Home / Teknologi / Cara Download File Flash Dari Internet Dengan Browser Google Chrome

Cara Download File Flash Dari Internet Dengan Browser Google Chrome

Cara Download File Flash Dari Internet – Terkadang kita tertarik pada file flash yang dipasang di suatu website atau blog namun kita tidak tahu bagaimana cara mengambilnya. Dan memang jika kita tidak tahu triknya maka sampai kapanpun file flash tersebut tidak akan bisa kita download. Padahal sebenanya untuk mengambil file flash di internet caranya sangat mudah. Jika tidak tahu triknya, mengambil file flash di internet tidak cukup mengandalkan aplikasi download seperti IDM. Kemudian aplikasi IDM juga tidak akan otomatis memunculkan tombol downloadnya ketika kita sedang mengunjungi website yang menampilkan file flash. Kalau begitu bagaimana caranya? Silakan simak saja artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Cara Memasang File SWF Di Blog WordPress Sekaligus Embed Flash Google Site

Untuk mengambil file flash ekstensi .swf di internet tidak perlu menggunakan software atau aplikasi khusus. Modal utamanya cukup mengandalkan browser yang kita gunakan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Safari, dan sebagainya. Disini saya akan coba menerangkan untuk browser Google Chrome saja dulu. Jika ada waktu dilain kesempatan akan saya bahas juga untuk browser-browser lainnya.

cara-download-file-flash-dari-internet-1

Mengapa kita harus download file flash di internet? Untuk alasan tepatnya hanya Anda sendiri yang tahu. Namun secara garis besar umumnya orang-orang ingin mengambil file flash di internet adalah jika dilain waktu ketika membutuhkan lagi file flash tersebut maka tidak harus mengkoneksikan komputer ke internet. Artinya jika file flash sudah tersimpan di komputer, maka nantinya Anda bisa menjalankan file flash secara offline. Tentunya hal ini bisa menghemat kuota internet Anda terlebih jika paket internetnya bukan Unlimited.

Baca Juga : 5 Hal Penyebab Utama Yang Dapat Menguras Kuota Internet Anda Cepat Habis

Berikut Cara Download File Flash Dari Internet Menggunakan Google Chrome

Pertama sebelum mempraktikkan cara ini adalah tentunya Anda sudah mempunyai website yang ingin diambil file flashnya. Selanjutnya disini juga Anda harus menggunakan browser Google Chrome.

Contoh disini saya mempunyai satu website yang isinya kumpulan file-file flash ekstensi .swf. Tepatnya website ini menyediakan ratusan permainan (game) online dalam format flash. Website yang saya maksud adalah www.friv.com.

Ketika kita sudah masuk kehalaman website yang ingin kita ambil file flashnya, silakan Anda klik pilih View site information kemudian klik Details.

cara-download-file-flash-dari-internet-2

Disini kita perlu memilih tab Elements. Karena secara otomatis kita akan masuk ke tab Security dan kita tidak memerlukan tab tersebut.

cara-download-file-flash-dari-internet-3

Tujuan kita masuk ke tab Elements adalah untuk mengetahui seluruh struktur kode dari website yang kita kunjungi dimana dalam hal ini kita akan mencari file ekstensi .swf. Untuk mempercepat proses, silakan gunakan fitur Find dengan cara menekan Ctrl+F pada keyboard. Ketik .swf pada kolom pencarian dan Enter. Disini Anda akan menemukan banyak kode yang bertuliskan .swf, namun jangan sampai salah. Yang Anda perlukan adalah kode .swf yang terdapat dalam script embed.

cara-download-file-flash-dari-internet-4

Jika sudah ditemukan seperti yang saya contohkan diatas, silakan Anda salin (copy) link URL yang terdapat akhiran .swf dengan cara klik ganda (double klik) pada link > blok > klik kanan > Copy.

cara-download-file-flash-dari-internet-5

Buka tab baru pada browser Google Chrome kemudian Paste link URL .swf tadi dan Enter. Tunggu beberapa saat sampai browser Chrome memuat halaman dengan sempurna.

cara-download-file-flash-dari-internet-6

Sekarang saatnya Anda mengambil atau download file flash. Caranya silakanya klik pilih tombol Customize Chrome yang berada di sudut kanan atas. Kemudian klik pilih More tools > Save page as. Kini browser Anda sedang melakukan download file flash dan tunggu hingga prosesnya selesai dengan sempurna.

cara-download-file-flash-dari-internet-7

Anda sekarang sudah memiliki file flash ekstensi .swf yang tersimpan di komputer. Nanti jika Anda ingin menjalankan file flash tersebut tidak perlu koneksi internet lagi. Namun pastikan kalau komputer Anda sudah bisa menjalankan file flash. Contohnya Anda bisa menggunakan aplikasi GOM Player untuk menjalankannya.

cara-download-file-flash-dari-internet-8

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga berhasil. Mungkin artikel Cara Download File Flash Dari Internet Menggunakan Chrome dicukupkan sekian saja. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *