Minggu, 3 Desember 2023

Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar Pada Blog WordPress

Cara Membatasi Jumlah Komentar WordPress

Info Menarik – Salah satu cara untuk mencegah spam komentar di WordPress adalah dengan membatasi jumlah karakter. Artinya setiap pengunjung berkomentar di blog WordPress maka hanya bisa menulis sesuai jumlah karakter yang telah kita tentukan. Untuk melakukan ini caranya cukup mudah saja. Silakan Kamu simak artikel ini sampai selesai. Karena pada arikel ini saya akan memberikan cara membatasi jumlah karakter komentar pada blog WordPress.

Baca Juga: Cara Mengubah Link Komentar Nofollow Menjadi Dofollow di WordPress

Jumlah karakter maksimal komentar pada WordPress dapat bervariasi tergantung pada pengaturan yang kita lakukan. Namun, secara default, WordPress memiliki batasan 4.096 karakter untuk setiap komentar yang kita tulis di situs.

Namun, ini dapat kita ubah oleh pemilik situs melalui pengaturan pada WordPress atau melalui penggunaan plugin pihak ketiga.

Kelebihan dan Kekurangan Membatasi Jumlah Karakter Komentar

Menentukan batasan karakter komentar di situs WordPress memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan karakter komentar kita batasi:

Kelebihan

  1. Mengurangi kemungkinan komentar spam: Situs Kamu akan lebih sulit ditargetkan oleh komentar spam atau komentar yang tidak relevan.
  2. Meningkatkan kualitas komentar: Pengguna akan lebih mempertimbangkan kata-kata mereka dan lebih cenderung untuk menulis komentar yang lebih terfokus dan relevan.
  3. Meningkatkan keterlibatan pengguna: Pengguna akan lebih cenderung untuk mempertimbangkan opini dan pemikiran mereka dan mencari cara untuk menyampaikannya dalam batasan karakter yang diberikan.

Kekurangan

  1. Membatasi pengguna: Beberapa pengguna mungkin merasa bahwa batasan karakter menghalangi mereka untuk menyampaikan ide atau pemikiran mereka secara efektif.
  2. Membatasi diskusi: Dapat menghambat diskusi dan interaksi antara pengguna. Jika pengguna merasa bahwa mereka tidak dapat menyampaikan ide atau pemikiran mereka secara efektif dalam batasan karakter yang dia berikan, mereka mungkin tidak akan berpartisipasi dalam diskusi sama sekali.
  3. Tidak cocok untuk semua jenis situs: Mungkin hal ini tidak cocok untuk semua jenis situs. Misalnya, situs dengan konten yang kompleks atau teknis mungkin memerlukan komentar yang lebih panjang dan terperinci untuk membantu membahas topik yang rumit.

Sebelum memutuskan akan hal tersebut, penting untuk mempertimbangkan tujuan situs Kamu, target audiens, dan jenis konten yang Kamu tampilkan. Jika Kamu memutuskan untuk membatasi jumlah karakter, pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas kepada pengguna mengenai batasan karakter yang Kamu berikan, sehingga mereka dapat menyesuaikan komentar mereka dengan baik.

Baca Juga: Cara Membuat Pagination Komentar di WordPress Secara Manual Tanpa Plugin

Cara Membatasi Jumlah Karakter Komentar Pada Blog WordPress

1. Menggunakan Cara Manual dengan Kode

Untuk membuat batasan jumlah karakter pada komentar khusus di blog WordPress memiliki dua cara, yaitu dengan kode secara manual dan secara otomatis yaitu menggunakan plugin. Langkah pertama yang akan saya bahas yaitu dengan cara manual atau menggunakan kode.

Dalam contoh kali ini, saya akan membatasi jumlah karakter komentar maksimal sebanyak 2000 karekter dan minimal 100 karakter. Artinya jika kita mengetik komentar lebih dari 2000 karakter maka sistem akan menolak. Kemudian jika kita mengetik komentar kurang dari 100 karekter maka sama juga sistem akan menolak.

