Senin, 20 September 2021

20 Manfaat Semangka Yang Penting Kamu Ketahui Untuk Jaga Imunitas

Manfaat Semangka Untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat Semangka – Sekarang, kita semua jadi menyadari bahwa menjaga imunitas tubuh sangatlah penting. Imunitas tubuh yang lemah membuat kita semua mudah terserang penyakit, terutama karena virus dan bakteri.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Kapri Bagi Tubuh Kita Agar Kesehatannya Selalu Terjaga

Makanan yang sehat menjadi salah satu syarat utama untuk menjaga imunitas tubuh. Setiap orang harus mendapatkan gizi yang seimbang dan rajin mengonsumsi buah-buahan. Salah satu buah terbaik yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah semangka.

Manfaat Semangka Dalam Menjaga Imunitas Tubuh

Banyak sekali orang yang menyukai buah dari Afrika ini karena rasanya yang manis. Selain itu, harganya juga murah. Meski murah, ternyata semangka memiliki banyak manfaat ini untuk menjaga imunitas tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang paling penting untuk tubuh kita. Tanpa adanya jantung, kita tidak akan bisa hidup. Fungsi dari jantung adalah untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Imunitas tubuh yang sehat pasti memiliki jantung yang sehat. Semangka dapat membuat jantung lebih sehat dengan kandungan likopen yang melindungi jantung dari kerusakan.

2. Mencegah Hingga Mengobati Panas Dalam

100 gram semangka mengandung 6 mg vitamin C. Anda pasti sudah tahu kalau vitamin C sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah semangka dapat menjaga Anda dari panas dalam. Panas dalam sendiri merupakan gejala awal dari adanya serangan penyakit.

3. Membantu Cegah Kanker

Sel yang tumbuh dengan tidak benar hingga merusak sel lainnya disebut sebagai kanker. Mengobati penyakit kanker sangatlah sulit. Terlebih lagi kanker juga menurunkan imunitas tubuh.

Antioksidan dalam semangka dapat membantu Anda mencegah penyakit kanker. Selain itu, kandungan beta karoten sebanyak 315 mcg pada semangka juga akan membantu Anda meperbaiki sel yang rusak.

Baca Juga: Wanita Harus Tahu, Ini Dia 6 Cara Mencegah Kanker Payudara

4. Mengatasi Dehidrasi

Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Separuh lebih komponen tubuh kita adalah air. Jika Anda tidak menyukai air putih, Anda dapat menggantinya dengan semangka. Semangka mengandung air yang cukup banyak untuk mengatasi dehidrasi.

5. Mencegah Batu Ginjal

Penyakit lainnya yang tidak kalah menakutkan adalah batu ginjal yang terbentuk dari racun yang mengendap di ginjal. Tubuh membutuhkan kalium agar bisa melepaskan racun tersebut dalam ginjal. Semangka mengandung 93,8 mg kalium dapat membantu mencegah penyakit ini hingga Anda tetap bisa menjaga imunitas tubuh.

6. Kendalikan Gula Darah

Hampir seluruh buah-buahan mengandung gula, begitu juga dengan semangka. Namun, gula pada semangka merupakan gula alami yang lebih baik dibandingkan gula buatan. Anda dapat mengganti cemilan manis dengan semangka agar dapat mengurangi konsumsi gula.

7. Menambah Energi

Tenaga yang dimiliki juga berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Semakin banyak energi Anda, semakin kuat pula imunitas tubuh yang Anda miliki. Semangka dengan kandungan karbohidrat sebesar 7 gram cocok menjadi sumber energi tambahan bagi tubuh.

8. Melancarkan Pencernaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 80% kekuatan imunitas tubuh dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan. Kandungan serat dalam semangka mencapai 0,4 gram. Jumlah serat yang cukup sebagai cemilan Anda.

9. Membuat Tulang Lebih Sehat

Salah satu kandungan dari semangka yang penting adalah kalsium. Anda pasti tahu kalau kalsium berfungsi untuk menguatkan tulang. Semangka mengandung kalsium sebanyak 7 mg. Tulang yang sehat akan membuat tubuh lebih mudah bergerak sehingga imunitas tubuh tetap terjaga.

