Home / WordPress / Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual

Cara Install WordPress Di Subdomain – Sahabat info-menarik, kembali saya bahas tutorial WordPress. Dan pada kesempatan baik ini saya akan menerangkan bagaimana cara melakukan install CMS WordPress di cPanel hosting secara manual. Tentunya panduan ini khusus untuk blog WordPress shared hosting dan bukan untuk WordPress.com (gratisan). Namun bukan berarti Anda pengguna WordPress.com tidak perlu membaca tutorial ini. Silakan Anda simak sampai selesai. Karena mungkin saja kedepannya Anda akan membutuhkan.

Baca Juga : Tingkatkan Keamanan WordPress Dari Serangan Hacker Dengan Cara Ini

Cara install WordPress di cPanel Hosting tergolong cara yang mudah dan cepat. Saya pikir kita tidak perlu mengerti koding dan tidak usah takut gagal. Karena ketika kita install WordPress menggunakan aplikasi installer. Meskipun install WordPress dilakukan secara manual, saya prediksi install WordPress di cPanel hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit. Itupun jika akses internet Anda normal.

Sebelum dimulai tutorial cara install WordPress di cPanel hosting, disini saya akan memberikan contoh install WordPress di subdomain. Pada dasarnya install WordPress di subdomain masih sama prosesnya dengan install WordPress di domain induk/utama.

Cara Membuat Subdomain Di cPanel Hosting

Ok sekarang mari kita buat terlebih dahulu subdomainnya. Kenapa sih harus memberi contoh di subdomain? Jawabannya agar Anda jadi tahu bagaimana cara membuat subdomain di WordPress melalui cPanel.

Silakan Anda masuk ke cPanel masing-masing dengan mengakses URL nama-domain/cpanel. Kemudian gunakan nama pengguna dan kata sandi Anda yang biasa digunakan login di cPanel.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 1

Setelah berhasil login di cPanel, sekarang Anda pilih Subdomains yang berada dideretan Domains.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 2

Ketikkan nama subdomain yang akan Anda buat pada kolom yang telah disediakan. Dalam contoh kali ini saya akan membuat nama subdomain “try” maka nanti alamat subdomain yang saya buat adalah try.info-menarik.net. Jika nama subdomain yang Anda buat tersedia atau belum ada yang menggunakan sebelumnya, maka akan muncul tanda cheklist. Pada Document Root akan terisi otomatis dan tidak perlu Anda tentukan atau biarkan default saja. Nantinya semua file WordPress subdomain akan berada pada root public_html/try. Terakhir Anda klik Create untuk membuat dan menyimpan subdomain yang baru saja ditentukan.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 3

Jika sukses maka akan terbentuk sebuah subdomain baru dideretan Subdomain.Root Domain. Sampai langkah ini subdomain Anda belum bisa digunakan. Jika diakses, yang muncul adalah tampilan kosong (blank) saja. Alasannya karena Anda belum menginstallkan CMS didalam subdomain tersebut. Ibarat komputer yang baru Anda beli dan belum dipasang Operasi Sistem, seperti Windows.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 4

Selesai sudah Anda membuat subdomain baru dan langkah selanjutnya adalah menginstall CMS didalamnya agar subdomain tersebut bisa dijalankan. Dan kita akan menginstallkan CMS WordPress untuk mengendalikan subdomain tersebut.

Berikut Cara Install WordPress Di Subdomain Melalui cPanel Hosting Secara Manual

Kembali kehalaman utama cPanel, silakan Anda scrool mouse ke bawah dan temukan Softaculous Apps Installer. Dan kali ini kita akan menginstall WordPress melalui aplikasi Softaculous. Disana selain CMS WordPress tersedia juga CMS lainnya, seperti : Drupal, Joomla, dan sebagainya. Klik CMS WordPress karena disini saya tidak akan membahas cara install CMS yang lain.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 5

Anda akan dihadapkan pada tampilan halaman untuk melakukan install WordPress. Disini tidak banyak yang harus kita setting. Pertama klik tab Install dan perhatikan beberapa point yang harus kita tentukan.

Choose Protocol : Tentukan protocol yang akan Anda gunakan nanti yang terdiri dari http:// – http://www. – https:// – https://www. Contoh jika Anda memilih protocol http://www. maka nanti alamat domain Anda menjadi www.namadomain.com.

Choose Domain : Pilih domain yang akan Anda installkan CMS WordPress. Dalam contoh kali ini saya akan menginstall WordPress pada subdomain yang telah dibuat tadi yaitu try.info-menarik.net.

