Home / Kesehatan / Wajib Tahu! Bahwa Brokoli Simpan Sejuta Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Wajib Tahu! Bahwa Brokoli Simpan Sejuta Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan – Sayuran menjadi salah satu sumber vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Jenis sayuran juga beragam salah satunya adalah brokoli. Sayuran dengan bentuk bulat padat ini bisa dengan mudah ditemukan diberbagai tempat penjualan sayuran. Ada sebagian orang yang menyukainya, ada juga yang tidak. Mungkin ini hanya soal rasa saja.

Memang rasa brokoli ini cenderung tawar, sedikit manis sehingga beberapa orang tidak menyukainya. Namun bagaimana jika ternyata sayuran ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan? Apakah Anda masih tetap tidak menyukai sayuran ini? Lebih baik Anda memikirkannya kembali setelah mengetahui khasiat brokoli untuk kesehatan seperti yang akan diulas di bawah ini.

Baca Juga : Jangan Sampai Tidak Makan Brokoli Gan, Karena Banyak Sekali Manfaatnya

Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan Mata, Kulit dan Tulang

Bagi Anda yang sayang dengan kesehatan maka tidak perlu mengutamakan rasa brokoli yang tawar, jika Anda mengolahnya dengan benar maka Anda bisa menjadikan brokoli sebagai makanan yang lezat. Ketahuilah khasiat brokoli untuk kesehatan sangat luar biasa, pertama adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan gucoraphanin dalam sayuran ini mampu meregenerasi sel kulit mati dengan sel kulit baru. Jika dikonsumsi dengan kadar yang tepat maka kulit Anda akan lebih halus, terutama bagian kulit wajah. Masalah jerawat, komedo dan kulit kusam akan teratasi dengan baik.

Kedua adalah untuk kesehatan mata. Zat karotenoid lutein yang ada pada brokoli sangat baik untuk mencegah degenerasi macular dan katarak, bahkan juga sebagai zat anti kanker. Khasiat brokoli untuk kesehatan untuk mata ini juga didapat dari kandungan vitamin a yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan retina

Khasiat brokoli untuk kesehatan ketiga adalah untuk kesehatan tulang. Bagaimanapun tulang memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh ini. Dengan tulang yang kuat maka tubuh akan tertopang dengan baik sehingga lebih kuat dalam menjalani aktivitas. Kebiasaan mengkonsumsi brokoli akan mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui

Ada banyak khasiat brokoli untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Pertama adalah menjaga sistem saraf. Brokoli adalah sayuran yang memiliki kandungan kalium tinggi yang mampu menjaga sistem saraf agar tetap sehat. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan kerja otak secara maksimal.

Kedua adalah mengatur tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki permasalahan tekanan darah entah itu darah rendah atau darah tinggi, maka dengan kandungan magnesium dan kalsium yang cukup tinggi tekanan darah Anda akan selalu terkontrol dan normal.

Ketiga adalah melawan radikal bebas. Khasiat brokoli untuk kesehatan didapat dari kandungan vitamin c yang tinggi sehingga mampu melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Selain itu vitamin c pada brokoli bersifat sebagai antihistamin yang dapat meredakan flu.

Keempat adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan betakaroten dalam brokoli mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu kandungan mineral seperti selenium dan seng mampu meningkatkan kebugaran tubuh sehingga lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Kelima adalah mencegah kanker. Khasiat brokoli untuk kesehatan anti kanker ini didapat dari kandungan glucoraphanin yang akan berubah menjadi senyawa anti kanker setelah masuk ke dalam tubuh. Selain itu ada juga kandungan sulforaphane yang dapat mengusir bakteri dalam tubuh. Jenis senyawa anti kanker yang ada dalam brokoli adalah jenis idole 3 carbinol yang baik untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat, leher rahim dan payudara.

Khasiat brokoli untuk kesehatan keenam adalah mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki serat yang cukup tinggi. Selain itu brokoli juga berguna mengatur kadar gula dalam darah agar tetap dalam kondisi normal. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, Anda bisa jadikan brokoli sebagai menu harian Anda.

Ketujuh adalah meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan karotenoid lutein dalam brokoli mampu mencegah penyempitan arteri sehingga mengurangi resiko terkena penyakit stroke dan jantung. Selain itu kandungan asam folat dan vitamin b6 mampu mengurangi aterosklerosis dan radang pembuluh darah pada tubuh manusia.

Itulah beberapa khasiat brokoli untuk kesehatan yang Anda dapat jika mengkonsumsinya dengan teratur. Jika Anda inginkan manfaat yang maksimal maka olah dengan cara yang tepat, jangan mengukus atau menggorengnya terlalu lama karena akan menghilangkan kandungan gizi di dalamnya. Cukuplah dengan mengukusnya dalam 5-10 menit sesuai dengan seberapa banyak jumlah brokolinya.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *