Selasa, 27 Februari 2024

Cara Mudah Mengetahui IP Address Komputer Windows Tanpa Software

Cara Mengetahui IP Address Komputer 00

Info Menarik – Apakah dalam pikiran Kamu saat ini terlintas sebuah pertanyaan bahwa bagaimana cara mengetahui IP Address komputer? Berbagai kebutuhan yang terkadang memerlukan IP Address untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Pada artikel ini saya akan membahasnya sampai tuntas. Jadi silakan Kamu simak saja artikelnya sampai selesai.

Baca Juga: Cara Mengetahui IP Address Komputer atau Laptop di Windows 10

Apa itu IP Address?

IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Address yang merupakan angka unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Penggunannya ada untuk mengidentifikasi lokasi dan alamat perangkat tersebut di jaringan, sehingga memungkinkan pengiriman dan penerimaan data di antara perangkat-perangkat tersebut.

Perlu kita ketahui bahwa IP Address terdiri dari serangkaian angka yang terpisahkan oleh titik (.) dan terdiri dari empat bagian angka, masing-masing memiliki nilai antara 0 dan 255. Contoh IP Address yang umum kita gunakan adalah 192.168.1.1 atau 172.16.254.1. IP Address juga dapat kita bedakan menjadi dua jenis, yaitu IP Address statis dan dinamis, yang mana IP Address statis tetap sama setiap kali perangkat terhubung ke jaringan, sedangkan IP Address dinamis dapat berubah setiap kali perangkat terhubung ke jaringan.

Fungsi IP Address

IP Address memiliki beberapa fungsi penting dalam jaringan komputer, di antaranya:

  1. Identifikasi alamat perangkat: IP Address kita gunakan untuk mengidentifikasi alamat perangkat di jaringan internet. Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki alamat IP yang unik.
  2. Mengirim dan menerima data: IP Address memungkinkan perangkat untuk mengirim dan menerima data di jaringan internet. IP Address menjadi alamat tujuan dan sumber data yang dikirim melalui jaringan.
  3. Routing data: IP Address digunakan untuk merutekan data dari satu perangkat ke perangkat lain di jaringan internet. Ketika data dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain, data tersebut melewati beberapa perangkat jaringan, dan IP Address digunakan untuk menentukan jalur mana yang harus diambil oleh data.
  4. Membuat jaringan: IP Address memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung dan membentuk jaringan. Dengan menggunakan IP Address, perangkat-perangkat tersebut dapat berkomunikasi dan bertukar data.
  5. Keamanan: IP Address juga digunakan dalam keamanan jaringan, seperti untuk mengidentifikasi pengguna dan membatasi akses ke jaringan.

Dengan demikian, IP Address merupakan komponen penting dalam jaringan internet yang memungkinkan perangkat untuk terhubung, berkomunikasi, dan bertukar data.

Jenis-jenis IP Address

Berikut adalah beberapa jenis-jenis IP Address:

  1. IP Address Publik: IP Address publik adalah alamat IP yang diberikan kepada perangkat untuk terhubung ke internet. Alamat IP publik ini dapat kita akses oleh perangkat lain di internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet harus memiliki alamat IP publik yang unik.
  2. IP Address Privat: IP Address privat adalah alamat IP yang kita gunakan dalam jaringan lokal. Alamat IP ini tidak dapat kita akses oleh perangkat di internet dan hanya dapat kita gunakan di jaringan lokal saja. Alamat IP privat kita gunakan untuk mengidentifikasi perangkat di dalam jaringan lokal.
  3. IP Address Statis: IP Address statis adalah alamat IP yang tetap dan tidak berubah saat perangkat terhubung ke jaringan. Alamat IP statis umumnya kita gunakan untuk server dan perangkat lain yang membutuhkan alamat IP yang konsisten.
  4. IP Address Dinamis: IP Address dinamis adalah alamat IP yang berubah setiap kali perangkat terhubung ke jaringan. Alamat IP dinamis biasanya kita gunakan pada perangkat-perangkat yang tidak membutuhkan alamat IP yang konsisten, seperti komputer pribadi atau perangkat seluler.
  5. IPv4: IPv4 adalah versi pertama dari protokol Internet Protocol. IPv4 menggunakan 32-bit angka untuk menentukan alamat IP, yang dapat menghasilkan sekitar 4,3 miliar kombinasi IP Address yang berbeda.
  6. IPv6: IPv6 adalah versi terbaru dari protokol Internet Protocol. IPv6 menggunakan 128-bit angka untuk menentukan alamat IP, yang memungkinkan untuk lebih dari 340 undecillion kombinasi IP Address yang berbeda. IPv6 diperkenalkan untuk mengatasi kekurangan alamat IP yang dimiliki oleh IPv4.

Cara Untuk Mengetahui IP Address Komputer

1. Aktifkan Run Windows

Untuk mengetahui nomor unik IP Address komputer yang kita miliki caranya sangat mudah. Pertama kita klik Start kemudian klik Run. Langkah cepatnya untuk masuk ke aplikasi Run Windows silakan tekan Windows + R secara bersamaan pada keyboard.

Cara Mengetahui IP Address Komputer 01

2. Masuk ke Command Prompt Windows

Setelah aplikasi Run tampil, kemudian pada kolom Run kita ketik cmd lalu klik OK. Kita sekarang akan mengaktifkan Command Prompt Windows.

Cara Mengetahui IP Address Komputer 02

3. Ketik IP Config

Tunggu beberapa saat … Kemudian kita ketik ipconfig pada halaman Command Prompt dan tekan Enter pada keyboard. Nah dengan begitu, sekarang kita mengetahui berapa IP Addrress komputer yang kita miliki. Contoh IP Address pada screenshot di bawah adalah 172.21.116.84.

Perlu kita perhatikan juga, biasanya jika komputer setelah kita restart maka IP Address akan berubah. Karena IP Address default komputer adalah termasuk IP Address Dynamic. Namun Kamu bisa mengubahnya menjadi IP Address Static, artinya walaupun komputer kita matikan maka IP Address tidak akan berubah. Langkah ini sangat penting sekali untuk menghubungkan komputer Server dan Client di sebuah warnet.

Baca Juga: Cara Mengubah IP Address Dynamic Menjadi Static di Windows 7 dan 10

Selamat mencoba dan semoga artikel ini ada manfaatnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. terima kasih infonya mas, kunjungan balik ya

  2. dulu sering make ini waktu masih kuliah Mas. Huehehehe

  3. artikel anda mengenai cara mudah mengetahui ip address komputer sangat bermanfaat dan informatif.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di publication[dot]gunadarma[dot]ac[dot]id

  4. sukses..
    berusaha untuk jadi yang lebih baik dari yang pernah dialami ..jadikan sebagai pembelajaran..

  5. Terimakasih atas ilmu yang telah dibagikan. Saya akan mencoba cara ini dan jika berhasil saya akan bersharing dengan teman saya

  6. Terimakasih atas bantuanya saya menemukan tentang tata cara mengetahui ip adress

    Dan kini saya ingin mencari disini tentang cara merubah ip statis menjadi dynamic…

  7. Kampus Terbaik di Medan

    thanks ilmunya bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.