Home / Pendidikan / Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap

Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap

Cara Daftar Dan Login Simpatika Online – Sejak tanggal 29 Juni 2015 lalu Aplikasi Padamu Negeri resmi ditutup atau tidak digunakan lagi. Apakah Operator Madrasah berhenti melakukan penjaringan data Madrasahnya? Jawabannya tidak! Karena setelah ditutupnya website aplikasi Padamu Negeri maka Operator Madrasah melakukan penjaringan data guru serta data tenaga kependidikan melalui SIMPATIKA Online Kemenag.

Baca Juga : Download Aplikasi Desktop EMIS Pendis Kemenag Ganjil 2015

Jika Sekolah dibawah kelola Kemendiknas setelah ditutupnya Aplikasi Padamu Negeri maka melakukan penjaringan data hanya melalui satu pintu DAPODIK. Namun berbeda dengan Madrasah dibawah naungan Kemenag, selain harus input data di EMIS Pendis dan juga melakukan penjaringan data PTK dan Siswa di Simpatika Online Kemeneg.

Semoga untuk kedepannya bagi Sekolah dibawah naungan Kemenag seperti RA, MI, MTs, dan MA melakukan penjaringan data PTK dan Siswa hanya dilakukan melalui satu pintu saja, yaitu EMIS Pendis. Tentu saja dengan banyaknya kewajiban Operator Madrasah dalam hal penjaringan data hal ini sangat menyita waktu.

Kecuali kalau kesejahteraan Operator Madrasah sangat diperhatikan …

Ok lanjut ke materi … Simpatika adalah aplikasi penjaringan data Online untuk melakukan input data Madrasah, PTK, dan Siswa. Simpatika adalah aplikasi lanjutan dari layanan Padamu Negeri yang khusus untuk memenuhi kebutuhan Madrasah dibawah naungan Kemenag.

Umumnya prosedur layanan Simpatika masih sama dengan aplikasi layanan Padamu Negeri. Dari kedua layanan ini yang berbeda hanya terletak pada ketika kita ingin Login saja.

Berikut Cara Login Simpatika Online Kemenag Terbaru

Untuk login di Simpatika Online Kemenag pertama kita harus mengakses URL simpatika.kemenag.go.id. Kemudian Anda klik Login.

Simpatika Online Kemenag

Setelah klik Login, Anda scroll mouse ke bawah hingga menemukan tombol untuk proses login selanjutnya. Jika dilihat sekilas, tampilan login di Simpatika masih sama dengan Padamu Negeri. Disini Anda tinggal klik Login PTK/Admin.

cara-daftar-dan-login-simpatika-online-kemenag-terbaru-terlengkap-1

Nanti browser Anda akan diredirect ke halaman Siap Online. Silakan disini Anda masukkan akun PTK Anda, seperti : Email, Pegawai ID, NUPTK, atau akun SIAP ID. Kemudian jangan lupa masukkan juga Kata Sandi (Password) akun PTK Anda.

Seluruh akun untuk keperluan Login di Simpatika ini masih sama dengan akun aplikasi Padamu Negeri.

Terakhir klik Masuk ….

cara-daftar-dan-login-simpatika-online-kemenag-terbaru-terlengkap-2

Untuk langkah selanjutnya tidak perlu saya terangkan lebih rinci lagi. Karena halaman selanjutnya atau ketika Anda sudah berhasil Login maka tampilannya masih seperti halnya ketika Anda login melalui pintu Padamu Negeri.

Lalu Apa Perbedaan Layanan Simpatika Online Kemenag dengan Padamu Negeri?

Meskipun banyak kesamaan antara Simpatika Online Kemenag dengan Padamu Negeri, tapi terdapat perbedaannya juga. Berikut perbedaan lengkapnya dari kedua layanan penjaringan data online ini :

1. PTK Bisa Cetak Kartu Digital Sendiri

Di Simpatika Online Kemenag setiap Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) kecuali Kepala Madrasah dan Pengawas bisa melakukan cetak Kartu Digital sendiri. Dimana Kartu Digital ini adalah kartu sebagai bukti keaktifan PTK pada setiap semesternya.

Dulu ketika di Padamu Negeri jika ingin mencetak Kartu Digital maka harus menunggu selesainya pengisian Jadwal Kelas (S25a dan S25b). Saat ini di Simpatika Online Kemenag, jika PTK ingin mencetak Kartu Digital cukup login di Simpatika Online menggunakan akun PTK masing-masing.

2. Tentang Mutasi PTK

Jika PTK ingin mengajukan permohonan Mutasi dari Sekolah naungan Kemendiknas ke Madrasah Kemenag atau sebaliknya, maka proses persetujuannya bisa langsung diproses oleh Operator Madrasah tingkat Kemenag Kabupaten/Kota setempat.

3. Pencarian PTK di Simpatika

Website aplikasi Simpatika Online dikhususkan bagi seluruh PTK atau Madrasah dibawah naungan Kemenag saja. Begitupun web tersebut memuat pencarian PTK khusus naungan Kemenag. Selain itu pencarian PTK juga berlaku bagi setiap Guru Pendidikan Agama yang Satminkalnya di Sekolah Kemendiknas.

4. Tentang Jadwal Kelas Mengajar

Ketika di Padamu Negeri pembuatan Jadwal Kelas Mengajar hanya bisa dilakukan oleh akun Admin/Operator Madrasah. Namun di Simpatika perhitungan JJM dilakukan dan tugas wewenang Kepala Madrasah. Dengan begitu pembuatan Jadwal Kelas dilakukan melalui akun Simpatika Kepala Madrasah.

5. Keterlibatan Kanwil Kemenag

Setelah diaktifkannya aplikasi penjaringan data Simpatika Online, Kanwil Kemenag diberikan akses untuk aktif di Simpatika. Kanwil Kemenag dalam hal ini bertindak sebagai pengganti dari LPMP ketika di Padamu Negeri.

Apapun proses penjaringan data di Simpatika nantinya harus melalui persetujuan Operator/Admin Kanwil Kemenag, seperti : Inpassing, Sertifikasi Guru, NUPTK, Tunjangan Fungsional, NRG, dan sebagainya.

Mungkin untuk sementara informasi perubahan penjaringan data khusus bagi Madrasah Kemenag dicukupkan sekian saja. Insya Allah nanti jika ada informasi baru saya akan kembali berbagi disini

Semoga tulisan Cara Login Simpatika Online Kemenag ini ada manfaatnya khusus bagi Operator Madrasah se-Indonesia.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Kalau Keterangan Islam Di belakang Gelar Akademik dihilangan< Sak sinkaya khawatir nanti
    gelar tersebut menjadi tidak sinkron dan diplesetkan macam-macam contoh nya S.Ag : Sarjana
    Alam gaib atau sarjana Agak gimana gitu hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *