Home / Teknologi / 10 Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Aman Anti Maling Dan Hacker

10 Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Aman Anti Maling Dan Hacker

Cara Membuat Password Yang Aman – Yakin password yang Anda buat sudah aman dan dijamin tidak akan ada satupun orang lain yang mengetahuinya? Seberapa kuat tingkat keamanan password akun Anda? Membuat password yang mudah ditebak orang lain sangat beresiko akun kita akan dimaling oleh hacker. Siapa sih yang mau akun pribadinya dibobol hacker? Maka dari itu jangan anggap sepele masalah “membuat password”. Pikir lagi secara matang apakah password yang kita buat betul-betul aman anti maling?

Baca Juga : Inilah 5 Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook Terbaru Tahun 2016

Di era internet serba canggih seperti saat ini, kata sandi bisa dibilang bagian terpenting. Betapa tidak saat ini bukan hanya akun jejaring sosial saja yang akan dimanfaatkan orang untuk berinteraksi di internet. Banyak orang yang sudah menggunakan internet sebagai tumpuan hidupnya untuk menyimpan data-data rahasia. Oleh sebab itu tingkatkan lagi kualitas proteksi akun-akun internet Anda dengan membuat password anti maling agar berkas Anda di internet aman.

10 Cara Membuat Password Yang Aman Anti Maling Dan Hacker

Disini saya telah mengelompokkan kedalam 10 cara agar password yang kita buat benar-benar aman dan sulit untuk ditebak orang lain.

Berikut 10 Cara Membuat Password Agar Tidak Mudah Dibobol Hacker

1. Hindari Membuat Password Pasaran

Cara pertama sebaiknya Anda harus menghindari pembuatan kata sandi yang sudah umum digunakan orang lain (pasaran). Dengan membuat password pasaran itu artinya kita telah memberikan peluang besar terhadap orang lain untuk membobol akun pribadi kita. Seperti apakah contohnya password pasaran? Contohnya untuk password WordPress secara default adalah “admin”, maka jika Anda seorang WordPresser tentunya jangan sekali-kali menggunakan password ini. Atau misal lagi karena Anda tidak mau membuat password yang sulit maka Anda membuat password akun dengan deretan angka 1 sampai dengan 9 saja (123456789).

2. Jangan Menggunakan Kata Bahasa Inggris

Apakah membuat password dengan kata-kata Bahasa Ingrris sudah benar-benar aman? Sama sekali tidak aman jika kata sandi yang kita buat menggunakan kata Bahasa Inggris. Hacker akan meneliti password akun seseorang dengan metode Dictionary Attack, artinya akan mencoba mengacak kata yang bersumber dari kata Bahasa Inggris. Hindari membuat kata sandi dengan kata Bahasa Inggris populer seperti ILoveYou, IMissYou, GoodBye, GoodMorning, Thankyou, dan sebagainya.

3. Buat Password Yang Panjang

Password panjang diasumsikan akan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Maka dari itu agar password akun Anda sangat kuat maka buatlah password yang panjang. Semakin panjang password yang Anda buat maka akan semakin sulit hacker akan meretas akun Anda. Minimal password dibuat memiliki 8 karakter dan maksimal sebanyak 16 karakter. Jika memungkinkan lebih banyak lagi lebih baik asal Anda ingat saja sama password tersebut.

4. Kombinasikan Dengan Angka, Huruf, dan Karakter

Untuk menghindari metode Dictionary Attack ketika hacker mencoba akan meretas akun pribadi kita maka buatlah password berdasarkan kombinasi angka, huruf, dan karakter khusus. Jika Anda membuat password berdasarkan huruf biasa saja maka akan sedikit pilihan dalam mengkombinasikannya. Karena jumlah huruf biasa ini hanya 26 karakter saja. Berbeda jika Anda menggunakan semua karakter yang ada dalam keyboard, yakni memiliki 95 huruf. Anda dapat leluasa dalam membuat kata sandi jika dasarnya dari campuran angka, huruf, dan karakter. Coba Anda bayangkan jika password seperti ini : [email protected]& tentunya itu akan sangat sulit orang lain tebak.

