Rabu, 25 Januari 2023

Cara Praktis Membagikan Artikel WordPress ke Media Sosial Secara Otomatis

Cara Otomatis Membagikan Artikel ke Media Sosial 01

Info Menarik – Sebagai pengembang website, kita harus tahu cara membagikan artikel ke media sosial secara otomatis. Kenapa harus otomatis? Karena saat ini banyak sekali media sosial populer sebagai jalan untuk mempromosikan website kita. Dengan cara otomatis tentu saja dapat menghemat waktu tanpa harus posting sana-sini secara manual.

Baca Juga: Cara Membuat Tombol Share Artikel ke Sosial Media di WordPress Tanpa Plugin

Kepopuleran media sosial saat ini memang tidak bisa kita pungkiri lagi. Hal ini terbukti dengan pengguna media sosial yang saat ini hampir setiap orang akan memiliki akun media sosial. Sebagai pengembang website, hal tersebut dapat kita manfaatkan sebagai jalan sumbernya trafik.

Sebagai contoh pengguna akun media sosial Facebook dan Twitter. Saat ini sudah banyak sekali pengguna akun tersebut di seluruh dunia. Setiap harinya akan banyak orang yang menghabiskan waktu pada kedua media sosial ini. Tentu saja hal tersebut dapat kita jadikan sebuah peluang untuk mendatangkan trafik ke website kita. Karena semakin banyaknya interaksi yang aktif maka akan berpotensi bertambahnya jumlah page view website.

Untuk meningkatkan page view website dari media soal, mungkin kita akan membagikan link artikel secara manual. Setiap kali kita selesai membuat artikel selanjutnya kita bagikan link artikel ke media sosial. Sebetulnya tidak ada yang salah. Namun dengan membagikan artikel secara manual tentu saja dapat menyita waktu terlebih jika jumlah media sosialnya banyak.

Nah, untuk lebih menghemat waktu maka sebaiknya kita bagikan artikel ke media sosial secara otomatis. Artinya begitu kita selesai dan menerbitkan artikel di website maka secara otomatis artikel akan update juga di media sosial.

Bagaimana tertarik? Silakan simak artikel ini sampai selesai!

Cara Otomatis Membagikan Artikel Website ke Media Sosial

Untuk membagikan artikel website atau blog ke media sosial secara otomatis, kita dapat memanfaatkan tool pihak ketiga. Tool yang saya maksud adalah Dlvr.it.

Dengan tool Dlvr.it kita dapat membagikan postingan blog atau website ke media sosial secara otomatis. Dlvr.it telah mengklaim dirinya bahwa tool otomatis ini nomor satu di dunia. Pasalnya saat ini sudah banyak blog-blog besar menggunakan tool tersebut.

Tidak hanya dapat posting artikel ke Facebook dan Twitter saja, tool Dlvr.it bisa posting artikel ke platform lainnya. Saat ini tool Dlvr.it juga dapat posting otomatis ke Instagram Business, LinkedIn, Google My Business, Pinterest, Reddit, WordPress, Tumblr, Blogger, Discord, Feed, Slack, dan Stock Twits.

Cara Posting Otomatis ke Media Sosial di Dlvr.it

1. Sign Up di Dlvr.it

Sebagai langkah tentunya Kamu harus membuat akun dulu pada situs Dlvr.it. Pada situs Dlvr.it Kamu bisa daftar menggunakan akun Twitter, Facebook, dan Google.

Cara Otomatis Membagikan Artikel ke Media Sosial 02

2. Tambahkan Feed Website di Dlvr.it

Setelah sukses mendaftar, langkah selanjutnya adalah menghubungkan website dengan Dlvr.it. Karena tujuan utama membuat akun di Dlvr.it adalah agar setiap kita selesai posting di website maka otomatis terbit juga di Dlvr.it.

Dalam hal ini kita perlu menambahkan Feed website atau blog kita pada situs Dlvr.it dengan cara klik tombol Add New Feed.