In Directory : Secara default kolom ini berisi wp dan sebaiknya kolom In Directory Anda kosongkan saja.

Table Prefix : Biarkan default saja.

Site Name dan Site Description : Silakan Anda isi dengan yang inginkan sebagai judul blog dan deskripsi blog. Contoh saya memberi Site Name dengan Sekedar Mencoba dan Site Description dengan Belajar Install WordPress.

Admin Username dan Admin Password : Buat nama pengguna dan kata sandi yang tingkat keamanannya sangat kuat. Artinya Anda harus membuat username dan password yang sulit ditebak orang lain dan sangat mudah Anda ingat. Nama pengguna dan kata sandi ini akan Anda gunakan selamanya ketika Anda ingin masuk ke dashboard WordPress melalui namadomain/wp-admin.

Admin Email : Anda isi dengan alamat email yang digunakan didalam blog WordPress Anda.

Select Language : Pilih bahasa yang akan digunakan nanti di dalam dashboard WordPress.

Ketika install WordPress melalui aplikasi Softaculous, kita bisa memilih tema yang akan digunakan nanti di blog. Contoh disini saya memilih tema gratis Mahutolis Magazine. Jika semua pengaturan sudah Anda tentukan dengan sempurna, terakhir klik Install.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 6

Tunggu beberapa saat sampai proses install WordPress selesai dengan sempurna (100%). Hal ini tidak akan lama dan itu semua tergantung koneksi internet Anda.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 7

Sukses ! Install WordPress di subdomain sudah selesai dengan sempurna dan Anda sekarang sudah bisa menggunakan subdomain tersebut. Silakan coba akses subdomainnya dan seharusnya sekarang Anda bisa melihat blog yang baru saja Anda buat.

Jika ingin pergi ke dashboard untuk melengkapi blog dengan konten seperti membuat artikel, halaman, dan lain-lain maka Anda tinggal pergi ke halaman namadomain.com/wp-admin. Kemudian masukkan username dan password yang tadi telah dibuat ketika akan menginstall WordPress.

Cara Install WordPress Di Subdomain cPanel Hosting Secara Manual 8

Jika hal ini Anda lakukan ketika pindah hosting, maka tentunya Anda memerlukan file WordPress dari blog lama untuk dipindahkan ke blog yang baru. Untuk itu silakan disimak bagaimana cara restore data WordPress lama ke WordPress baru.

Mungkin hanya itu saja tutorial Cara Install WordPress di Subdomain melalui cPanel hosting yang dilakukan secara manual. Jika gagal, maka silakan ulangi langkah demi langkah panduan ini secara teliti dari awal. Salam sukses dan semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. terimakasih kaka’… informasi yang diberikan sangat membantu saya membuat toko online pada subdomain!

  2. Terima kasih informasinya gan, sangat bermanfaat sekali untuk saya yang masih dalam tahap pemula. balajar domain subdomain dan cara instal worpressnya

  3. Keren bro! sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya :D sekarang saya bisa menulis artikel di wordpress dengan subdomain. Thanks

  4. terimakasih gan infonya.akan saya coba terapkan di blog wordpress saya.maklum saya masih pemula jadi saya masih krasak krusuk nyari panduan yang menurut ane mudah dipahami.
    sekali lagi terimakasih infonya

  5. artikelnya sangat bermanfaat, terutama untuk mereka yang pertama kali menggunakan wordpress dan bingung bagaimana cara membuat subdomain dan menginstall wordpress. terima kasih banyak sangat membantu :)

  6. wah cocok nih buat situs saya ini mastah.. www[dot]savemovie[dot]info MAkASIH INFONYA (y) dan jangan lupa mampir ya master

  7. Terima kasih tutorialnya, agak lama saya cari tutorial tentang cara instal wordpress dengan subdomain, akhirnya ketemu disini. skali lagi terima kasih

  8. agak susahsaya cari tutorial ini,
    sekarang saya bisa menulis artikel di wordpress dengan subdomain
    btw makasih ya.

  9. thanks gan sangat bermanfaat artikelnya, saya merasa sangat terbantu dengan adanya artikel agan. Oh iya salam kenal ya saya bloger baru dari Bagitau.id mohon maaf menuhin kotak komentarnya hehehe

  10. terima kasih atas infomasi bro, saya baru mau mencoba, dan mau tanya kira-kira saya bisa buat contohnya saja lalu dihapus boleh ga ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *