Cara Mengaktifkan SSL Comodo Di WordPress Hanya Dalam Beberapa Menit Saja

Cara Mengaktifkan SSL Comodo Di WordPress – Setelah kemarin selesai mengaktifkan SSL Sertifikat di Info Menarik, sekarang giliran berbagi. Siapa tahu artikel ini ada manfaatnya khusus bagi Anda yang juga ingin mengaktifkan SSL Sertifikat di website.

Baca Juga : Tingkatkan Keamanan WordPress Dari Serangan Hacker Dengan Cara Ini

Ketika Anda sekarang mengunjungi website Info Menarik, maka akan terdapat icon gembok berwarna hijau disamping URL dengan diawali HTTPS. Itu tandanya website Info Menarik sudah menggunakan SSL Sertifikat.

Lalu apa bedanya website yang sudah menggunakan SSL Sertifikat dan website yang belum menggunakannya. Apa perbedaan HTTP dengan HTTPS? Di artikel ini saya akan membahasnya dilengkapi dengan bagaimana cara mengaktifkan SSL khusus untuk pengguna WordPress.

Apa Itu HTTPS dan SSL Certificate?

SSL (Secure Sockets Layer) merupakan sebuah teknologi keamanan standar yang digunakan untuk membangun link yang dienkripsi antara web server dan browser. Link yang sudah menggunakan SSL Sertifikat memastikan bahwa semua data yang ada di website tetap terjaga secara pribadi dan aman. SSL Sertifikat merupakan suatu standar industri dan sudah digunakan oleh jutaan situs di dunia dalam perlindungan informasi seperti transaksi online dan sebagainya.

Selanjutnya untuk membuat koneksi SSL pada server web maka Anda membutuhkan sertifikat SSL. Ketika Anda mengaktifkan SSL pada server web, Anda akan diminta untuk menyelesaikan serangkaian pertanyaan tentang identitas website dan juga perusahaan yang Anda kelola. Nantinya web server akan menciptakan dua kunci kriptografi yaitu Private Key dan Public Key.

Mengapa Website Perlu HTTPS dan SSL Sertifikat?

Ketika Anda menjalankan website dimana website tersebut menerima informasi pribadi pengguna, maka tidak ada alasan lagi kalau Anda harus membuat website menjadi aman. Untuk membuat website menjadi aman disini maka Anda membutuhkan Sertifikat SSL. Terlebih jika website memiliki layanan e-Commerce misalnya, maka website Anda harus menggunakan Sertifikat SSL. Hal ini untuk menjamin keamanan informasi data pribadi serta kenyamanan pengguna.

Begitupun halnya toko-toko online besar di Indonesia seperti BukaLapak, Tokopedia, dan sebagainya juga sudah menggunakan Sertifikat SSL. Selanjutnya jika website Anda menggunakan Sertifikat SSL maka menjadikan website terlihat lebih terpercaya dimata pelanggan atau pengunjung.

Apakah Sertifikat SSL disarankan hanya untuk website besar seperti yang dicontohkan diatas? Lalu bagaimana dengan sekelas Blog, apakah disarankan juga?

Untuk situs sekelas blog saat ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan Sertifikat SSL. Tahukah Anda bahwa saat ini algoritma Google dalam memberikan penilaian peringkat hasil mesin pencarian lebih mengutamakan blog yang sudah menggunakan Sertifikat SSL. Dengan begitu jika blog Anda saat ini sudah menggunakan HTTPS maka bisa membantu untuk meningkatkan SEO blog.

Baca Juga : Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat SSL?

Sebetulnya tidak sulit untuk mendapatkan Sertifikat SSL. Anda bisa memperoleh Sertifikat SSL  langsung dari penyedia SSL atau dari penyedia hosting. Disarankan Anda untuk menggunakan Sertifikat SSL berbayar. Bagaimanapun juga kualitas SSL gratis tentunya tidak akan mengalahkan SSL berbayar.

Sedangkan harga Sertifikat SSL itu sendiri berbeda-beda. Hal ini tergantung dimana perusahaan tempat mengeluarkan Sertifikat SSL. Silakan sebelum Anda membeli Sertifikat SSL, cari dulu sejumlah informasi yang menawarkan Sertifikat SSL murah dengan kualitas sama.

Disini saya tidak akan merekomendasikan tempat dimana Anda harus membeli Sertifikat SSL. Silakan Anda cari sendiri informasinya karena sudah banyak yang membahas.

Untuk Info Menarik sendiri menggunakan Sertifikat SSL Comodo. Maka daripada itu, disini saya hanya akan berbagi cara mengaktifkan SSL Comodo di WordPress.

Berikut Cara Mengaktifkan SSL Comodo Di WordPress

Disini saya anggap kalau Anda sudah order dan membeli Sertifikat SSL lalu SSL tersebut sudah diaktifkan oleh Billing. Tugas Anda selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada Sertifikat SSL agar dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mengaktifkan Sertifikat SSL Comodo di WordPress silakan Anda login di cPanel Hosting. Jika Anda order SSL diluar penyedia hosting, maka silakan login juga di member area.

