Panduan Langkah Demi Langkah Cara Menggunakan VPN di Windows 10

Cara Menggunakan VPN di Windows 10

Info Menarik – Kenyamanan dari sebagian besar aplikasi layanan VPN adalah sudah kompatibel dengan Windows 10. Untuk mengubah pengaturan koneksi menjadi sangat mudah hanya dengan mengklik tombol hijau besar. Namun, jika komputer Kamu tidak dapat menginstal aplikasi apapun, tapi Kamu ingin menggunakan VPN tanpa klien, Kamu dapat mengkonfigurasi VPN secara manual. Ini sangat penting Kamu ketahui jika saat ini membutuhkan layanan VPN.

Cara Menyambungkan VPN Secara Manual di Windows 10

Hal pertama yang Kamu butuhkan adalah memilih layanan VPN. Setelah Kamu berlangganan layanan VPN, Kamu harus memiliki akses ke daftar server yang dapat Kamu sambungkan. Ini akan berbeda tergantung pada layanan yang Kamu gunakan. Namun yang pasti Kamu harus memiliki akses ke halaman web atau bagian aplikasi yang mencantumkan lokasi server, alamat untuk membuat koneksi manual, dan beban server.

Baca Juga : 3 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Error Windows Stop Code di Windows 7, 8, dan 10

Kamu juga harus memiliki kredensial untuk masuk seperti nama pengguna dan kata sandi atau sertifikat, tergantung pada jenis layanan. Hal lainnya yang harus Kamu  lakukan adalah memutuskan protokol VPN mana yang ingin Kamu gunakan. Protokol VPN adalah pengaturan untuk membuat terowongan terenkripsi. Saat ini terdapat empat protokol utama yang didukung oleh perusahaan VPN yaitu IKEv2/ IPSec/ L2TP/ IPSec, OpenVPN, dan PPTP. Setelah mendapatkan informasi yang diperlukan, Kamu dapat memulai langkah pertama yaitu dengan membuka pengaturan.

  1. Buka pengaturan dengan cara klik kanan pada tombol Start dan pilih Pengaturan.
  2. Klik pada Jaringan & Internet dan pilih VPN.
  3. Pilih Tambahkan koneksi VPN.
  4. Pada baris Penyedia VPN, pilih Windows (built-in).
  5. Pada bidang Nama koneksi ketikkan nama untuk koneksi VPN tersebut. Bisa diisi dengan layanan VPN yang Kamu gunakan.
  6. Pada bidang Nama atau alamat server isikan alamat server yang telah Kamu dapat sebelumnya pada aplikasi VPN.
  7. Pada Jenis VPN pilih protokol koneksi tersebut.
  8. Kemudian pada bidang Jenis info masuk pilih metode masuk berupa nama pengguna dan kata sandi.
  9. Klik
  10. Klik koneksi VPN yang baru saja Kamu buat pada tab VPN dan klik Hubungkan.

Cara Memutus dan Menghapus Koneksi VPN di Windows 10

Setelah Kamu selesai menggunakan koneksi VPN dan tidak ingin mengaktifkannya lagi atau jika Kamu hanya ingin menghapus server dari daftar VPN, Kamu dapat melakukan pemutusan atau penghapusan. Terdapat tombol VPN untuk menghidupkan atau mematikannya yang terletak pada pusat tindakan (kotak pada kanan taskbar). Lalu, adapula cara lain untuk menghapus koneksi VPN sepenuhnya dari sistem Kamu. Simak langkah di bawah ini.

  1. Klik kanan pada tombol Start dan pilih Pengaturan.
  2. Klik pada koneksi VPN yang ingin Kamu putuskan atau hapus.
  3. Klik Putuskan untuk memutuskan koneksi.
  4. Klik Hapus untuk menghapus koneksi VPN.

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Tidak semua protokol koneksi VPN dapat berjalan tanpa aplikasi layanan. Jadi, apabila Kamu tidak menyukai kerumitan dan menginginkan kemudahan, lupakan semua langkah yang dijelaskan di atas dan cukup instal aplikasi dari layanan VPN Kamu. Hanya membutuhkan beberapa detik, perpindahan protokol dan server menjadi jauh lebih mudah daripada konfigurasi manual. Selain itu, aplikasi VPN memungkinkan Kamu mengakses banyak fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan VPN Kamu hanya dengan beberapa klik.

Cara Menggunakan Aplikasi VPN di Windows 10

Untuk memperoleh kemudahan dalam menyambungkan koneksi VPN dan memanfaatkan banyak fitur, sebaiknya gunakan aplikasi layanan VPN. Dibawah ini adalah cara mengunduh perangkat lunak layanan VPN, instalasi, dan menyambungkan jaringan VPN.

  1. Buka peramban Kamu dan kunjungi situs web resmi penyedia layanan VPN pilihan Kamu.
  2. Unduh perangkat lunak VPN untuk Windows 10. Opsi unduhan biasanya terdapat pada tab unduh dalam situs web.
  3. Buka file unduhan di Windows Kamu dan klik dua kali pada file tersebut untuk memulai proses instalasi.
  4. Instal aplikasi. Perintah dari Windows akan muncul pada layar PC Kamu dan menanyakan apakah Kamu ingin aplikasi melakukan perubahan pada komputer, dan klik Ya untuk memulai penginstalan.
  5. Masuk ke akun Kamu. Saat Kamu membuka aplikasi VPN untuk pertama kalinya, Kamu akan diminta masuk ke akun. Ketik email dan kata sandi Kamu lalu klik masuk untuk memulai layanan.
  6. Hubungan ke Setelah VPN aktif dan berjalan di komputer Kamu, Kamu harus memilih server untuk dihubungkan. Jika Kamu sedang terburu-buru, Kamu dapat mengklik koneksi cepat dan Kamu akan terhubung secara otomatis dengan server terbaik. Namun, apabila Kamu ingin terhubung ke negara tertentu, Kamu harus menggulir ke bawah dan memilih salah satu.

Baca Juga : Cara Mengatasi “We Can’t Sign In To Your Account” Di Windows 10 Tanpa Install Ulang

Baik Kamu menginstal aplikasi VPN atau mengkonfigurasi secara manual pada Windows 10, gunakan koneksi VPN sesering mungkin. Gunakan proteksi ketika Kamu berada di luar untuk mencegah ancaman yang ditimbulkan oleh Wi-Fi gratis atau publik. Ketika di rumah pastikan ISP Kamu tidak dapat memonetisasi data Kamu. Amankan lalu lintas Kamu dari jangkauan orang-orang yang tidak Kamu berikan izin untuk melihat data Kamu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. saya berminat membeli situs ini gan..
    bisa minta kontak nya

  2. Kalau windows 7 bisa gak ya.? apa hanya ada di windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.