Cara Otomatis Membagikan Artikel ke Media Sosial 03

Umumnya alamat atau URL feed adalah https://domain-web/feed/. Silakan Kamu ketahui dulu alamat feed website atau blog Kamu. Kemudian Kamu masukkan pada kolom yang tersedia di situs Dlvr.it. Selanjutnya setelah menambahkan feed, klik tombol Connect.

Cara Otomatis Membagikan Artikel ke Media Sosial 04

3. Pengaturan Posting

Selesai menambahkan feed, kemudian Kamu harus melakukan pengaturan pada halaman Post Settings. Silakan Kamu klik pilih tombol Post Settings.

Kamu dapat melakukan pengaturan pada Feed Name, When should we post new items, dan When should we make your first post.

Silakan lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan jika sudah selesai klik tombol Connect Socials.

4. Menghubungkan ke Media Sosial

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Dlvr.it ke media sosial. Untuk versi gratisnya kita hanya bisa menghubungkan dua media sosial saja. Artinya menggunakan seluruh platform di Dlvr.it, maka akun kita harus upgrade dulu ke versi berbayar (pro).

Silakan Kamu pilih media sosial mana saja yang akan Kamu hubungkan dengan Dlvr.it. Ingat, untuk langkah ini sebelumnya Kamu harus sudah memiliki masing-masing akun media sosial.

Selesai menghubungkan Dlvr.it ke media sosial, selanjutnya silakan klik tombol Start Posting.

Sampai langkah ini kita telah selesai menghubungkan website atau blog ke situs Dlvr.it. Mulai sekarang ketika kita selesai posting baru di website maka otomatis Dlvr.it akan menerbitkan artikel ke media sosial yang telah kita settings sebelumnya.

Dlvr.it Versi Berbayar atau Pro

Tool Dlvr.it memang gratis dan siapapun dapat menggunakan aplikasi ini. Namun yang namanya gratis tentu memiliki beberapa batasan fitur. Contohnya kita hanya dapat menambahkan 2 akun media sosial.

Untuk penggunaan tool Dlvr.it versi berbayar kita dapat mengeluarkan biaya sebesar $10.19 dan $14.99 per-bulan. $10.19 adalah untuk penggunaan 10 media sosial dan $14.99 adalah untuk akun Unlimited Posting.

Baca Juga: Cara Membuat Tombol Media Sosial di WordPress Tanpa Menggunakan Plugin

Ok mungkin artikel ini saya cukupkan sekian saja dan sampai bertemu lagi pada kesempatan lain.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

23 comments

  1. tips yang bagus mas jadi bisa menghemat waktu karena bisa lebih cepat publishnya

  2. perlu dicoba nih mas,jadi kita nggak perlu susah2 share ko sosmed secara manualk bila sudah menerapkan trik ini ya

  3. Saya masih pakai layanan deliv.rt kalau gak salah. Itu layanan itu bagus juga.

  4. Boleh juga nih mas, buat nambah traffic unik ya

  5. wah info yang menarik,kataknya perlu dicoba nih,terimakasih info dan tipsnya :)

  6. sementara masih pakai rss graffiti facebook tapi kapan kapan perlu juga untuk dicoba

  7. nah ini yg aku cari2.. jadi lebih praktis dan hemat waktu ya mas..

  8. Noriza Rahman

    Menarik juga ni..saya pun dah cuba buat

  9. Dulu sy juga pakai tapi sekarang lebih suka pakai IFTTT karena bisa share ke lebih banyak situs

  10. Terimaksih mas, Infonya memang menarik cocok seperti nama domainya :) Selama ini masih seneng pakai feedburner utk publish otomatis ke sosmed, mau coba ah pakai TwitterFeed. sekali lagi terimakasih infonya ;)

  11. makasih infonya sangat membantu…setidak nya sy bisa mengembangkan dunia web saya agar lebih disenangi …

  12. makasih infonya sangat membantu…setidak nya sy bisa mengembangkan dunia web saya agar lebih disenangi …

  13. makasih infonya sangat membantu…setidak nya sy bisa mengembangkan dunia web saya agar lebih disenangi …

  14. makasih infonya sangat membantu…setidak nya sy bisa mengembangkan dunia web saya agar lebih disenangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.