Jangan Asal Buat Ketika Membuat Alamat Email! Contoh Alamat Email Yang Benar

Contoh Alamat Email Yang Benar

Contoh Alamat Email Yang Benar – Ketika kita ingin membuat alamat email, disarankan agar tidak asal-asalan. Supaya terlihat lebih profesional, buatlah alamat email yang baik dan benar. Dengan alamat email yang baik, bisa meningkatkan kepercayaan orang lain. Apalagi jika email Kamu digunakan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel Di Email Gmail, Yahoo, dan Hotmail (Outlook) : Email HTML

Apa itu email? Email adalah media elektronik yang digunakan untuk mengirim surat dalam bentuk digital. Dulu ketika kita ingin mengirim surat maka harus pergi ke Kantor Pos. Kita meski menulis secara manual di atas kertas lalu surat dikirim lewat jasa pos. Setelah surat dikirim, kita harus menunggu berhari-berhari sampai surat diterima. Namun dengan email, surat dapat dikirim dalam sekejap mata. Asalkan mempunyai koneksi internet maka surat bisa cepat sampai tanpa terhalang oleh jarak.

Kini fungsi email bukan saja bisa digunakan untuk kirim surat saja, banyak sekali fungsi dari email. Pada dasarnya email itu digunakan untuk kebutuhan aktivitas di internet. Misalnya, membuat akun di media sosial, belanja online di marketplace, membuat situs, dan masih banyak lagi. Dengan email juga kita bisa melampirkan file, seperti melampirkan dokumen, video, gambar, dan software.

3 Layanan Email Gratis Yang Paling Sering Digunakan

Ketika kita memutuskan ingin membuat email, maka kita harus tahu dulu layanan apa saja yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Saat ini hanya 3 layanan email yang paling sering digunakan. Semua layanan email ini gratis dan mudah digunakan.

1. GMail

Layanan email gratis pertama adalah GMail. Layanan ini tercatat paling populer dan terbaik. Layanan GMail dibuat dan dikelola oleh situs raksasa dunia, Google. Mungkin layanan email GMail sudah tidak asing lagi dipendengaran kita. Selain layanan email gratis, Google juga menyediakan alamat email profesional untuk keperluan bisnis. Yang tentunya alamat email profesional ini berbayar, karena bisa menggunakan domain kita sendiri.

Meskipun layanan GMail gratis, untuk fitur-fitur canggihnya sudah tidak diragukan lagi. GMail memiliki fitur Undo Send Forwarding dan fitur-fitur lain untuk kebutuhan media elektronik.

Dari segi keamanan, karena GMail milik Google maka sudah tidak diragukan lagi. GMail termasuk utilitas pencarian kuat dalam sistem filter. GMail menyediakan fitur verifikasi dua langkah yang tentunya untuk menjaga keamanan akun email kita.

2. Yahoo

Layanan email gratis kedua adalah Yahoo. Sebetulnya keberadaan Yahoo ini lebih dulu dibanding GMail. Dulu sempat masuk nominasi pertama untuk kepopulerannya. Namun kini kalah terkenal dengan layanan email GMail.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya Kamu mencoba membuat email di layanan Yahoo. Kecanggihan dan tingkat keamanan akun email Kamu di Yahoo tidak kalah menarik dengan GMail.

Yahoo memiliki fitur penghapusan pesan yang berada di kotak sampah secara otomatis dalam waktu lebih dari 90 hari. Jika Kamu memiliki email penting yang tidak sengaja terhapus, supaya tidak terhapus otomatis oleh Yahoo maka silakan dikembalikan ke kotak masuk.

Ruang penyimpanan data yang disediakan oleh Yahoo adalah 1TB. Menurut saya ini ruang penyimpanan cukup besar. Apalagi jika email Kamu isinya hanya lampiran-lampiran dokumen saja.

3. Hotmail/Outlook

Di peringkat ketiga ada Hotmail atau Outlook. Layanan email gratis ini disediakan oleh raja software dunia, Microsoft. Jika komputer Kamu menggunakan OS Windows, maka tentunya Outlook sudah tidak asing lagi. Outlook akan terinstall otomatis di OS Windows.

Untuk dukungan dan sumber daya email Outlook mungkin tidak diragukan lagi. Pasalnya layanan email gratis dari Outlook didukung penuh oleh raksasa teknologi Microsoft.

Seperti halnya layanan email gratis lainnya, Outlook tersedia fitur-fitur canggih. Jika Kamu tidak sengaja menghapus email di Outlook, maka bisa dikembalikan lagi dengan fitur Undelete. Karena Outlook milik Microsoft, maka sudah terintegrasi otomatis dengan software-software produk Microsoft.

