Tahapan Proses Penempatan TKI Korea Selatan Program G to G

Tahapan Proses Penempatan TKI Korea Selatan Program G to G – Proses penempatan Tenaga Kerja Indonesia dengan negara tujuan Korea Selatan hanya dikelola oleh BNP2TKI. Dalam hal ini BNP2TKI hanyalah lembaga pemerintahan Indonesia sebagai penyalur proses penempatan saja. Artinya setiap proses penempatan TKI Korea Selatan sepenuhnya mutlak ditentukan oleh Perusahaan di Korea Selatan. Selain BNP2TKI dalam proses penempatan TKI Korea Selatan tidak dapat menempatkan TKI ke Korea Selatan. Hanya BNP2TKI sajalah lembaga resmi di Indonesia yang mempunyai wewenang untuk proses penempatan TKI ke Korea Selatan.

Baca Juga : Kegiatan Apa Saja Selama TKI Di KBIZ Korea Selatan

Dalam mengikuti semua proses tahapan penempatan TKI Korea Selatan hendaknya sangat berhati-hati dari awal. Banyak sekali pihak berkeliaran yang tidak bertanggung jawab atau yang tidak memiliki wewenang untuk proses penempatan TKI ke Korea Selatan. Wajar saja jika hal itu terjadi, karena saat ini kerja di Korea Selatan itu masih menjadi idola TKI. Alasannya karena melihat gaji kerja di sana sangat besar.

Tahapan-Proses-Penempatan-TKI-Korea-Selatan-Program-G-to-G

Untuk proses penempatan TKI Korea Selatan hanya dikelola oleh BNP2TKI kemudian disebut dengan Program G to G. Dengan kepemilikan Visa E-9 TKI bisa bekerja di Korea Selatan pada sektor Manufaktur, Perikanan, Agrikultur, Konstruksi, dan Service. Dalam hal ini BNP2TKI bekerjasama dengan HRD-Korea untuk memenuhi proses penempatan TKI ke Korea Selatan (Program G to G). Tidak ada lembaga lain meskpiun Lembaga Bahasa Korea (LPK) dalam hal penempatan ini. LPK hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan Bahasa Korea saja bukan sebagai peserta yang ikut andil dalam proses penempatan.

Dalam hal penempatan TKI ke Korea Selatan BNP2TKI hanya bertugas sebagai penyalur Tenaga Kerja. Sama sekali BNP2TKI tidak dapat mengintervensi atau meminta Perusahaan di Korea Selatan agar memilih TKI tertentu supaya cepat dikerjakan. Jadi bagi TKI yang sudah melamar pekerjaan ke Perusahaan Korea Selatan, pemilihan TKI untuk dipekerjakan di Korea hak mutlak ditentukan oleh Perusahaan Korea.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. terima kasih min infonya, sangat membantu sekali terutama seperti saya yang kelas pemula. terus post info penting lainnya min. Gomawo

  2. Mohon infox,,,,kami sdh melakukan sending berkas,dan sdh 3 bln lamanya,tpi sampai skrg,data yg kami kirimkan,belom di setujui,,,apakah data kami ada yg salah?,,,,mohon penjelasan,,,,maksih sblumnya,,,

    • Santai saja dulu mas! Nanti juga akan ada perubahannya. Mungkin di HRD-Koreanya sedang antri mas. Proses ke Korea itu memang membutuhkan kesabaran yang ekstra.

      • Asri nurbaeti

        Dulu berkas sending saya status verifikasinya dikembaliin terus dari pihak bnp2tki dikirim lagi ke hrd koreanya mas tapi sampai sekarang dari hrd koreanya belum disetujui. Padahal waktu proses verifikasi yang pertama waktu yang berkas sendingnya dikembaliin itu hanya makan waktu sekitar seminggu mas. Itu gimana ya ko yang ke 2 proses verifikasinya lebih lama?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.