5 Software Terbaik Sebagai Pengganti Microsoft Office Bisa Dinikmati Secara Gratis

Software Gratis Pengganti Microsoft Office – Hampir setiap komputer ataupun laptop program Microsoft Office ini selalu ada. Siapa yang tidak kenal dengan program powerfull yang satu ini. Setiap pengguna komputer tentunya akan mengenal baik dengan software office suite yang selalu mereka gunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan pembuatan dokumen, presentasi tabel, database, dan sebagainya. Hampir seluruh pekerjaan kantor dan sekolah bisa terselesaikan cepat dan mudah dengan software Microsoft Office. Namun bukan berarti software Mocrosoft Office ini adalah software satu-satunya yang bisa membantu dalam menyelesaikan tugas kantor dan sekolah kita. Seiring perkembangan zaman teknologi seperti saat ini, kita memiliki banyak pilihan untuk menulis secara digital tanpa ketergantungan dengan software Microsoft Office.

Software Gratis Pengganti Microsoft Office

Karena fitur yang dimiliki oleh software Microsoft Office sangat lengkap dan mudah digunakan untuk tingkat pemula sekalipun maka tak heran kalau harga software ini selangit. Asal kita tahu saja untuk versi Microsoft Home & Student saja saat ini harganya dibandrol sekitar 1,2 jutaan. Kita tahu kalau Microsoft Office versi Home & Student itu hanya akan memperoleh program Microsoft Word, Mocrosoft Excel, Microsoft Power Point, dan Microsoft OneNote. Sedangkan jika kita ingin membeli yang versi Profesional Plus maka kita harus rela mengeluarkan budget sekitar 6 jutaan. Mungkin dengan harga seperti ini tentunya sangat-sangat tidak bersahabat dengan isi kantong pada umumnya masyarakat Indonesia.

Untuk mengatasi hal tersebut saat ini banyak sekali software sebagai pengganti Microsoft Office. Fitur yang dimiliki oleh software pengganti Microsoft Office tidak kalah menarik untuk membantu pekerjaan kantor dan sekolah. Bahkan software-software ini dapat kita nikmati secara gratis.

Lalu software apa saja yang dapat kita jadikan alternatif lain dari Microsoft Office ini?

Berikut Adalah 5 Software Gratis Sebagai Pengganti Microsoft Office

Diantara 5 software sebagai pengganti Microsoft Office yang akan saya bahas disini ada diantaranya yang meski kita gunakan secara online (versi web). Namun selain itu ada juga software berbasis desktop layaknya Microsoft Office.

1. Google Docs

Google Docs adalah program yang cukup lengkap untuk kita jadikan sebagai pengganti Microsoft Office. Google Docs dikeluarkan oleh perusahaan besar yang tentunya sudah tidak asing lagi dipendengaran kita yaitu Google. Hampir semua fitur dan fungsi Microsoft Office akan kita temukan juga di program Google Docs.

Saat ini Google Docs menghadirkan tiga program yang dapat kita nikmati secara gratis yaitu : Docs layaknya Microsoft Word, Sheets pengganti Microsoft Excel, dan Slides alternatif Microsoft Power Point. Karena program ini sifatnya berbasis web atau versi online maka syarat utama untuk bisa menikmati program ini adalah hanya dengan memiliki akun Google. Bukan hal yang sulit untuk memiliki akun Google. Bahkan jika kita mempunyai satu akun Google maka akan bisa digunakan untuk seluruh aplikasi online yang dikeluarkan oleh Google.

Cara kerja program Google Docs hampir sama dengan Microsoft Office bahkan tampilan antar muka program ini sangat mirip dengan Microsoft Office. Ketika kita mengerjakan dokumen, tabel, presentasi dengan menggunakan Google Docs maka akan tersimpan otomatis di Google Drive. Dengan begitu maka kita tidak perlu menghabiskan ruang Hardisk komputer/laptop untuk menyimpan hasil pekerjaan kita di Google Docs.

Baca Juga : Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen Di Google Docs

2. Apache OpenOffice

Software sebagai pengganti Microsoft Office selanjutnya adalah kita bisa menggunakan program Apache OpenOffice untuk membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah kita. Kemudahan serta kelengkapan fitur yang dimiliki oleh program Apache OpenOffice tidak kalah menarik dengan Microsoft Office dan tentunya program ini dapat kita nikmati juga secara gratis atau tanpa harus membeli lisensi.

Layaknya mengoperasikan software Microsoft Office, di Apache OpenOffice kita dapat membuat dokumen (Word Processing), mengolah data/tabel (Spreadsheet), membuat gambar (Drawing), dan membuat presentasi (Presentation). Kita bisa menikmati program ini untuk diinstall di komputer/laptop. Dengan begitu kita bisa membuat pekerjaan kantor menggunakan Apache OpenOffice tanpa harus terhubung ke internet. Selain di OS Windows Open Office juga dapat kita install bagi pengguna Linux.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.