Selasa, 27 Februari 2024

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan di WordPress: Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan di WordPress 01

Info MenarikWordPress adalah platform blogging yang populer dan serbaguna yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Salah satu elemen standar dalam tampilan artikel WordPress adalah tanggal postingan yang tertera di setiap artikel. Meskipun tanggal postingan ini berguna dalam beberapa konteks, ada situasi di mana Kamu mungkin ingin menghilangkannya untuk mencapai tampilan yang lebih bersih dan abadi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menghilangkan tanggal postingan di WordPress tanpa mengandalkan plugin tambahan dan juga menggunakan plugin.

Manfaat Menghilangkan Tanggal Postingan di WordPress

Menghilangkan tanggal postingan di WordPress dapat memberikan beberapa manfaat yang berharga. Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin Kamu peroleh dengan menghapus tanggal postingan:

1. Konten yang Lebih Abadi

Pertama, dengan menghilangkan tanggal postingan, konten Kamu akan tetap relevan dan berlaku sepanjang waktu. Ini sangat bermanfaat jika Kamu memiliki konten evergreen, seperti panduan, tutorial, atau artikel yang berlaku untuk jangka waktu yang lama. Tanpa tanggal postingan yang terlihat, pengunjung tidak akan memiliki kesan bahwa konten tersebut sudah usang.

2. Desain yang Lebih Bersih

Selanjutnya dengan menghapus tanggal postingan dapat memberikan tampilan yang lebih bersih dan minimalis pada situs Kamu. Dalam beberapa kasus, tanggal postingan yang terlihat dapat mempersempit ruang atau membuat tampilan artikel terlihat padat. Tanpa tanggal, artikel Kamu akan memiliki tampilan yang lebih terorganisir dan fokus pada isi konten.

3. Fokus pada Isi Konten

Kemudian tanggal postingan dapat membagi perhatian pengunjung antara tanggal publikasi dan isi artikel itu sendiri. Dengan menghilangkan tanggal, pengunjung dapat lebih fokus pada konten utama artikel dan mendapatkan informasi yang mereka cari tanpa terganggu oleh aspek temporal seperti tanggal.

4. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Selanjutnya dengan menghapus tanggal postingan dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Pengunjung dapat dengan mudah menavigasi melalui artikel Kamu tanpa terganggu oleh tanggal yang tertera. Pengalaman pengguna yang lebih baik dapat meningkatkan tingkat keterlibatan pengunjung, waktu yang dihabiskan di situs, dan kemungkinan kunjungan ulang.

5. Potensi SEO yang Lebih Baik

Kemudian dalam beberapa kasus, tanggal postingan dapat mempengaruhi peringkat SEO. Jika artikel Kamu memiliki tanggal yang lama, mesin pencari mungkin menganggapnya kurang relevan atau ketinggalan zaman. Dengan menghilangkan tanggal postingan, Kamu dapat membantu artikel tetap relevan dan berkinerja baik di mesin pencari.

Namun, perlu Kamu ingat bahwa manfaat dari menghilangkan tanggal postingan dapat bervariasi tergantung pada jenis konten yang Kamu publikasikan dan tujuan situs Kamu. Pertimbangkan dengan cermat preferensi pribadi, karakteristik konten, dan pengalaman pengguna yang ingin Kamu ciptakan sebelum memutuskan apakah menghapus tanggal postingan adalah pilihan yang tepat untuk situs WordPress Kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Link Sumber Ketika Copy Artikel di WordPress Tanpa Plugin

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan di WordPress

Sebelum melakukan perubahan pada situs WordPress Kamu, pastikan untuk membuat backup lengkap terlebih dahulu. Dengan cara ini, jika terjadi kesalahan atau masalah selama proses pengeditan, Kamu dapat dengan mudah mengembalikan situs ke versi sebelumnya.

Baca Juga: Cara Backup Semua Konten WordPress Lengkap dan Cocok Untuk Pemula

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kamu pilih untuk menghilangkan tanggal postingan khusus untuk situs WordPress:

1. Menghilangkan Tanggal Postingan dari Dashboard WordPress

Cara pertama ini sangatlah mudah, yaitu menghilangkan tanggal posting artikel dari halaman dashboard WordPress. Kamu cukup masuk ke menu Settings (Pengaturan) kemudian sub-menu General (Umum). Kemudian Kamu cari opsi Date Format (Format Tanggal), lalu pilih opsi Custom (Sesuaikan) dan hapus isinya yang terdapat pada kolom yang tersedia.

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan di WordPress 02

Terakhir jika semua sudah Kamu lakukan dengan benar, silakan simpan perubahan untuk melihat hasilnya!

