Senin, 18 Oktober 2021

5 Cara Mengatasi Hilang Indra Penciuman Disebabkan Terkena Covid-19

Cara Mengatasi Hilang Penciuman

Cara Mengatasi Hilang Penciuman – Kamu tidak perlu panik ketika hilang indra penciuman. Kepanikan hanya akan menurunkan daya imun tubuh. Dan memang di saat kasus positif Covid-19 tengah melonjak seperti saat ini, banyak yang mengeluh penciuman mendadak hilang. Kemampuan untuk mencium menjadi menurun bahkan hilang sama sekali. Istilah lainnya kehilangan indra untuk mencium ini adalah anosmia.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak Yang Wajib Kamu Tahu

Penyembuhan hilang penciuman akibat terkena Covid-19 bisa Kamu lakukan dengan cara isolasi mandiri. Tentu saja hal ini akan memerlukan waktu dan Kamu harus melakukan secara rutin.

Menurut ahli medis, penyakit anosmia dapat sembuh. Penyembuhan anosmia bisa memakan waktu dalam hitungan minggu. Namun ada juga yang sembuh membutuhkan waktu beberapa bulan. Anosmia merupakan salah satu gejala Covid-19. Tapi, anosmia ini bisa juga disebabkan oleh alasan penyakit lain seperti: adanya infeksi sinus, flu, polip hidung, alergi, dan masih banyak lagi.

Apapun penyebabnya, anosmia dapat disembuhkan. Atas dasar itu, sekali lagi Kamu tidak perlu panik. Kehilangan indra penciuman baik itu akibat terkena Covid-19 atau penyakit lain dapat diatasi. Untuk itu, silakan Kamu simak cara yang akan saya bahas pada artikel ini …

Untuk penyembuhan mengembalikan penciuman yang disebabkan terkena Covid-19 atau penyakit lain dapat sembuh dengan melakukan sejumlah terapi. Silakan Kamu lakukan beberapa cara berikut dan semoga penciuman Kamu bisa kembali normal.

Cara Mengatasi Hilang Indra Penciuman Gara-Gara Covid-19

1. Melatih Penciuman dengan Aroma Kuat

Untuk cara pertama yang dapat Kamu lakukan adalah melatih penciuman dengan aroma-aroma kuat. Cara ini termasuk trik efektif untuk pemulihan gejala Covid-19. Kamu bisa melatih penciuman dengan cara mencium aroma-aroma yang kuat selama 20 detik secara terus menerus setiap hari. Dalam kurun waktu tertentu, penciuman Kamu bisa kembali normal.

Adapun aroma-aroma kuat yang dapat Kamu jadikan untuk melatih penciuman adalah:

  • Aroma Jeruk
  • Kopi
  • Minyak Kayu Putih
  • Bunga Mawar
  • Daun Mint
  • Cengkeh
  • Dan sebagainya

2. Membersihkan Hidung dengan Larutan Khusus

Untuk cara selanjutnya yang dapat Kamu lakukan adalah dengan membersihkan atau membilas hidung bagian dalam. Lakukan secara rutin membilas hidung menggunakan larutan air asin.

Solusi hilang indra penciuman akibat Covid-19 dengan membersihkan hidung bagian dalam dapat Kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan 1 liter air kemudian rebus hingga masak. Selanjutnya biarkan air hingga dingin
  • Kemudian campur 1sdt soda kue dan 1sdt garam ke dalam air
  • Langkah selanjutnya cuci bersih tangan Kamu
  • Lalu tuangkan sedikit larutan yang sudah Kamu olah tadi ke telapak tangan
  • Hirup secara perlahan larutan ke 1 lubang hidung dulu lalu Kamu biarkan hingga larutan keluar kembali. Agar lebih mudah Kamu bisa menutup satu lubang hidung dengan jari ketika menghirup larutan
  • Untuk mengetahui apakah cara ini dapat bekerja efektif, silakan lakukan secara berulang

Perlu Kamu ketahui jika larutan di atas tidak perlu Kamu habiskan dalam satu kali praktik. Dan untuk melakukan kegiatan tadi pada esok harinya, jangan menggunakan larutan sisa kemarin. Silakan buat kembali larutan baru.

3. Meneteskan Minyak Jarak di Lobang Hidung

Untuk memulihkan hilang penciuman selanjutnya adalah dengan meneteskan minyak jarak di lobang hidung. Minyak jarak ini berasal dari biji jarak. Untuk perawatan saluran sebagai cara menyembuhkan indra penciuman bisa mencoba dengan tetesan minyak jarak.

Untuk cara ini silakan Kamu panaskan minyak jarak di atas microwave atau kompor. Pastikan minyak jarak hangat sebelum Kamu gunakan dan tidak panas. Selanjutnya teteskan minyak jarak hangat di setiap lobang hidung Kamu. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari yaitu setelah bangun tidur dan sebelum Kamu tidur.

4. Mengkonsumsi Teh Jahe

Seperti yang sudah diketahui bahwa jahe memiliki aroma yang khas dan menyengat. Aroma jahe ini sangat bermanfaat untuk proses pnyembuhan penciuman yang terganggu akibat Covid-19. Untuk cara ini, Kamu bisa menggunakan jahe mentah atau jahe bubuk yang sudah diolah secara alami.

Selain itu, Kamu bisa mengkonsumsi teh jahe celup yang sudah jadi. Atau Kamu juga bisa dengan membuat sendiri jahe mentah dengan cara: Kupas lalu potong jahe mentah. Kemudian siapkan satu cangkir air panas lalu campurkan satu sendok makan jahe dan seduh. Sebelum Kamu minum, diamkan dulu selama 15 menit.

5. Minum Rebusan Bawang Putih

Banyak sekali manfaat dari bawang putih. Kandungan yang ada dalam bawang putih dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di dalam saluran hidung. Bawang putih juga efektif untuk mengembalikan indra penciuman akibat Covid-19.

Untuk menggunakan cara ini, silakan Kamu hancurkan 4 hingga 5 siung bawang putih. Kemudian Kamu tambahkan bawang putih yang sudah hancur tersebut ke dalam satu cangkir air mendidih. Rebus larutan ini selama dua menit dan Kamu tambahkan sedikit garam.

Saat masih panas, Kamu minum ramuan tersebut. Lakukan hal ini dua kali sehari sebagai cara untuk penyembuhan agar penciuman kembali normal.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih Tergolong Ampuh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selain cara-cara di atas, Kamu juga harus rutin membersihkan gigi dan mulut. Hal ini Kamu lakukan supaya rongga mulut senantiasa bersih dan sensitivitas indra perasa agar meningkat. Tentu saja kegiatan ini dapat membantu agar penciuman Kamu kembali normal seperti sedia kala.

Ok mungkin hanya itu saja cara mengatasi hilang penciuman baik itu akibat Covid-19 atau penyakit lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu proses penyembuhan kehilangan penciuman yang lagi marak saat ini. Jika Kamu mempunyai pengalaman berbeda, silakan bisa Kamu sampaikan di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir dan semoga selalu diberi kesehatan …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.