10 Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Telegram Sebagai Alat Komunikasi Saat Ini

Kelebihan dan Kekurangan Telegram

Kelebihan dan Kekurangan Telegram – Mungkin sebagian orang masih awam dengan aplikasi Telegram dibanding WhatsApp dan Messenger. Namun saat ini di Indonesia, Telegram sudah mulai banyak digunakan. Seperti halnya aplikasi chatting lain seperti WhatsApp dan Messenger, Telegram memiliki fitur tidak kalah keren dan menarik. Bahkan digadang-gadang kalau kelebihan Telegram jauh lebih menarik dibanding WhatsApp dan Messenger.

Baca Juga : Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat Untuk Bisnis Online Anda

Aplikasi chatting Telegram dibuat oleh orang Rusia, Pavel Durov. Karena Telegram memiliki sejumlah fitur menarik, tidak heran kalau saat ini banyak pengguna WhatsApp beralih ke Telegram.

Telegram adalah aplikasi chatting yang digunakan untuk mengirim pesan, berbagi foto, berbagi video, berbagi audio, bertukar file, dan sebagainya. Telegram dapat digunakan diberbagai platform seperti di Android, iOS, MacOS, Windows, dan Linux.

Berikut Kelebihan Aplikasi Telegram

Mungkin Kamu penasaran apa saja kelebihan Telegram dibanding dengan aplikasi WhatsApp dan Messenger? Berikut saya sajikan 10 kelebihan Telegram yang bisa menjadi bahan pertimbangan Kamu sebelum menggunakan aplikasi ini.

1. Gratis Selamanya Tanpa Iklan

Umumnya aplikasi kaya fitur bisa dinikmati dengan cara berbayar, namun berbeda dengan Telegram. Aplikasi Telegram bisa kita nikmati secara gratis selamanya. Pihak Telegram menyatakan kalau Telegram akan akan bebas iklan selamanya. Aplikasi Telegram tentunya akan berjalan dengan cepat serta lebih ringan dibanding aplikasi chat berbayar lainnya. Untuk itu pengguna Telegram bisa menghemat penggunaan kuota internet.

Berbeda dengan WhatsApp, meskipun saat ini masih bisa kita nikmati secara gratis kabarnya nanti akan disematkan iklan didalamnya. Meskipun iklan ini akan disematkan di story, tentu saja iklan bisa mengganggu pengguna. Selain itu iklan bisa memberatkan kinerja hp serta kuota sedikit lebih boros.

2. Memiliki Layanan Penyimpanan Cloud

Keunggulan Telegram berikutnya adalah Telegram memiliki layanan penyimpanan Cloud. Dengan sistem Cloud maka semua pesan teks, gambar, video, audio, dokumen yang dikirim ke Telegram akan tersimpan di Cloud Telegram. Hal ini tentunya tidak akan membebani hp karena semua data tidak akan disimpan di media internal atau eksternal hp.

Dengan penyimpanan sistem Cloud pengguna bisa bebas login dan logout beberapa kali dari sejumlah perangkat yang dilakukan secara bersamaan. Pengguna tidak perlu takut kehilangan data yang sudah tersimpan di Telegram.

Kamu bisa mengakses Telegram di warnet, smartphone, cafe, laptop, komputer, dan sebagainya tanpa harus takut kehilangan data. Dengan ukuran file yang disediakan Telegram sebesar 1,5 GB, Kamu bisa dengan bebas kirim file apapun. Dengan begitu Kamu tidak khawatir lagi dengan space memori hp yang kecil.

3. Aplikasi Lebih Fleksibel

Dibanding aplikasi chatting lainnya, Telegram lebih Fleksibel. Kamu bisa membuat fitur-fitur tambahan yang tentunya sudah disediakan pada aplikasi Telegram. Contohnya Kamu ingin membuat polling, maka bisa Kamu lakukan secara mudah. Tentunya fitur ini tidak ditemukan di aplikasi chatting lain seperti WhatsApp dan Messenger.

4. Bisa Mengubah Tulisan Posting

Hebatnya lagi Kamu bisa mengedit pesan di Telegram yang sudah terlanjur dikirim. Tentunya hal ini bisa Kamu jadikan untuk meminimalisir kesalahan kirim pesan. Dengan tekan/tahan sebentar pada pesan kemudian pilih Edit, maka pesan Kamu bisa diubah. Tampilan hasil perubahan tidak hanya akan tampil di layar hp Kamu saja, namun hal ini akan tampil juga di penerima pesan Telegram.

5. Bisa Mengirim File Asli Tanpa Kompres Otomatis

Ketika Kamu mengirim foto di WhatsApp, maka secara otomatis resolusi foto akan turun otomatis. Maka hasil kualitas foto tersebut akan berkurang. Namun beda lagi jika Kamu kirim foto di Telegram, foto yang Kamu kirim merupakan file asli tidak dikompres otomatis. Begitupun jika Kamu mengirim file dokumen akan mengalami hal serupa.

Pengirim bisa mengirim file seperti foto, audio, video dalam versi original sesuai aslinya. Dengan begitu kualitas file akan tetap karena tidak kompres otomatis.

6. Kapasitas Anggota Grup Hingga 200.000 Orang

Fitur grup WhatsApp hanya memiliki kapasitas maksimal hingga 256 orang saja. Berbeda jauh dengan kapasitas grup Telegram, karena Telegram mampu menampung anggota grup hingga 200.000 orang. Meskipun anggota grup sudah mencapai ribuan, namun kinerja aplikasi Telegram tetap cepat tidak membebani kinerja hp.

7. Memiliki Fitur Secret, Bot, dan Enkripsi End-to-End

Masalah keamanan tentunya Telegram-lah juaranya. Di Telegram Kamu bisa menggunakan fitur Secret Chat untuk menentukan percakapan Kamu lebih rahasia/privat. Fitur Secret Chat ini harus dibuat di kedua perangkat dan pesan menjadi tidak bisa diakses di perangkat lain.

Ketika kita login dan logout maka semua percakapan Secret Chat akan hilang secara otomatis. Kemudian kita bisa mengatur hapus otomatis semua pesan di Secret Chat dengan timer yang sudah kita tentukan sebelumnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. nomor 9 penting banget. sayangnya, kawanku gak ada yg make, jd mau pasang ya piye?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.