Pada halaman member area tempat order Sertifikat SSL silakan lakukan konfigurasi. Data yang harus Anda isi pada halaman member SSL adalah New Order/Renewal, Data Type Server, kolom Kode CSR, dan Informasi Kontak Administratif.

Untuk penjelasan dari masing-masing menu di atas adalah :

  • New order/Renewal. Silahkan Anda pilih salah satu! Jika SSL yang di order adalah SSL baru maka pilih New Order, dan begitu sebaliknya;
  • Type Web Server. Silahkan Anda pilih sesuai type web server yang digunakan. Jika type web server tidak ada dalam daftar, maka silahkan pilih Other;
  • CSR. Untuk mengisi kolom CSR ini nanti kita dapatkan dari panel web server Anda. Dimana dalam contoh kali ini CSR didapatkan dari halaman cPanel Hosting;
  • Informasi Kontak Administratif. Kolom ini untuk melengkapi data administratif Anda.

Ok langkah selanjutnya adalah Anda harus masuk ke halaman cPanel Hosting untuk mendapatkan kode CSR. Silakan login di cPanel dan cari menu SSL/TLS.

Disini Anda cukup klik pilih menu Certificate Signing Requests (CSR). Klik pada linknya dibawah atau pada Generate, view, or delete SSL certificate signing request.

Silahkan Anda isi dengan data detail yang dibutuhkan atau sesuai dengan kolom yang disediakan. Setelah datanya lengkap lalu klik Generate.

Langkah selanjutnya jika Anda sudah klik Generate maka akan muncul Kode CSR (Encoded Certificate Signing Request). Tugas Anda sekarang adalah silakan Copy kode CSR yang muncul lalu Paste pada Kolom CSR di member area tempat pembelian SSL.

Silakan Anda Paste Kode CSR yang di dapat dari halaman cPanel tadi pada kolom Kode CSR di member area tempat pembelian SSL. Kemudian isi semua data Informasi Kontak Administratif dan biasanya jika Anda order SSL di tempat yang sudah terdaftar sebagai member, maka data ini akan terisi secara otomatis. Lalu scroll ke bawah dan klik Klik Untuk Melanjutkan.

Sekarang Anda perlu verifikasi untuk installasi Sertifikat SSL. Ada beberapa cara untuk melakukan verifikasi Sertifikat SSL dan disini saya akan memberikan contoh verifikasi melalui alamat email. Email yang digunakan adalah email domain website Anda sendiri. Maka daripada itu disarankan jika Anda ingin melakukan verifikasi lewat email maka Anda sudah membuat email domain website dihalaman cPanel Hosting.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting

Ada dua pilihan jika Anda menggunakan verifikasi melalui alamat email, yaitu :

Saya anggap Anda sudah membuka proteksi email Whois jika memilih ini atau sudah mempunyai email domain website. Disini saya memberi contoh verifikasi melalui alamat email domain website yaitu [email protected]. Jika sudah memilih salah satu email, silakan Klik Untuk Melanjutkan.

Proses selanjutnya adalah Provider SSL dalam hal ini Provider Comodo akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang tadi Anda pilih. Kode tersebut harus Anda masukkan pada link yang dilampirkan pada email tersebut. Caranya silahkan klik dulu link verifikasi dan klik Here.

Silakan Anda lakukan validasi kode yang didapat dari email yang dikirim Provider SSL tadi. Copy paste ke kolom validasi kode yang disediakan kemudian klik Next.

Setelah proses validasi sukses, sekarang silahkan Anda masuk lagi ke member area tempat pembelian Sertifikat SSL. Anda Copy kode yang tampil pada kolom Certificate (CRT).

Kemudian masuk kembali ke halaman cPanel hosting dan temukan menu Certificates (CRT) atau klik pada link Generate, view, upload, or delete SSL certificates.

Sekarang Anda Paste kode CDT yang didapat dari halaman member area tempat pembelian SSL ke kolom Paste the certificate into the following text box di cPanel. Untuk kolom deskripsi silakan isi bebas, kemudian klik tombol Save Certificate.

Sekarang silahkan klik Go back dan cari Certificate yang sudah Anda Save sebelumnya. Disini Anda hanya perlu klik Install.

Anda perlu memilih domain yang akan diinstall sertifikat SSL lalu klik pilih tombol Autofill by Certificate dan klik lagi tombol Install Certificate.

Selesai! Dan kini Sertifikat SSL sudah berhasil Anda install di domain. Bagaimana mudah bukan?

Sebetulnya untuk tahapan setelah pengaktifan Sertifikat SSL masih ada. Namun hal ini tentunya terlalu panjang jika saya bahas dalam satu artikel. Langkah selanjutnya Anda perlu melakukan pengalihan URL dari HTTP ke HTTPS, mengubah URL HTTP menjadi HTTPS, dan melakukan Setting khusus pada halaman Google Seacrh Console & Google Analytic.

Insya Allah kedepannya akan saya bahas sampai tuntas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel Cara Mengktifkan SSL Comodo di WordPress ini ada manfaatnya. Jangan sungkan untuk bertanya, silakan bisa Anda sampaikan pada kolom komentar.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.