Home / Photoshop / Cara Membuat Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop

Cara Membuat Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop

Cara Membuat Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop – Sketsa photo sekilas kalau dilihat memang terlihat aneh. Sangat tidak mungkin kalau photo sketsa kita pasang di dokumen resmi, seperti ijazah, sertifikat, dan lain-alin.

Baca Juga : Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel

Berikut contoh gambar yang sudah saya beri efek sketsa :

Rossi - still highly motivated to race and give the youngsters the business

Bagaimana tertarik ingin mencobanya juga menerapkan efek sketsa pada photo? Kita mulai tutorialnya. Namun sebelum dilanjut, silakan Anda unduh dulu photo yang sesuai dengan photo diatas.

Setelah Anda mendapatkan photo yang akan dijadikan praktek kali ini, seperti biasa buka program Photoshopnya. Lalu klik File > Open untuk membuka gambar yang akan diberi efek sketsa. Photoshop yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah Photoshop CS3.

Duplikat Layer dengan cara menekan Ctrl+J pada keyboard. Maka pada Pallet Layers akan terbentuk sebuah Layer baru dengan nama Layer 1.

Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop 2

Setelah menduplikat Layer, langkah selanjutnya aktifkan Pallet Warna Swatches dari menu Windows >  Swatches. Disini saya memberi warna dengan nilai #ed1c24.

Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop 3

Sekarang waktunya membuat efek sketsa pada photo. Anda klik menu Filter > Sketch > Charcoal…. Pada kotak dialog Charcoal tentukan nilai Charcoal Thickness 3, Detail 5, dan Light/Dark Balance menjadi 50. Sebetulnya settingan ini disesuaikan dengan keadaan photo. Jadi sebaiknya Anda jangan terpaku pada setting ini, kedepannya disesuaikan saja.

Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop 4

Selanjutnya Anda rubah Blending Mode pada Pallet Layer (Layer 1) yang semula Normal menjadi Hard Light. Agar efek sketsa pada photo kelihatannya lebih menarik lagi.

Efek Sketsa Photo Dengan Photoshop 5

Selesai. Sekarang Anda simpan hasil karyanya di komputer untuk koleksi. Tunggu saja tutorial Photoshop lainnya yang akan saya share.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. jujur gan saya masih bingung dengan tutorial di atas. mungkin karena saya jarang utak atik photoshop… Terima Kasih Tutorialnya Salam Blogger

    • ko bingung gan? sebaiknya langsung dipraktekkan, dan bisa sharing dalam hal yang tidak jelas dengan tulisan ini …

  2. langsung tak coba mas, maklum suka dengan desain ni :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *