Home / Photoshop / Cara Singkat Dan Mudah Membuat Efek Cahaya Yang Keren Dengan Photoshop

Cara Singkat Dan Mudah Membuat Efek Cahaya Yang Keren Dengan Photoshop

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop –  Dalam dunia editing, efek sinar cahaya sering digunakan untuk menggambarkan suasana pagi dimana matahari baru akan menyinari bagian bumi. Namun, untuk dapat memotret sinaran cahaya ini sangatlah sulit, dibutuhkan tempat dan waktu yang pas. Membuat efek cahaya matahari akan semakin sulit jika kamera yang kita gunakan berkualitas rendah atau kamera alakadarnya. Pengalaman pribadi ketika memotret cahaya matahari menggunakan kamera kualitas standar maka yang dihasilkan gambar menjadi tidak karuan efek cahanya. Ya namanya juga kamera murahan tentunya tidak akan sebanding dengan kamera yang berkelas.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Long Shadow Di Photoshop Dengan Plugin Dan Action

Bagi Anda yang mengalami pengalaman pahit seperti saya karena tidak bisa memotret efek cahaya matahari jangan bersedih hati. Karena disini saya akan memberikan trik mujarabnya. Nantinya gambar yang kita hasilkan akan bersaing dengan gambar hasil desain profesional. Gambar seolah-olah hasil jepretan kamera berkualitas.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (1)

Lalu apa yang kita Andalkan untuk mengubah gambar efek cahaya hasil kamera murahan tersebut? Solusi terbaiknya adalah dengan mengAndalkan program pengolah gambar. Anda pasti sudah bisa menebaknya program apakah yang dimaksud? Ya, dengan Adobe Photoshop semua permasalahan pada gambar atau foto akan terselesaikan. Begitupun dengan membuat efek cahaya matahari ini bisa kita buat dengan Photoshop.

Berikut Cara Membuat Efek Cahaya Matahari Menggunakan Adobe Photoshop

Anda tidak perlu bertanya versi berapa Photoshop yang harus kita gunakan untuk praktik ini. Karena intinya semua versi Photoshop baik CS2, CS3, CS5, dan seterusnya bisa kita gunakan untuk memanifulasi gambar seolah-olah mendapatkan efek sinar matahari.

Pertama, Anda buka Photoshop, lalu buka gambar yang ingin di edit. Sebagai contoh saya menggunakan gambar pemandangan berikut ini :

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (2)

Jika Anda ingin menggunakan gambar pemandangan seperti contoh diatas, silakan tinggal klik kanan pada gambar kemudian pilih Simpan Gambar (Save Images).

Kedua Anda harus melakukan Duplicate Layer dulu, caranya tekan Ctrl + L dan nanti akan bertambah satu Layer baru dengan nama Layer 1.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (3)

Setelah membuat Layer baru atau duplikat layer selanjutnya klik menu Image, lalu Adjustments lalu Threshold.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (4)

Nanti tampilan gambar pemandangan akan berubah seperti gambar dibawah ini. Atur Threshold Level sesuai dengan kebutuhan atau disesuaikan dengan kondisi gambar yang Anda edit. Jika tampilan hasilnya tidak terlihat, silakan Anda centang Preview.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (5)

Catatan : Warna putih adalah bagian yang akan menjadi efek sinar cahaya matahari nantinya.

Selanjutnya kembali ke Layer 1, pada layer mode, ubah menjadi Screen.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (6)

Lalu klik menu Filter > Blur > Radial Blur. Setting seperti gambar dibawah ini, lalu klik OK. Untuk Blur Method silakan Anda pilih tipe Zoom saja, Amount Anda sesuaikan dengan kondisi gambar, Quality sebaiknya pilih Good saja.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (7)

Anda bisa lihat hasilnya pada gambar dibawah ini. Sudah mulai terlihat bukan efek cahaya mataharinya?

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (8)

Rapihkan lagi dengan cara menghapusnya sedemikian rupa sesuai kebutuhan, agar tampak seperti sinaran cahaya. Nah ini hasil yang sudah di rapihkan dan tampak keren bukan efek cahanya mataharinya? Bukan hanya keren tapi seolah-olah efek cahaya tersebut nyata efek matahari.

Cara Membuat Efek Cahaya Dengan Photoshop (9)

Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Membuat Efek Cahaya Matahari Dengan Photoshop. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan selamat mencoba semoga berhasil sesuai dengan keinginan Anda.

Artikel ini karya penulis tamu Wawan Kurniawan seorang blogger pemilik blog Bahasan Unik. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *