Kamis, 5 Agustus 2021

4 Cara Keren Untuk Mengatasi Disk Usage 100% Di OS Windows 7, 8, dan 10

Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di OS Windows – Setiap Microsoft mengeluarkan sistem operasi terbaru maka didalamnya akan disertai dengan fitur beragam. Hal ini bermaksud untuk memberikan pengalaman yang lebih baik lagi bagi penggunanya. Namun tidak semua fitur Windows memang dibutuhkan oleh pengguna. Terlebih jika fitur-fitur baru tersebut dapat menguras tenaga komputer. Banyak aplikasi-alikasi bawaan Windows yang harus membutuhkan resource besar, terutama fitur baru yang terdapat di Windows teranyar Microsoft Windows 10.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Banyak fitur baru yang disematkan di sistem operasi Windows 10. Dari banyaknya fitur baru Windows 10 adalah tersedianya Windows Store yaitu dimana pengguna bisa membeli konten digital dengan mudah. Hal ini berbeda jauh dengan sistem operasi Windows versi sebelumnya.

Namun hadirnya Windows 10 tidak semua pengguna senang. Pengguna Windows 10 sering mengeluh karena setelah perangkat dipasang sistem operasi Windows 10 kinerjanya menjadi lambat serta sering hang.

Penyebab lambat disini karena kondisi perangkat tidak memenuhi standar minimum yang dibutuhkan oleh sistem operasi Windows. Sehingga ketika membuka aplikasi-aplikasi tertentu akan akan menghabiskan ruang disk yang ada atau disk usage bisa mencapai 100%.

Silakan Anda cek dulu untuk mengetahui penyebab komputer lambat dengan membuka Task Manager. Dengan membuka Task Manager maka Anda bisa melihat disk usage perangkat PC yang Anda gunakan.

Untuk membuka Task Manager, silakan klik kanan pada Taskbar kemudian klik Task Manager. Anda bisa melihat apakah penggunaan disk perangkat PC sudah mencapai 100% atau belum?

Jika memang penggunaan disk sudah mencapai 100% maka Anda wajib untuk mematikan beberapa fitur Windows yang bisa menyebabkan disk usage full 100%. Sebelumnya silakan Anda lakukan dulu beberapa tips yang akan saya terangkan disini.

Berikut 4 Cara Mengatasi Disk Usage 100% Di OS Windows

1. Scan Malware dan Virus di Komputer

Terkadang penyebab disk usage perangkat 100% adalah ulah malware dan virus yang menyelinap di komputer. Untuk membuktikan hal ini silakan Anda scan komputer menggunakan Anti Virus yang sudah terpasang di komputer. Disarankan untuk menggunakan Anti Virus up to date.

Baca Juga : 8 Antivirus Terbaik Untuk Laptop Yang Wajib Anda Miliki Di Tahun 2018

Untuk pengguna sistem operasi Windows 10 bisa menggunakan Anti Virus bawaan Windows yaitu Windows Defender. Anti Virus ini cukup handal untuk mengatasi masalah malware dan virus. Lakukan full scan dan mungkin akan memerlukan waktu yang lama.

Pengguna Windows 7 dan Windows 8 bisa menggunakan Anti Virus Microsoft Security Essentials (MSE). Kehandalannya masih sama dengan Windows Defender.

2. Matikan Flash Player pada Browser yang Digunakan

Dengan mengaktifkan Flash Player maka biasanya akan membutuhkan resource komputer lumayan besar. Flash Player adalah plugin yang fungsinya untuk memutar video animasi format flash pada browser. Silakan jika memang plugin ini tidak digunakan langkah bijaknya Anda disable saja.

a. Cara Disable Flash Player di Google Chrome

Di address bar silakan ketik alamat chrome://settings/content dan Enter.

Scrool mouse kebawah dan temukan setelan Flash lalu buka.

Untuk disable Flash pada Tanya dulu (disarankan) Anda geser ke kiri sehingga warnanya berubah menjadi warna abu-abu. Disini juga Anda bisa melakukan blokir situs serta mengizinkan beberapa situs yang mau diaktifkan Flash Playernya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Mantap gan, saya sudah berhasil mencoba, sudah pusing kesana kemarin mencari sulusinya, ternyata disini ada tutornyanya, jelas tulisannya beserta gambarnya, semoga bisa memberi manfaat ke yang lain juga, yang sama seperti saya, yang Disk Usage sering 100% Mau install ulang Aplikasi sudah banyak, gak bisa di backup, soalnya gak punya hd external

  2. alhamdulilah akhirnya bisa juga makasih atas solusinya min terimakasih banyak,dan ada gambarnya jadi gk terlalu payah untuk menirunya,mudahan ilmu yg admin berikan bermanfaat juga bagi yg lain.

  3. Sudah saya coba semua dan berhasil, namun jika saya terhubung denga internet disk akan kembali ke 100%, itu bagaimana ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.