Selasa, 20 Februari 2024

Cara Mengubah Kolom Email Komentar WordPress Menjadi Optional

Info Menarik – Seperti yang sudah kita tahu bahwa pengaturan bawaan komentar WordPress terdiri dari kolom nama, kolom email, kolom website, dan kolom komentar. Dari masing-masing kolom komentar tersebut ada yang harus wajib kita isi ada juga kolom hanya pilihan (optional) saja. Kolom nama, kolom email, dan kolom komentar adalah kolom yang wajib kita isi. Jika membiarkan kosong pada kolom wajib tersebut, maka komentar akan gagal terkirim. Pertanyaan sekarang, apakah kolom wajib terisi seperti kolom email bisa kita ubah menjadi optional atau pilihan seperti kolom web? Tentu saja jawabannya bisa. Pada artikel ini saya akan membahas cara mengubah kolom email di komentar WordPress menjadi optional.

Baca Juga : Cara Menghapus Kolom WEB di Kotak Komentar WordPress

Fungsi Kolom Komentar WordPress

Kolom komentar dalam WordPress adalah area di bawah postingan atau halaman di situs web WordPress yang memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar atau memberikan umpan balik terkait konten yang pemilik blog publikasikan. Fungsi utama kolom komentar adalah untuk mendorong interaksi dan keterlibatan pengunjung dengan pemilik situs dan pengguna lainnya.

Berikut adalah beberapa fungsi kolom komentar WordPress:

1. Interaksi dengan Pengunjung

Kolom komentar memberikan pengunjung kesempatan untuk berinteraksi dengan pemilik situs dan pengguna lainnya. Pengunjung dapat meninggalkan komentar, pertanyaan, atau tanggapan terhadap konten yang pemilik blog publikasikan.

2. Umpan Balik dan Opini

Kemudian pengunjung dapat menggunakan kolom komentar untuk memberikan umpan balik, pendapat, atau pandangan mereka tentang konten yang mereka baca. Ini memungkinkan pemilik situs untuk memahami perspektif pengunjung dan meningkatkan konten mereka di masa mendatang.

3. Diskusi dan Komunitas

Selanjutnya kolom komentar memungkinkan terbentuknya diskusi dan interaksi antara pengunjung situs. Pengunjung dapat saling bertukar pendapat, memberikan saran, atau berbagi pengalaman terkait topik yang pengunjung baca dalam konten.

4. Keamanan dan Moderasi

Kemudian kolom komentar juga berfungsi sebagai mekanisme untuk mengawasi dan memoderasi komentar yang pengunjung tulis. Dalam WordPress, pemilik situs dapat mengatur pengaturan keamanan dan moderasi komentar, seperti persetujuan manual komentar sebelum tampil atau menggunakan filter spam untuk mencegah komentar yang tidak kita inginkan.

5. Membangun Jaringan dan Keterhubungan

Terakhir melalui kolom komentar, pengunjung dapat berhubungan dengan pemilik situs dan pengguna lainnya. Ini dapat membantu dalam membangun jaringan dan memperluas koneksi di dalam komunitas atau industri tertentu.

Perlu Kaamu ingat bahwa fungsi kolom komentar dapat kita atur oleh pemilik situs melalui pengaturan WordPress dan beberapa tema atau plugin mungkin memiliki opsi tambahan yang memengaruhi cara kolom komentar beroperasi di situs web mereka.

Salah satu cara untuk memodifikasi kolom komentar WordPress adalah mengubah kolom isian email yang semua wajib pengunjung isi menjadi pilihan atau optional saja. Selain itu kita juga bisa menghapus bidang isian tertentu seperti menghapus kolom WEB dan membatasi jumlah karakter komentar.

Cara Mengubah Kolom Email Komentar WordPress Menjadi Optional

Jika Kamu tertarik ingin mencoba mengubah kolom email komentar WordPress yang semula kolom wajib pengunjung isi menjadi kolom optional, maka Kamu hanya membutuhkan kode ini:

/*----------------------------------------------*/
/* Mengubah Kolom Email Wajib Menjadi Optional
/*----------------------------------------------*/
function wpb_alter_comment_form_fields($fields) {
$fields['email'] = '<p class="comment-form-email"><label for="email">' . __( 'Email (Optional)', '' ) . '</label> ' .
 ( $req ? '<span class="required">*</span>' : '' ) .
 '<input id="email" name="email" type="text" value="' . esc_attr( $commenter['comment_author_email'] ) .
 '" size="30"' . $aria_req . ' /></p>';
 return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields', 'wpb_alter_comment_form_fields');

Kode tersebut Kamu sisipkan di dalam file functions.php tema yang kita gunakan. Untuk menyisipkannya kita bisa masuk melalui cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress. Maka hasilnya kotak komentar WordPress kita akan menjadi seperti ini:

Cara Mengubah Kolom Email WordPress Menjadi Optional

Nanti jika kita sudah menerapkan kode di atas, maka ketika ada pengunjung yang berkomentar dan membiarkan kolom email kosong maka komentar akan berhasil terkirim.

Kemudian saya sarankan, agar kolom nama dan kolom komentar kita biarkan saja menjadi kolom yang wajib pengunjung isi. Tidak masuk akal kalau pengunjung tidak mempunyai nama (anonim) atau pengunjung tidak sama sekali mengetik satu hurufpun pada kolom komentar.

Baca Juga: Cara Membuat Alamat Email di GMail, Yahoo, dan Hotmail

Mungkin hanya itu saja tulisan ini. Selamat mencoba dan semoga tulisan ada manfaatnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Sytrick.XtGem.Com

    Wih sip gan tutorialnya… kayanya itu tutorial hanya bisa digunakan untuk pengguna wordpress.org Terima Kasih buat sharenya bermanfaat

  2. Alfin Auzikri

    Terima Kasih Mas atas caranya. merubah kolom email komentar di wordpress menjadi optional. Tetapi saya masih menggunakan web dengan platform blogger. Thanks

  3. wih keren banget.bgus bgt caranya , smga bisa bemanfaat untuk orang yang membaca lalu melihatnya .smoga web ini dapat dilihat orang lain supaya merka juga bisa memahami dan mempelajari cara-carnya , ia sih sngt mudh walaupun sangat mudah tetapi blm tntu orang lain juga bsa melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.