10. Menjaga Berat Badan

Obesitas dapat membuat imunitast tubuh menjadi lebih lemah dengan cara mengumpulkan lemak pada organ penting dalam tubuh. Pola makan yang benar adalah rumus dari berat badan yang ideal. Semangka yang memiliki energi sekitar 28 kalori cocok menjadi menu diet Anda.

11. Membantu Meredakan Asma

Mengidap penyakit asma sangat tidak menyenangkan. Coba saja tanya pada penderita asma. Para penderita penyakit asma sangat rentan terhadap virus covid-19 yang kini melanda dunia. Untuk meredakan asma, Anda dapat mengonsumsi semangka. Kandungan likopen dari semangka sangat berguna untuk meredakan asma.

12. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih keras sehingga berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Penelitian dari Florida State University menunjukkan bahwa semangka bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan semangka mengandung asam amino esensial.

13. Mengatur Elektrolit Tubuh

Semangka mengandung kalium sebesar 93,8 mg. Kalium berperan untuk mengatur elektrolit di dalam tubuh. Sedangkan elektrolit berguna untuk menjaga kontraksi otot, cairan tubuh, dan membuat saraf bekerja dengan benar. Singkatnya, kalium dalam semangka sangat penting untuk imunitas tubuh Anda.

14. Menjaga Kesehatan Mulut

Kesehatan bibir, gigi, gusi, dan lidah memiliki peranan yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Mulut juga menjadi sumber penyakit lainnya bila Anda tidak makan dengan benar. Karena itu, Anda harus menjaga kesehatan mulut dan makan. Mengonsumsi semangka dapat menjaga kesehatan mulut Anda.

15. Meringankan Penyakit Ginjal

Meskipun jumlahnya rendah, tetapi potasium dalam semangka dapat menjadi sumber yang baik bagi penderita penyakit ginjal. Imunitas tubuh juga sangat bergantung pada ginjal karena fungsinya untuk menyaring racun yang diserap oleh tubuh.

Bagi Anda yang memiliki ginjal yang masih sehat, Anda bisa mengonsumsi semangka untuk mencegah berbagai penyakit pada ginjal.

16. Meningkatkan Nafsu Seks

Banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa seks dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membuat Anda menjadi lebih sehat. Berbagai kandungan asam amino di dalam semangka juga bisa membuat nafsu seks Anda meningkat. Secara tidak langsung juga meningkatkan imunitas tubuh Anda.

17. Mencegah Stroke

Anda pasti mengetahui kalau penderita stroke lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini disebabkan oleh imunitas tubuhnya yang juga menurun. Stroke dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi semangka serta makanan sehat lainnya. Hal ini terbukti dari manfaat semangka yang bisa mencegah tekanan darah tinggi hingga obesitas.

18. Membantu Kurangi Nyeri Otot

Otot dapat membantu memperkuat imunitas tubuh sehingga banyak yang menyarankan untuk olahraga angkat beban. Ketika angkat beban, nyeri otot tidak akan bisa dihindari. Namun, Anda dapat mengurangi dampaknya dengan semangka sehingga performa latihan Anda akan tetap bagus.

19. Jaga Kesehatan Kulit

Vitamin C, A, dan B pada semangka bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Lalu apa hubungannya kulit dengan imunitas tubuh? Kulit juga memiliki imunitas yang disebut imunitas kulit. Sebagai perisai paling luar bagian tubuh kita, penting untuk menjaga kesehatan kulit.

20. Jaga Kesehatan Mata

Teknologi berkembang dengan sangat cepat belakangan ini hingga memaksa kita untuk menatap layar yang silau setiap hari. Penting menjaga mata agar tidak cepat rusak. Semangka mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Imunitas tubuh juga akan terjaga bila organ tubuh dijaga dengan baik

Pastikan memilih buah semangka yang bagus, ini sangat mempengaruhi kualitas dalam kandungan semangka sendiri. Beberapa jenis semangka yang hasilnya bagus berasal dari teknis budidaya semangka yang tepat sebab menghasilkan grade yang bagus.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Lengkap Penyebabnya

Itulah manfaat semangka yang sangat berguna untuk menjaga imunitas tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya juga agar tubuh tetap sehat melawan berbagai penyakit.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.