja mereka berkata begitu karena memang penjual. Namun yang meski Kamu jadikan patokan adalah ucapan-ucapan mereka yang telah lebih dulu menjadi pelanggan layanan hosting tersebut.

Kamu baca dan pahami testimoni-testimoni pelanggan tentang produk hosting tersebut. Jika umumnya mereka puas dengan layanan hostingnya, maka silakan Kamu pilih untuk Kamu sewa.

7. Garansi

Meskipun Kamu yakin bahwa layanan hosting tersebut bagus dan berkualitas, namun saya sarankan agar memilih layanan hosting yang mengklaim garansi. Ketika website Kamu bermasalah maka Kamu tidak akan terlalu rugi. Kecemasan Kamu dengan website sedikitnya akan berkurang jika layanan hosting menyediakan garansi.

8. Uptime Server

Uptime server juga sangat penting. Semakin besar angka uptime server layanan hosting maka tentunya kinerja server hosting tersebut semakin baik.

Disarankan agar Kamu memilih layanan hosting  memiliki uptime server diatas 99%. Dengan begitu website Kamu mengalami down hanya 1% setiap harinya.

Jika Kamu tidak ingin kehilangan pengunjung dan peringkat website maka silakan cari dan pilih layanan hosting yang memiliki uptime server tinggi.

9. Lokasi Server

Sebelum menentukan lokasi server, Kamu wajib menganalisa target pengunjung berasal dari daerah mana. Selanjutnya Kamu sesuaikan dengan lokasi server layanan hosting. Tentunya jika lokasi server dekat dengan jarak pengunjung maka website Kamu akan terasa ringan ketika diakses. Hal ini tentunya akan meningkatkan reputasi website Kamu di mata pengunjung bahkan di search engine.

Sebagai contoh jika target pengunjung website Kamu hanya Indonesia, maka lokasi server Singapura sangat cocok. Semakin jauh lokasi server maka website Kamu akan semakin lambat ketika di akses.

10. Upgradable dan Downgradable

Terkadang Kamu akan memerlukan fitur upgrade ataupun downgrade. Jika suatu saat kinerja website menurun karena jumlah pengunjung meningkat maka Kamu perlu melakukan upgrade. Sebaliknya jika fitur Kamu terlalu tinggi sedangkan pengunjung sedikit maka Kamu bisa melakukan downgrade.

Untuk itu sebaiknya Kamu pilih layanan hosting yang memiliki fitur upgrade ataupun downgrade. Hal ini diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan spesifikasi hoting Kamu.

11. Jumlah Pelanggan

Jumlah pelaggan layanan hosting bisa dijadikan patokan untuk memilih hosting berkualitas. Semakin banyak jumlah pelanggan maka tentunya layanan hosting tersebut bagus. Kamu bisa memilih layanan hosting yang sudah memiliki jumlah pelanggan banyak.

12. Layanan Backup dan Restore

Backup data website perlu Kamu lakukan secara berkala. Hal ini untuk jaga-jaga jika website kena masalah. Tentunya sangat disayangkan jika konten website Kamu bangun bertahun-tahun namun tiba-tiba data hilang begitu saja.

Pilihlah layanan hosting yang sudah dilengkapi dengan fitur backup dan restore.

Baca Juga : Cara Backup File WordPress Di cPanel Dengan FTP Ke Google Drive Tanpa Plugin

13. Usia Penyedia Web Hosting

Hosting murah dan usia web hosting masih baru itu sangat beresiko untuk kelangsungan website. Memilih hosting dengan usia layanan hosting masih baru maka Kamu telah berjudi dengan reputasi, kualitas, dan kredibilitas.

Jangan menyerahkan webiste Kamu kepada layanan hosting yang belum memiliki prestasi apapun.

14. Jasa Pembuatan Website

Jika Kamu tidak paham dan takut gagal ketika membuat website, maka silakan pilih layanan hosting yang menyediakan jasa pembuatan website. Kamu tidak perlu dipusingkan dengan pembuatan website karena semuanya semuanya akan ditangani oleh layanan hosting.

Ok mungkin hanya itu saja tips memilih hosting berkualitas. Saya harap artikel ini ada manfaatnya khusus bagi yang sedang bingung mencari layanan hosting terbaik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.