5. Jangan Menggunakan Tanggal Lahir

Ketika kita dihadapkan dalam membuat password ketika membuat akun di internet biasanya akan pusing sendiri. Parahnya lagi ujung-ujungnya kita menentukan password berdasarkan tanggal lahir saja. Memang sangat mudah diingat oleh kita password tanggal lahir ini, namun sangat mudah juga orang lain membobol akun pribadi kita. Untuk mengetahui tanggal lahir seseorang biasanya bukan termasuk hal yang sulit. Untuk itu hindarilah password menggunakan tanggal lahir apapun alasannya.

6. Jangan Menggunakan Nama Orang Terdekat

Kebiasaan buruk lainnya adalah password dibuat menggunakan nama orang terdekat, seperti : nama ayah, nama ibu, nama suami, nama istri, dan sebagainya. Orang-orang terdekat seperti teman kita apakah sudah kenal betul dengan nama-nama terdekat disekitar kita? Tidak menutup kemungkinan juga jika kejadian akun diretas pelakunya adalah teman-teman terdekat kita. Oleh sebab itu stop membuat password berdasarkan nama orang terdekat.

7. Kombinasi Upper dan Lower Case

Apa itu Upper Case dan Lower Case? Upper Case adalah huruf kapital sedangkan Lower Case adalah kebalikannya atau huruf kecil. Akan lebih baik lagi jika password yang dibuat dengan menggunakan kombinasi  Upper dan Lower Case. Kombinasi ini terbukti kalau hacker akan sulit menebaknya. Bandingkan contoh password ini : hanyamencoba dan HaNyaMenCoba, mana menurut Anda yang lebih kuat keamanannya? Tentu saja contoh password yang kedua itu sangat baik, apalagi jika Anda campur lagi dengan angka dan karakter khusus.

8. Matikan Fitur Pengingat Password Browser

Setiap browser masa kini akan dilengkapi dengan fitur Remember Password, artinya jika kita mengaktifkan fitur itu maka ketika akan masuk akun yang sama prosesnya lebih cepat lagi. Fitur Remember Password memungkinkan kita untuk bisa menyimpan password didalam cache dan history browser. Berbahaya jika kita menggunakan opsi browser ini. Banyak hacker yang akan memanfaatkan opsi ini untuk membobol password seseorang.

9. Ubah Password Secara Berkala

Jangan malas untuk mengganti password akun pribadi Anda! Saya rasa kurang dari 1 menit untuk mengubah password. Lakukan perubahan password minimal satu bulan sekali maksimal seminggu sekali. Apalagi jika akun Anda sudah dicurigai kalau ada orang lain yang mengetahuinya, maka segeralah untuk mengganti password dengan yang baru.

10. Buat Password Setiap Akun Berbeda-beda

Jangan membiasakan diri membuat password yang sama untuk seluruh akun Anda di internet. Hal-hal yang Anda anggap kurang penting seperti Facebook, Twitter, Instagram, boleh saja passwordnya disamakan dengan alasannya takut lupa nantinya. Namun saya sarankan untuk akun penting seperti email, blog, perbankan, dan sebagainya maka buatlah password berbeda dan belum pernah digunakan di akun manapun.

Ok mungkin hanya itu saja 10 Cara Membuat Password Yang Aman Anti Hacker. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapa saja. Untuk Anda yang mempunyai trik lain seputar kata sandi, saya tunggu masukkannya di kotak komentar. Satu hal yang paling penting buatlah password yang sangat sulit ditebak orang lain tapi sangat mudah Anda ingat. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. saya seperti point ke empat mas, buat kata sandi dengan kombinasi antara huruf kecil dan besar angka dan juga penggunaan symbol! mungkin agak ribet hafalinnya .. namun saya sudah mencatat semua password saya ke dalam buku tulis! :D

  2. saya dulu suka gonta-ganti password mas, bahkan hampir tiap hari karena takut kena hack atau phising dan sejenis nya. namun sekarang ada fitur verifikasi kode dengan nomor ponsel, jadi selama ponsel ngga hilang akun saya bakalan aman. jangan lupa juga kasih nomor hp ke-2 buat cadangan nya juga! :D

  3. Terima kasih , ini sangat membantu dan sangat bermamfaat . mudah mudahan kata sandi saya akan tetap aman selama nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *