Home / WordPress / Cara Membuat Form Login & Register Penulis Tamu Di WordPress

Cara Membuat Form Login & Register Penulis Tamu Di WordPress

Cara Membuat Form Login & Register – Karena alasan kesibukan menulis artikel, maka terkadang kita membutuhkan orang lain untuk bersedia menjadi penulis tamu di blog kita. Selain alasan kesibukan, sebab lainnya blog kita menerima guest post mungkin mempunyai maksud lain seperti dalam rangka mempromosikan blog, membagi-bagi backlink dofollow, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Blog Di WordPress

Jika blog WordPress kita berniat ingin menerima penulis tamu selain membuat halaman khusus penulis tamu untuk menulis artikel sendiri, disarankan juga membuat form login dan register. Karena jika kita tidak membuat form ini. orang lain yang hendak menulis artikel di blog kita akan kesulitan. Mereka tidak akan bisa menulis artikel langsung di blog jika mereka tidak mempunyai hak akses login di blog kita. Nah untuk memfasilitasi hal tersebut, kita wajib menyediakan form login dan register.

Contohnya jika kita ingin menulis atau mengirim artikel di forum-forum, maka kitapun tidak bisa langsung begitu saja diperbolehkan menulis artikel. Sebelumnya kita meski melakukan pendaftaran (register) terlebih dahulu. Setelah akun kita disetujui oleh admin, maka kita mempunyai hak akses login dan selanjutnya kita bisa menulis artikel di forum tersebut.

Nah disinipun posisi kita seolah-olah admin forum seperti yang telah dicontohkan diatas. Kita menyediakan fasilitas login dan register bagi mereka yang ingin menjadi penulis tamu di blog yang kita kelola.

Berikut Cara Mudah Membuat Form Login & Register Di Blog WordPress

Untuk hal kebutuhan membuat form login di WordPress, kita bisa menggunakan plugin. Sebenarnya tanpa plugin juga kita bisa melakukannya. Namun untuk menghemat waktu dan tidak semua orang paham dengan koding, langkah praktisnya gunakanlah plugin.

Banyak plugin WordPress yang bisa kita gunakan untuk membuat form login dan register. Salah satu diantaranya yang sering digunakan oleh WordPresser terkenal adalah plugin Theme My Login.

Cara-Membuat-Form-Login-&-Register-Penulis-Tamu-Di-WordPress-1

Plugin ini bisa kita nikmati secara gratis dan untuk mencobanya kita meski download terlebih dahulu plugin Theme My Login.

Tidak banyak cara yang harus kita setting dari plugin ini dan setelah kita sukses download dan install plugin Theme My Login, nanti di dashboard WordPress akan bertambah sebuah submenu baru dengan nama TML. Anda klik submenu tersebut untuk melakukan pengaturan lebih lanjut lagi.

Disana terdapat tab General dan kita harus mencentang Enable “theme-my-login.css”. Hal ini agar semua field atau form login dan register settingan css-nya akan mengikuti style css tema yang kita gunakan.

Kita juga bisa menentukan Login Type dengan disediakan tiga pilihan, Username only, E-mail only, dan Username or E-mail. Disini saya pilih opsi ketiga saja yaitu Username or E-mail.

Dibawahnya terdapat settingan Modules. Disini kita bisa menambah submenu-submenu baru dari TML. Jika kita mencentangnya semua kotak yang ada pada tab Modules, maka secara otomatis ketika di Save dibawah menu TML akan bertambah submenu yang sesuai dengan yang kita pilih. Disini diantaranya kita bisa mengaktifkan reCAPTCHA dan lain-lain. Untuk pengaturan lebih lanjut setelah mencentang pada tab Modoles, kita harus melakukan pengaturan lagi pada submenu yang kita tentukan.

Setelah kita selesai melakukan pengaturan khusus pada menu TML, nanti pada menu Pages akan bertambah secara otomatis link-link halaman baru. Halaman-halaman baru ini fungsinya untuk keperluan Form Login yang kedepannya akan kita butuhkan.

Halaman baru tersebut adalah Log in (halaman masuk), Log out (halaman keluar), Lost Password (halaman kehilangan kata sandi), Register (halaman daftar), Reset Password (halaman merubah kata sandi), dan Your Profile (halaman tampilan profil).

Selanjutnya Anda juga bisa menampilkan Form Login & Register di Sidebar WordPress. Hal ini untuk lebih memudahkan lagi pengunjung ketika ingin login atau register di blog kita. Karena nanti Form Login & Register akan terlihat jelas di Sidebar.

Untuk menampilkan Form Login & Register di Sidebar, kita bisa melakukannya di menu Appearance > Widgets. Temukan Theme My Login dan pindahkan (drop & drag) ke posisi sidebar yang kita inginkan.

Disini juga kita bisa nenentukan pengaturan tampilan Form Login & Register Sidebar nanti. Kita bisa menentukan yang akan menjadi tampilan secara default nanti apakah Login, Lost Password, atau Reset Password. Dan juga kita bebas mengatur tampilan lainnya seperti ingin menambahkan foto Gravatar dan yang lainnya.

Sekarang Anda sudah mempunyai Form Login & Register untuk mereka yang berniat menjadi penulis tamu (guest post) di WordPress kita. Selamat mencoba tutorial Cara Membuat Form Login & Register Penulis Tamu Di WordPress. Semoga sukses dan ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. trumakasih gan atas infonya… kebetulan saya newbe yang membutuhkan banyak pembelajaran tehnologi seperti ini.
    sekali lagi terimakasih banyak gan jangan lupa mampir ke tempat ane jika berkenan

  2. Okallen Amba Toding

    mau nanya nich gan!!!
    Apa bisa kita loginnya pake medsos seperti FB ,sya liat Di Hip wee, mereka pake plugin Apa ya?

    • Itu mas bisa menggunakan plugin-plugin WordPress yang khusus menyediakan fasilitas Login menggunakan akun Media Sosial seperti plugin WordPress Social Login.

  3. Annisa Novta

    Mas ku mau tanya, itu install yang my theme nya dimana? Atau extract dimana? Ko aku taro di htdocs engga muncul ya sub menunya??

    • Biar ga ribet cara otomatis saja mas, dari dashboard langsung ke menu Plugins > Add New kemudian ketik kata kunci “Theme My Login” pada kolom pencarian kemudian install dan aktifkan.

  4. Saya sudah memasang dan sudah melakukan simulasi pendaftaran. Tapi kenapa ketika saya mengecek e-mail kok tidak ada pesan konfirmasi yah? Mohon solusinya.. Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *