Cara Mengembalikan Bookmark Google Chrome Yang Lupa Tidak Ekspor Terlebih Dahulu

Cara Mengembalikan Bookmark Google Chrome – Google Chrome adalah web browser yang cukup populer. Kelebihan Google Chrome dibanding web browser lainnya adalah, Google telah menyediakan fitur Single Sign On (SSO). Artinya pengguna hanya cukup memiliki satu akun untuk mengakses seluruh aplikasi dan layanan Google termasuk Chrome. Web browser Google Chrome telah dilengkapi dengan fitur sinkronisasi data apps, extensions, bookmark, dan themes hanya menggunakan satu akun Google saja. Dengan adanya fitur sinkronisasi maka kita bisa menampilkan seluruh bookmark yang sama ketika menggunakan komputer lain.

Baca Juga :  Cara Blokir Opera Mini Dan Agar Blog Redirect Otomatis Ke Google Chrome

Fasilitas bookmark digunakan untuk menyimpan sebuah halaman website. Dengan begitu ketika kita ingin kembali membuka situs tertentu, maka tinggal klik saja pada halaman yang tersimpan di bookmark. Kita tidak perlu lagi mengetik ulang URL situs jika sebelumnya telah menyimpan di bookmark.

Mungkin fitur bookmark ini bisa dikatakan penting. Bagi mereka yang suka berselancar di internet dengan berbagai situs, tentunya untuk memudahkan ketika sewaktu-waktu ingin dibuka lagi maka lebih baik menyimpannya dalam bentuk bookmark.

Jika Anda termasuk yang suka menyimpan situs dalam bentuk bookmark, sangat disarankan untuk rajin melakukan backup. Karena hal ini diperlukan jika suatu saat seluruh bookmark penting Anda terhapus. Anda cukup melakukan restore untuk mengembalikan seluruh bookmark.

Cara Backup (Ekspor) Seluruh Bookmark Google Chrome

Tidak sulit untuk melakukan backup seluruh bookmark Google Chrome. Anda tinggal menuju ke URL chrome://bookmarks/ di Google Chrome. Kemudian klik Organize (titik tiga menurun) disamping kanan atas. Selanjutnya pilih Export Bookmarks dan tentukan lokasi penyimpanan file Bookmark di komputer.

Sekarang Anda sudah memiliki file Bookmark HTML yang kedepannya diperlukan untuk mengembalikan bookmark yang terhapus. Lakukan backup bookmark Google Chrome secara berkala atau setidaknya setelah Anda menyimpan situs baru di halaman bookmark.

Cara Restore (Impor) Seluruh Bookmark Google Chrome

Untuk melakukan restore seluruh bookmark Google Chrome caranya tidak jauh berbeda dengan cara backup diatas. Silakan di web browser Google Chrome langsung menuju URL chrome://bookmarks/. Kemudian pada Organize Anda klik pilih Import Bookmarks. Cari lokasi file HTML Bookmark atau file Ekspor tadi dan selesai.

Cara Mengembalikan Seluruh Bookmark Google Chrome Dengan Fitur Sinkronisasi

Seperti yang sudah jelaskan diatas bahwa Google Chrome sudah dilengkapi dengan fitur Sinkron. Anda tidak perlu lagi melakukan backup atau ekspor bookmark seperti diatas. Anda cukup menggunakan fitur Sinkronisasi Google Chrome untuk mengembalikan seluruh bookmark yang tersimpan.

Fitur Sinkronisasi ini hanya bisa Anda lakukan jika sebelumnya Anda telah menyinkronkan seluruh bookmark Google Chrome. Untuk menyinkronkan bookmark yang tersimpan ini Anda cukup menggunakan akun Google. Caranya Anda bisa klik pilih Syincing to pada Google Chrome.

Kemudian klik pilih tombol Turn on sync dan login menggunakan akun Google. Otomatis seluruh Bookmark Google Chrome akan tersimpan otomatis pada akun Google Anda.

Selanjutnya jika beberapa waktu kemudian seluruh bookmark Anda terhapus, misal OS Komputer atau Google Chrome install ulang maka Anda cukup mengaktifkan kembali fitur Sinkronisasi ini dan seluruh bookmark akan kembali tampil.

Bahkan fitur Sinkronisasi ini bisa Anda lakukan juga di komputer lain. Misal Anda menyimpan bookmark di Google Chrome komputer di rumah, maka Anda juga bisa menampilkan seluruh bookmark di komputer kantor. Untuk menampilkannya Anda cukup dengan mengaktifkan fitur Sinkronisasi di komputer kantor.

Komputer untuk menampilkan seluruh bookmark sinkronisasi ini tidak terbatas jumlahnya tidak terbatas.

Cara Mengembalikan Seluruh Bookmark Google Chrome Yang Lupa Backup Dan Lupa Sinkronisasi

Lalu bagaimana cara mengembalikasi seluruh bookmark sedangkan Anda tidak memiliki file backup dan tidak pernah melakukan sinkronisasi juga? Apakah halaman bookmark ini masih bisa dikembalikan? Tentu saja jawabannya masih bisa. Cara ini sudah saya praktikkan sendiri dan hasilnya sukses.

Untuk mengembalikan seluruh bookmark tersimpan yang lupa ekspor dan sinkronisasi caranya adalah sebagai berikut :

1. Tampilkan Hidden Files Komputer

Sebelum melakukan cara ini, silakan Anda close terlebih dahulu web browser Google Chrome. Kemudian aktifkan pengaturan untuk menampilkan file-file tersembunyi di komputer Anda. Caranya dari Windows Explorer silakan klik Organize kemudian klik Folder and search options.

Dari tab View pada opsi Hidden files and folders silakan Anda klik pilih Show hidden files, folders, and drives lalu klik Ok.

2. Ubah Bookmarks File Google Chrome

Selanjutnya silakan masuk ke C:\Users\[Nama_User]\AppData\Local\Google\Chrome\User Data. Dari User Data biasanya jika Google Chrome Anda sebelumnya tidak pernah melakukan Sinkronisasi, silakan pilih folder Default. Namun jika pernah disinkronkan, silakan pilih Profil yang hendak Anda kembalikan halaman Bookmarknya. Karena bisa saja jika Google Chrome pernah disinkronkan beberapa user, pada folder User Data akan terbuat beberapa profil.

Selanjutnya setelah memilih folder Default atau Profil, Anda cari file Bookmarks dan Bookmarks.bak. Anda ubah file Bookmarks dengan menambahkan .old atau menjadi Bookmarks.old. Kemudian pada file Bookmarks.bak Anda habus .bak menjadi Bookmarks saja.

Dengan mengubah nama file Bookmarks seperti yang sudah dijelaskan diatas maka halaman Bookmarks Google Chrome akan kembali pulih. Setiap aktivitas terakhir di Google Chrome akan tersimpan secara otomatis pada file Bookmarks. Dan untuk aktivitas lebih lama akan tersimpan otomatis di BAK File.

Baca Juga : 4 Cara Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah Bisa Dikerjakan Sendiri

Ok mungkin artikel Cara Mengembalikan Bookmark Google Chrome dicukupkan sekian saja. Jika Anda menemukan kesulitan, bisa disampaikan di kotak komentar. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Thanks infonya min, sangat bermanfaat. Tapi kaya nya kalau komputer telah di cleaner dengan aplikasi misalnya ccleaner tidak akan bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.