Home / WordPress / Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

Cara Bikin Website Sendiri Gratis – Halo sahabat InfoMenarik! Sudah tiga hari saya tidak update artikel karena terbentur kesibukan. Mumpung sekarang ada kesempatan, alangkah baiknya peluang ini saya isi dengan menulis artikel. Diharapkan walaupun artikel ini sudah basi, tapi saya yakin masih banyak yang membutuhkannya.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula

Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara bikin website. Sebelum dilanjut, sebenarnya apa sih website itu?

Kata “website” diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah “situs web”. Website adalah halaman web yang dapat diakses melalui jaringan internet. Umumnya halaman website berisikan sekumpulan informasi yang berupa tulisan (teks), gambar, dan video. Halaman website ditempatkan pada sebuah server web sehingga jangkauannya sangat luas. Asal mempunyai jaringan yang terkoneksi dengan internet, maka website bisa diakses diseluruh pelosok dunia.

Website dibuat mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Diantaranya website dibuat sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa, sebagai media ekspresi pribadi ataupun kelompok, untuk berbagi ilmu pengetahuan, atau bahkan sebagai media kemunikasi dan saling bertukar informasi seperti situs web jejaring sosial, dan masih banyak lagi.

Agar sebuah website bisa tercipta, maka kita harus menyediakan beberapa penunjang untuk memenuhi kebutuhan dalam membangun website. Yang dimaksud sarana penunjang dalam membuat website adalah sebagai berikut :

1. Domain

Domain adalah nama alamat unik website yang digunakan untuk mengenali sebuah situs web. Banyak sekali macamnya domain yang dapat kita gunakan untuk pembuatan website. Seperti domain .com, .net, .org, dan sebagainya.

2. Hosting

Hosting adalah media penyimpanan seluruh file-file dan data-data yang tersimpan didalam website agar website bisa ditampilkan di internet. Jika dicontohkan kedalam Personal Computer (PC), hosting adalah sebuah Hardisk. Besarnya data yang mampu ditampung oleh Hosting adalah tergantung kapasitas (space) hardisk hosting yang kita miliki.

3. Bahasa Pemrograman

Website bisa tampil dengan sempurna berdasarkan rangkaian kode-kode yang telah disusun sesuai dengan bahasa pemrograman. Ketika website diakses itu berdasarkan bahasa pemrograman yang sudah diterjemahkan oleh media browser.

4. Desain Website

Agar tampilan website menarik dan mempunyai nilai keindahan serta terkesan profesional, maka desain website merupakan faktor utama yang harus kita perhatikan.

5. Publikasi Website

Jika tujuan utama membuat website adalah untuk dikunjungi orang lain, maka publikasi website adalah hal wajib yang harus kita lakukan. Umumnya membangun website agar dikenal masyarakat luas adalah seperti website sebagai media promosi produk, website tutorial, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di WordPress (Terlengkap) Gratis ~ Menarik

Dari lima penunjang dalam membangun website diatas, terdapat dua penunjang penting yang harus rela mengeluarkan budget, yaitu domain dan hosting. Itu semua jika memang website yang kita buat adalah website serius serta ingin terkesan profesional.

Namun disarankan sebelum kita memutuskan untuk membuat website berbayar, alangkah baiknya kita belajar membuat website tanpa modal sepeserpun (gratis).

Seiring berkembangnya ilmu teknologi maka dalam membuat website saat ini sangat mudah. Tanpa mengetahui dan paham dengan ilmu bahasa pemrograman, kita akan mampu membuat website sendiri.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Dijamin 5 Menit Selesai

Kenapa saya berani memberikan keputusan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja? Memang membuat website sendiri itu sangatlah mudah.

Lalu apa yang sulit dalam membangun sebuah website?

Menurut saya yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam membangun website adalah dalam hal mengelola website.

Cara bikin website sendiri yang kita butuhkan adalah domain, hosting, content management system (CMS), dan template (themes). Semua itu bisa kita dapatkan dan nikmati secara gratis.

Saya akan menggunakan domain dan fasilitas hosting dari idhostinger. Kemudian CMS (bahasa pemrograman) yang akan diterapkan adalah CMS WordPress. Desain website (template/themes) yang bisa kita gunakan adalah template default WordPress atau template-template gratis yang sudah banyak tersebar di internet.

Kenapa saya pilih idhostinger dan CMS WordPress? Jawabannya sangat singkat, karena keduanya sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Dengan  space hosting gratis dari idhostinger 2GB dan bandwith 100GB itu sudah lebih dari cukup untuk belajar membuat website.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 0

Tertarik? Tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi ini adalah gratis. Silakan pertama Anda buka website idhostinger dengan URL www.idhostinger.com.

Jika Anda tidak mau ribet harus daftar membuat akun di idhostinger, Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook dan akun Google.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 1

Setelah berhasil login di idhostinger atau Anda masuk dengan integrasi akun Facebook atau akun Google, maka otomatis Anda akan masuk kehalaman cPanel idhostinger cpanel.idhostinger.com.

Dihalaman ini silakan Anda pilih Buat Website!