Berikut kode yang harus kita pasang di blog WordPress:

add_filter( 'preprocess_comment', 'wpb_preprocess_comment' );
function wpb_preprocess_comment($comment) {
if ( strlen( $comment['comment_content'] ) > 2000 ) {
wp_die('Komentar terlalu panjang. Harap ketik komentar di bawah 2000 karakter.');
 }
if ( strlen( $comment['comment_content'] ) < 100 ) {
wp_die('Komentar terlalu pendek. Silakan gunakan setidaknya 100 karakter.');
 }
 return $comment;
}

Tempatkan kode di atas pada editor functions.php WordPress sebelum penutup kode php yang terdapat di editor functions.php atau diatas kode ?>. Untuk menempatkan kode di atas, bisa melalui cPanel atau dashboard wp-admin kita.

2. Menggunakan Plugin WordPress

Selanjutnya jika Kamu tidak ingin ribet dengan pemasangan kode secara manual, bisa mencoba alternatif lain yaitu dengan menggunakan plugin. Kemudian plugin apa untuk memenuhi kebutuhan tersebut?

Ada beberapa plugin WordPress yang dapat kita gunakan untuk membuat batasan karakter komentar pada situs web, di antaranya:

  1. Comment Timeout: Plugin ini memungkinkan Kamu untuk membatasi jumlah komentar pada setiap posting dengan menetapkan batas waktu tertentu. Jika batas waktu telah tercapai, komentar tidak lagi dapat diposting.
  2. Comment Link Remove and Role: Plugin ini memungkinkan Kamu untuk menghapus tautan di dalam komentar dan membuat batasan jumlah tautan yang kita izinkan pada setiap komentar.
  3. WP Comment Limiter: Plugin ini memungkinkan Kamu untuk membuat batasan jumlah komentar pada setiap posting dengan menetapkan batas tertentu. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan Kamu untuk membatasi jumlah kata pada setiap komentar.
  4. Moderation Queue Limits: Plugin ini memungkinkan Kamu untuk membatasi jumlah komentar yang masuk dalam antrian moderasi pada setiap pengguna.

Dalam memilih plugin untuk membatasi jumlah komentar pada situs WordPress Kamu, pastikan untuk memilih plugin yang dapat berintegrasi dengan tema dan plugin WordPress yang sudah ada pada situs Kamu. Selain itu, pastikan juga plugin tersebut kompatibel dengan versi WordPress yang Kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Menghapus Kolom WEB di Kotak Komentar WordPress Tanpa Plugin

Mungkin hanya itu saja penjelasan tentang cara membatasi jumlah komentar di WordPress. Dengan begitu kita tidak akan lagi mendapat komentar yang amat pendek atau komentar yang terlampau panjang karena jumlah karakternya sudah kita batasi.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. klo blog saya lebih suka pake plugin aksimet, spam-spam langsung di masukan tong sampah heee. ini tambahan ya sob supaya lebih kuat dengan komentar minimal 100 karakter, bagus juga nih,.

    • InfoMenarik

      Iya sob, sayapun menggunakan Akismet untuk menghadang SPAM Komentar. Namun sayapun menerapkan sistem pembatasan karakter komentar untuk menghindari yang datang cuma ucapan “say hello” saja :D

  2. spammer juga banyak masuk ke web saya mas, biasanya mereka nyepam pake nama produk atau apalah yang aneh dan tidak menampakkan identitas, berkomentarnya juga ga nyambung banget.dan cara terbaik seprti yang mas bilang yaitu dengan memoderasi.terimakasih :)

    • InfoMenarik

      Iya mas kalau begitu pakai cara sistem Moderasi saja. Kalau saya menggunakan tiga cara sekaligus, Akismet, Moderasi, Pembatasan Karakter … :D

  3. Pake jetpack dari wordpress juga lumayan ngurangin spammer mas, soalnya orang komen harus pake akun wp, twitter, fb, atau g+ dan kayanya banyak spammer males pake akun2 tersebut :)

    • InfoMenarik

      Sampai saat ini saya belum mencoba plugin Jetpack mas. Konon kabarnya sangat lengkap fitur-fitur plugin yang satu ini. Karena dibuat oleh pengembang-pengembang WordPress handal … :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.