2. Dengan Mengedit File Functions PHP

Kemudian pilihan lain Kamu bisa dengan mengedit pada file functions.php. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dashboard WordPress dan arahkan ke menu Penampilan di sisi kiri.
  • Klik Editor untuk membuka editor tema WordPress.
  • Di sebelah kanan, Kamu akan melihat daftar file tema. Cari dan pilih functions.php dari daftar tersebut.
  • Tambahkan kode berikut di bagian bawah file functions.php:
function remove_date_from_posts() {
remove_action('genesis_before_post_content', 'genesis_post_info');
}
add_action('init', 'remove_date_from_posts');
  • Klik tombol Update File untuk menyimpan perubahan yang Kamu buat.

3. Dengan Mengedit File Style CSS

Selanjutnya Kamu juga bisa melakukannya dengan mengedit file pada style.css. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pada editor tema WordPress, pilih file style.css dari daftar file tema.
  • Di bagian bawah file, tambahkan kode berikut untuk menyembunyikan tampilan tanggal:
.entry-date {
display: none;
}
  • Klik tombol Update File untuk menyimpan perubahan.
Untuk Kamu ingat bahwa setiap pengaturan untuk menampilkan tanggal di WordPress itu tergantung tema yang Kamu gunakan. Silakan pelajari dan temukan pengaturan tanggal pada tema yang Kamu gunakan.

Untuk mengetahuinya silakan klik kanan pada tanggal postingan lalu klik pilih Inspect (Chrome).

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan di WordPress 03

Nanti Kamu akan mengetahui kode untuk menampilkan tanggal yang digunakan pada tema Kamu. Contoh yang saya gunakan adalah: span.tie-date.

4. Dengan Mengedit File Single PHP

Jika Kamu lebih suka mengedit tema WordPress Kamu secara manual dari file single.php, Kamu bisa melakukannya. Silakan Kamu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke dashboard WordPress dan arahkan ke menu Tampilan di sisi kiri.
  • Klik Editor untuk membuka editor tema WordPress.
  • Pilih file single.php dari daftar file tema yang muncul di editor.
  • Cari baris kode yang berisi fungsi untuk menampilkan tanggal postingan, biasanya ditandai dengan kode seperti <?php the_date(); ?> atau <?php the_time(); ?>.
  • Hapus atau nonaktifkan baris kode tersebut dengan menambahkan komentar di depannya (//).
  • Klik tombol Update File untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

5. Menggunakan Plugin

Kemudian jika lebih suka dengan menggunakan plugin, silakan gunakan plugin WP Meta and Date Remover. Silakan masuk ke dashboard WordPress Kamu dan arahkan ke menu Plugin di sisi kiri. Klik Tambah Baru dan cari plugin bernama WP Meta and  Date Remover. Setelah menemukannya, klik Pasang Sekarang dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Selanjutnya silakan Kamu aktifkan plugin tersebut dan lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Nanti tanggal postingan akan secara otomatis dihapus dari semua artikel di situs WordPress Kamu.

Setelah menghilangkan tanggal postingan di WordPress, Kamu dapat mengambil beberapa langkah tambahan untuk memastikan bahwa tanggal tidak tampil di hasil pencarian Google. Silakan Kamu perbarui Peta Situs (XML Sitemap) dan Submit ulang artikel ke Google Search Console.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Meskipun Jarang Memperbarui Artikel

Kesimpulan

Menghilangkan tanggal postingan di WordPress dapat meningkatkan pengalaman pengguna, menjaga konten tetap relevan, dan memiliki manfaat SEO. Kamu dapat menghapus tanggal postingan dengan mudah menggunakan plugin tambahan atau mengedit file tema secara manual. Namun, penting untuk melakukan backup terlebih dahulu dan mempertimbangkan jenis konten yang Kamu publikasikan sebelum menghilangkan tanggal postingan. Semoga panduan ini membantu Kamu meningkatkan situs WordPress Kamu dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. Mas, kalau saya sudah menerapkan cara Menyembunyikan Tanggal dan Jam Postingan Dari Pengaturan Dashboard, terus kalau saya jg menrapakan cara dengan cara Menghapus Tanggal Posting di WordPress Dengan Menggunakan Script bisa ndak mas?

    • Bisa! Tapi sebaiknya pilih salah satu cara saja. Jika lebih mudah menggunakan cara manual dari Dashboard, itu saja sudah cukup.

  2. Mas admin, jika kita menyembunyikan tanggal postingan melalui dashboard akan menyebabkan error “hilang update” di Webmaster apa tidak ya mas ? Kalau iya lalu bagaimana cara mengatasinya ya mas ? Thanks

  3. maaf gan, tapi saya udah coba dan ga bisa di kosongin gan Date Format sama Time Formatnya. Apakah sudah di update ya sama wordpressnya?

  4. Lapor gan, itu plugin nya udh ga bisa di download

    • Terima kasih gan sudah mengingatkan! Sudah saya edit dengan Plugin WP Date Remover

  5. Mantap gan, sudah dipraktek kan langsung, terima kasih

  6. hendro utomo

    makasih infonya ya tentang plugin menghapus tgl posting
    sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.