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 2

Selanjutnya Anda klik pilih hosting account dan tunggu beberapa saat!

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 3

Selain hosting gratis, paket yang disediakan oleh idhostinger tersedia juga paket hosting berbayar. Di idhostinger terdapat tiga jenis paket hosting, yaitu : Gratis, Premium, dan Bisnis.

Jika Anda ingin mencoba yang gratis, silakan Anda klik pilih Order pada Paket Hosting Gratis.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 4

Setelah memilih paket hosting seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa dalam membangun sebuah website selain hosting kita juga harus mempunyai domain.

Domain kita pilih juga dengan domain gratis yaitu domain yang disediakan oleh idhostinger. Memilih domain di idhostinger terdapat enam pilihan domain. Karena ini adalah domain gratis, maka diawal domain akan terdapat subdomain idhostinger.

Anda ketik subdomain atau alamat website Anda nanti (URL) pada kolom subdomain. Contoh disini saya membuat alamat website “bikinwebsite” dan subdomain yang dipilih adalah .16mb.com. Dengan begitu jika website telah selesai nanti maka alamatnya adalah bikinwebsite.16mb.com.

Untuk lokasi server Hosting karena ini gratis, maka kita diperbolehkan hanya memilih satu lokasi server saja yaitu server Eropa (UK).

Buat kata sandi (password) dan konfirmasi kata sandi untuk nanti keperluan login ke cPanel idhostinger. Terakhir Anda klik pilih Lanjutkan.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 5

Ini adalah halaman untuk mengkonfirmasi pesanan Anda. Dihalaman ini Anda wajib mengisi Deskripsi website yang sedang dibuat. Kemudian centang reCAPTCHA dan klik pilih Order.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 6

Tunggu beberapa saat sampai status domain dan hosting Aktif. Jika sudah Aktif 100% Anda klik tanda plus “+” disebelah kiri keterangan domain. Setelah muncul show/hide sekarang Anda klik pilih Auto Installer. Langkah ini adalah untuk install CMS (bahasa pemrograman).

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 7

Content Management yang akan kita gunakan sebagai bahasa pemrograman website adalah CMS WordPress. Silakan Anda klik pilih logo WordPress.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 8

Di halaman ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu : biarkan kosong pada kolom URL WordPress, isi kolom Username Administrator dan Password Administrator. Yang lainnya bisa Anda isi sekarang atau nantipun ketika Website selesai dibuat.

Jika Anda mengisi tulisan pada kolom URL WordPress, misal Anda isi “panduan” maka nantinya alamat URL Website akan seperti ini : bikinwebsite.16mb.com/panduan.

Username Administrator dan Password Administrator dibutuhkan ketika nanti Anda akan login ke Dashboard WordPress. Fungsi Dashboard WordPress adalah sebagai halaman editor untuk menulis artikel, membuat halaman, unggah gambar, dan sebagainya.

Jika semua pengaturan sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, terakhir Anda klik Install.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 9

Tunggu sampai proses install CMS WordPress di Website yang baru saja kita buat selesai dengan sempurna.

Sampai tahap ini selesailah sudah membuat website dengan domain dan hosting gratis. Lengkapi konten website dan desain tampilan website dengan mengakses URL website dan tambahkan wp-admin dibelakangnya. Contoh bikinwebsite.16mb.com/wp-admin.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis 10

Ketika diminta untuk memasukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi, silakan Anda masukkan Username Administrator dan Password Administrator yang tadi Anda buat ketika akan menginstall CMS WordPress.

Baca Juga : 10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress

Mungkin hanya itu saja tutorial Cara Bikin Website Sendiri Gratis dengan menggunakan domain dan hosting dari idhostinger serta CMS WordPress. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan semoga sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. keren tipsnya, idhostinger emang bagus buat belajar cms wordpress, kadang kalo udah terbiasa pake cms wp jadi serasa gaptek kalo pake blogger atau yang lain :D

  2. Lebih baik membuat website dengan control panel CPanel, sebab kaya akan berbagai fitur cangkih. kalau saya biasanya membuat membuat website dengan CPanel hosting gratis di :
    webhosting[dot]web[dot]id, bos[dot]la, goblog[dot]biz dan nesiahost[dot]com. Disana kita juga bisa upgrade dengan ke paket hosting unlimited dengan harga yang super murah..He..He..

  3. Sedikit berbagi dan share info gan tentang hosting gratis dengan cPanel login untuk membuat website gratis dalam beberapa bulan: coba kunjungi 5 webhosting indonesia recommended.

  4. keren sekalih tips website nya jadi ingin mebikin website nya lebih baik
    keren thips nya.memang bagus membuat cms jadi serasa gaptek kalopake
    gloger atau yang lain :)

  5. Gan,,theme info-menarik ini bagus banget,,buat sendiri ato beli gan? ane tertarik gan :-)
    btw.. mantab sharenya gan

  6. Asik info baru ne bagi pemula seperti saya, jadi ngerti gimana caranya bikin website di Hostinger. Akan saya coba untuk membuat karena saya masih pemula mohon bimbinganya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *