Kamis, 11 Agustus 2022

Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Menjadi Transparan di Photoshop

Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Photoshop 01

Info Menarik – Ketika kita ingin menggunakan model tanda tangan bentuk gambar tentu saja background yang terdapat pada tanda tangan tersebut harus kita hilangkan. Terlebih jika tanda tangan kita gabungkan dengan objek lain seperti stempel atau foto. Jika background tanda tangan tidak kita buat transparan maka hasilnya menjadi tidak rapi dan tampak tidak profesional. Penasaran ingin tahu bagaimana cara menghilangkan background yang terdapat di tanda tangan? Saya akan bahas pada artikel ini sampai tuntas …

Baca Juga: Cara Menghapus Background Tanda Tangan di Office Word dan Excel

Agar pemberian tanda tangan bisa kita selesaikan secara cepat maka biasanya tanda tangan asli kita scan kemudian hasilnya kita gunakan. Namun proses ini tidak cukup hanya scan lalu kita tempelkan begitu saja. Setelah tanda tangan kita scan selanjutnya gambar tanda tangan harus kita buat transparan. Artinya kita hanya mengambil tanda tangan saja tidak dengan background-nya.

Untuk menghilangkan background pada tanda tangan kita bisa menggunakan software komputer seperti Adobe Photoshop atau lebih kita kenal dengan sebutan Photoshop. Background yang terdapat pada tanda tangan kita hilangkan kemudian kita simpan dalam format PNG.

Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Menggunakan Photoshop

Sebelum memulai tutorial ini, Kamu harus sudah memiliki gambar tanda tangan yang tersimpan di komputer. Jika belum ada, silakan Kamu buat tanda tangan di kertas putih menggunakan bolpoin warna hitam. Kalau sudah, kemudian scan gambar menggunakan scanner atau Kamu foto menggunakan smartphone.

1. Aktifkan Photoshop

Selanjutnya jika semuanya sudah siap, silakan Kamu buka software Photoshop di komputer. Pada artikel ini saya menggunakan Photoshop CC 2019.

Di Photoshop silakan klik menu File kemudian Open. Untuk membuka file di Photoshop, Kamu bisa juga dengan melakukan klik ganda (double click) di layar kerja Photoshop atau menggunakan keyboard shortcut (Ctrl + O).

Cari gambar tanda tangan yang tadi sudah Kamu scan atau foto menggunakan smartphone.

Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Photoshop 02

Jika format gambar JPG, silakan Kamu ubah dulu Layers Background menjadi Layer. Klik ganda pada Layers Background kemudian klik Ok.

Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Photoshop 03

Kalau Panels Layers belum tampil, silakan klik menu Windows kemudian centang pada Layers.

Untuk menghilangkan background di Photoshop, Kamu bisa menggunakan Magic Wand Tool.

Cara Menghilangkan Background Tanda tangan Photoshop 04

Setelah Magic Wand Tool aktif, Kamu arahkan kursor ke background yang akan kita hilangkan. Kemudian Kamu klik dan background akan terseleksi otomatis.

Selanjutnya Kamu tekan tombol Delete pada keyboard. Seketika background di tanda tangan akan hilang.

Jika terdapat sisa-sisa background yang belum terhapus, silakan Kamu lakukan hal serupa seperti cara sebelumnya. Yaitu klik pada area yang ingin Kamu hapus kemudian tekan Delete di keyboard.

Jika warna tanda tangan yang dihasilkan kurang tajam, di Photoshop kita bisa mengubah warna tersebut secara mudah. Silakan Kamu klik kanan pada Layer kemudian klik pilih Blending Options.

Selanjutnya Kamu centang Color Overlay dan silakan tentukan warna apa yang mau Kamu pilih.

2. Simpan Tanda tangan Format PNG

Jika semua pengaturan sudah sesuai keinginan, silakan Kamu simpan gambar tanda tangan transparan tersebut dalam format PNG. Hal ini agar tanda tangan dapat kita gunakan kapanpun dan dalam program apapun. Format PNG akan membuat gambar menjadi transparan ketika kita gunakan di aplikasi lainnya.

Untuk menyimpan gambar di Photoshop Kamu klik File kemudian Save atau Save As. Selanjutnya pada Save as type silakan pilih PNG (*.PNG;*.PNG). Terakhir klik tombol Save dan otomatis gambar tanda tangan yang sudah kita hilangkan background-nya tersimpan di komputer.

Bagaimana mudah bukan? Sekarang Kamu sudah bisa menghilangkan background di tanda tangan menggunakan Photoshop. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.