Rabu, 30 November 2022

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel di Photoshop

Info Menarik – Gambar yang memiliki dimensi pixel besar biasanya akan memiliki ukuran (size) besar juga. Dan biasanya untuk memperkecil ukuran gambar maka kita harus memperkecil dimensi pixelnya. Lalu bagaimana jika kita ingin mengecilkan ukuran gambar sedangkan dimensi pixel tetap, apakah bisa? Jawabannya tentu saja bisa! Untuk caranya silakan Kamu simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus dalam Jumlah Banyak (Crop dan Resize)

Memperkecil ukuran gambar atau Resize adalah mengubah resolusi atau ukuran horizontal dan vertikal suatu gambar. Pada umumnya resize gambar selain size berubah menjadi kecil dan juga dimensi pixel otomatis akan menyesuaikan dengan size gambar yang telah kita resize.

Saat ini banyak program untuk resize gambar atau foto, baik online maupun offline, berbayar dan gratis. Namun untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa harus mengubah dimensi pixel yang akan saya bahas pada artikel ini adalah menggunakan program Photoshop.

Dengan Photoshop kita dapat resize gambar tanpa mengubah dimensi pixel. Tentu saja jika pengerjaannya menggunakan Photoshop maka perangkat komputer tidak harus terhubung ke internet. Artinya proses resize ini kita lakukan secara offline.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Mengubah Dimensi Pixel

Proses mengecilkan ukuran gambar di Photoshop kita akan sedikit menurunkan kualitas dari gambar tersebut. Karena dengan resize tanpa mengubah dimensi pixel ini kita akan membuang warna atau noise di gambar yang tidak penting. Tentu saja hal ini pengerjaannya secara otomatis atau dengan bantuan program Photoshop.

Foto atau gambar yang sudah kita resize akan mengalami penurunan kualitas dari segi ketajaman warna. Sehingga nanti foto atau gambar ketika di perbesar (zoom) akan sedikit agak buram atau blur. Tetapi menurut saya tidak masalah, karena dengan menggunakan Photoshop penurunan kualitas gambar ini sekilas sama sekali tidak akan terlihat.

Contoh saya akan melakukan proses resize gambar berikut:

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 1

Setelah saya periksa ukuran gambar tersebut adalah:

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 2

Gambar tersebut memiliki Type JPG, Dimensi 4196 x 3147 dan Size 4,74 MB. Sekarang kita akan resize gambar tersebut di Photoshop tanpa mengubah dimensi pixel.

1. Buka Program Photoshop

Pertama silakan Kamu buka program Photoshop yang sudah terinstall di komputer atau laptop. Pada artikel ini saya menggunakan Photoshop CC 2019.

2. Buka Gambar di Photoshop

Setelah Photoshop aktif terbuka langkah selanjutnya silakan Kamu buka foto atau gambar yang akan kita kecilkan ukurannya tanpa mengubah dimensi pixel. Untuk membuka gambar atau foto di Photoshop silakan klik menu File kemudian Open atau dengan menekan kombinasi Ctrl + O di keyboard secara bersamaan.

3. Proses Resize Gambar

Setelah foto atau gambar terbuka di Photoshop, sekarang saatnya kita melakukan resize. Dan untuk resize di Photoshop prosesnya menggunakan fitur Save for Web (Legacy). Tool ini khusus untuk keperluan gambar yang akan kita terbitkan di website atau blog. Karena memang demi menghemat resource dan juga untuk mempercepat kinerja website maka gambar-gambar yang kita upload harus sudah melewati proses resize.

Silakan Kamu klik menu File kemudian Export dan pilih Save for Web (Legacy).

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 3

Di halaman Save for Web yang harus kita perhatikan adalah pada opsi Preset. Pada opsi ini kita dapat memilih file format gambar yang akan kita hasilkan nanti. Contoh pada artikel ini saya menggunakan Type JPEG atau JPG.

Dari file format JPEG atau JPG ini terdapat 5 opsi yang harus kita pilih. Opsi-opsi ini adalah untuk menentukan kualitas dari gambar yang kita hasilkan nanti. Kualitas gambar tertinggi adalah Maximum, kemudian Very High, High, Medium, dan Low.

Semakin tinggi kualitas gambar yang kita pilih tentunya ukuran gambar juga semakin besar. Namun meskipun kita memilih opsi Maximum, ukuran gambar akan sedikit menurun dibanding ukuran gambar aslinya.

Dalam hal ini saya sarankan agar memilih kualitas High atau Medium.

Selanjutnya jika kita ingin mengubah dimensi pixel pada gambar, silakan Kamu ubah pada Image Size. Silakan tentukan Weight dan Height gambar yang kita inginkan. Namun jika Kamu tidak ingin mengubah dimensi pixel, artinya kita hanya ingin mengecilkan ukuran atau resolusi gambar saja maka opsi ini silakan abaikan saja.

Jika semua pengaturan di atas sudah Kamu tentukan, silakan klik tombol Save.

Berikut adalah contoh gambar hasil resize di Photoshop menggunakan Save for Web (Legacy):

Kamu perhatikan gambar di atas bahwa semuanya memiliki dimensi yang tetap namun ukuran atau size sudah berubah.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. Wah saya ga pernah perhatiin ukuran gambar gini detailnya gimana pas ngedit gambar. Huehehehe.

    • Ketika edit gambar yang harus diperhatikan diantaranya adalah size gambar tersebut. Size gambar biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dari gambar itu dibuat, misal untuk tampilan WEB beri resolusi 72 sudah cukup, sedangkan untuk kebutuhan cetak harus resolusi maksimal 300.

  2. INi gif Mas Yah, kalau cara gambar biasa jpeg, sama juga caranya?

    • JPEG beda mas, tapi intinya tetap sama. JPEG bisa dilakukan pada menu Image lalu Image Size.

  3. Saya masih bingung bagaimana mengatur ukuran gambar sesuai yang diinginkan, misalnya saya mau membuat ukuran 700 x 350 pixel.

  4. Edy utama putra

    Gan, saya mau tanya, saya kan pke photoshop cs 5, waktu saya potong gambar ato bagi gambarnya jd 2 trus saya cetak, knp ukuran gambarnya berubah ya?
    Gmn kira2 solusinya gan?

    • Kenapa harus dipotong dibagi dua mas? Untuk resize gambar tidak perlu dicrop terlebih dahulu. Silakan lakukan seperti yang sudah diterangkan diatas. Terima kasih …

  5. MOHON FAST REPLYnya min,
    Min saya mau edit pas foto ukurannya 319×437 pixel ukuran filenya skitar 66kb, mau saya ubah ukuran kb nya aja menjadi 100 kb keatas tanpa mengubah ukuran pixelnya. caranya gimana ya? udh capek browsing ga nemu caranya..

    • Halo Mas Yuyu …
      Maaf, apakah sudah coba trik sesuai artikel yang saya bahas diatas belum? Jika belum, silakan coba cara itu! Cara ini yang biasa saya gunakan ketika ingin resize gambar di Photoshop. Terima kasih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.