Kamis, 1 Desember 2022

Download Contoh Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan ~ Mutasi Masuk

Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan

Info Menarik – Dalam dunia pendidikan kita mengenal istilah mutasi siswa masuk dan mutasi siswa keluar. Untuk mutasi siswa keluar terdapat beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Diantaranya sekolah atau madrasah yang dituju harus membuat surat keterangan penerimaan siswa pindahan. Dan untuk sekolah atau madrasah yang siswa tinggalkan harus membuat surat keterangan pindah sekolah atau madrasah.

Baca Juga: Download Contoh SK Guru Tetap Yayasan Madrasah Format Doc

Mutasi siswa masuk adalah siswa pindahan dari sekolah atau madrasah lain dan bukan siswa baru. Adapun mutasi siswa keluar adalah siswa yang keluar karena pindah sekolah atau madrasah karena alasan tertentu. Siswa keluar tersebut bukan siswa yang tidak bersekolah lagi atau drop out (DO).

Penyebab Siswa Mutasi Keluar atau Pindah Sekolah atau Madrasah

Terdapat beberapa alasan kenapa siswa melakukan mutasi keluar atau pindah sekolah atau madrasah. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Ikut orang tua karena pindah tempat tinggal atau domisili atau pindah tugas;
  2. Siswa ingin pindah ke sekolah yang lebih baik dari sekolah atau madrasah sebelumnya;
  3. Alasan lainnya.

Sebelum siswa melakukan pindah sekolah maka sekolah atau madrasah harus mengetahui apa penyebab siswa ingin pindah sekolah. Karena alasan pindah ini akan tercantum dalam Surat Keterangan Pindah. Agar siswa dapat pindah belajar dengan aman dan resmi, terdapat beberapa prosedur yang harus di lalui. Pindah sekolah itu bukan sekedar pindah saja, namun salah satunya siswa harus memiliki Surat Keterangan Pindah.

Khusus siswa, sebelum pindah sekolah atau madrasah siswa harus tahu dimana nanti Kamu akan melanjutkan sekolah. Kamu harus datang langsung ke sekolah atau madrasah dan bertanya apakah siap menerima siswa pindahan atau tidak. Pernyataan bahwa sekolah baru siap menerima harus terbukti dengan adanya Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan.

Download Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan

Setiap sekolah atau madrasah memiliki kebijakan yang berbeda khususnya lagi dalam hal mutasi siswa. Terkadang sekolah atau madrasah tidak bisa menerima siswa pindahan karena alasan tertentu seperti jumlah siswa sudah penuh atau hal lainnya. Untuk memastikan bahwa sekolah atau madrasah dapat menerima siswa pindahan maka sekolah atau madrasah bersangkutan harus membuat Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan. Selanjutnya surat keterangan tersebut dikirim ke sekolah yang mengeluarkan untuk dibuat Surat Keterangan Pindah.

Kemudian untuk sekolah atau madrasah yang ditinggalkan juga harus menyiapkan sejumlah berkas lain seperti Buku Rapor Siswa, Surat Permohonan Pindah dari Orangtua dan Pernyataan Mutasi Online dari Dapodik untuk Sekolah dan EMIS untuk Madrasah.

Selanjutnya jika siswa bersangkutan sudah benar diterima di sekolah atau madrasah lain maka Operator Sekolah atau Madrasah harus melakukan eksekusi Mutasi Siswa Keluar/Masuk di halaman Dapodik atau EMIS.

Untuk sekolah atau madrasah yang belum mengetahui contoh format Surat Keterangan Penerimaan Siswa Pindahan, bisa download pada tombol di bawah ini:

Download Contoh Surat Penerimaan Siswa

Demikianlah dan semoga artikel ini bisa membantu khusus bagi sekolah atau madrasah yang membutuhkan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.