Alamat Email Yang Baik Agar Terlihat Profesional

Sebelum memutuskan untuk membuat alamat email, silakan simak dulu penjelasan berikut. Supaya email terlihat baik dan profesional, maka Kamu harus menghindari hal-hal berikut ini :

1. Buat Alamat Email Sesuai Dengan Nama Kamu

Pertama, sebaiknya email yang Kamu buat menggunakan nama asli Kamu. Sesuaikan alamat email dengan nama lengkap Kamu agar terlihat bagus serta formal. Hal ini juga untuk lebih mengingatkan orang lain ketika ingin mengirim email kepada Kamu.

Jika email Kamu dibuat asal-asalan atau tidak sesuai dengan nama lengkap, maka akan menyulitkan orang lain. Hal ini juga untuk meminimalisir salah kirim email dari orang lain.

Hindari membuat email menggunakan kata tidak penting yang justru akan lebih menyulitkan orang lain. Jika nama Kamu sudah digunakan orang lain, Kamu bisa menambahkan nama yang mewakili bisnis, sekolah, perusahaan, dan sebagainya.

2. Hindari Penggunaan Angka dan Karakter Dalam Membuat Email

Hindari juga penggunaan angka ketika Kamu membuat email. Email yang disertai angka akan terlihat tidak baik dan tidak formal. Menggunakan karakter juga pada alamat email itu terlihat tidak benar.

Meskipun nama Kamu sudah terdaftar dan tidak bisa digunakan untuk pembuatan email, sebisa mungkin hindari penambahan angka dan karakter. Kamu bisa menambahkan sesuatu hal yang bisa mewakili diri Kamu.

Contoh Alamat Email Yang Baik dan Benar Supaya Terlihat Bagus

Setelah tahu apa itu email dan fungsinya lengkap dengan cara membuat alamat email yang benar, sekarang giliran contohnya. Supaya Kamu tidak merasa bingung, seperti apa contoh email yang baik dan benar itu?

Disini saya memberikan dua contoh kategori email yang benar, email untuk keperluan pribadi dan pekerjaan.

1. Contoh Alamat Email Gratis Yang Benar Untuk Pribadi

Biasanya email pribadi digunakan untuk keperluan pribadi seseorang di internet. Meskipun keperluannya untuk kebutuhan pribadi, tidak ada salahnya Kamu memperhatikan aturan pembuatan email yang benar.

Email pribadi umumnya digunakan untuk menerima dan mengirim pesan seperti, dokumen (doc, pdf, excel). Email pribadi juga biasa digunakan untuk kebutuhan komunikasi melalui email. Email pribadi diperlukan ketika kita ingin membuat akun di media sosial, seperti membuat akun Facebook, membuat akun Twitter, akun Instagram, dan sebagainya.

Bahkan untuk keperluan belanja di marketplace, Kamu akan membutuhkan alamat email. Kamu bisa menggunakan alamat email pribadi untuk belanja online seperti di TokoPedia, BukaLapak, Lazada, dan sebagainya.

1. Contoh Email Gratis yang Baik di GMail

2. Contoh Email Gratis yang Baik di Yahoo

3. Contoh Email Gratis yang Baik di Outlook

2. Contoh Alamat Email Yang Baik Untuk Pekerjaan

Untuk kebutuhan pekerjaan atau bisnis saat ini sudah banyak yang menggunakan email. Sama seperti email pribadi, email pekerjaan juga digunakan untuk mengirim file dokumen format digital kepada orang lain. Tentunya kirim file ini yang hubungannya dengan pekerjaan atau profesinya.

Untuk email pekerjaan atau perusahaan biasanya sudah menggunakan domain sendiri. Biasanya sekelas perusahaan akan memiliki website dan tentunya website self hosted akan tersedianya fitur email. Ini bisa Kamu manfaatkan untuk membuat email perusahaan. Contoh email untuk website info menarik adalah, [email protected]

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri Melalui cPanel Hosting

Namun tidak jarang juga sebuah perusahaan masih menggunakan email gratisan. Tidak ada yang salah, namun tetap harus menunjukkan kepada aturan email yang baik dan benar. Hal ini agar email terlihat lebih profesional dan tentunya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

1. Contoh Alamat Email Perusahaan Domain Sendiri

2. Contoh Email Perusahaan Domain Gratis

Sekilas untuk membuat alamat email memang terlihat mudah, dan memang sangat mudah Kamu lakukan. Bahkan sekarang untuk membuat email bisa Kamu lakukan sendiri di smartphone. Yang perlu diperhatikan ketika membuat email adalah hindari membuat email asal jadi yang tidak dipikirkan kedepannya. Asal Kamu tahu, alamat email itu bisa saja mendeskripsikan kepribadian Kamu yang akan dinilai oleh orang lain.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Contoh Alamat Email Yang Benar. Semoga dengan adanya artikel ini Kamu bisa lebih berhati-hati lagi dalam membuat email. Diharapkan artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.