Home / WordPress / Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress

Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress

Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress – Sitemap atau peta situs atau daftar isi dibuat untuk mengoptimasi website / blog. Banyak web-web terkenal baik yang berplatform WordPress atau Blogspot memasang Sitemap di webnya. Biasanya Sitemap ini dibuat khusus pada halaman baru yang diperuntukkan hanya untuk Sitemap saja. Cara membuat sitemap bagi web CMS WordPress terbagi menjadi dua cara, yaitu dengan bantuan plugin dan tanpa menggunakan plugin. Dan disini saya akan membahas cara membuat sitemap HTML di WordPress menggunakan plugin. Jika Anda ingin membuat sitemap atau daftar isi tanpa bantuan plugin, bisa dilihat pada tulisan sebelumnya cara membuat daftar isi di WordPress tanpa plugin.

Baca Juga : Cara Agar Search Engine Cepat Mengenal Blog

Sitemap sendiri terdiri dari dua jenis format, yakni format XML dan HTML. Sitemap format XML adalah khusus dibuat untuk spider mesin pencari yang ditugaskan untuk merayapi laman-laman web secara otomatis. Artinya sitemap format XML dibuat untuk membantu pengindeksan seluruh halaman web atau blog di Search Engine Result Page (SERP).

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah

Sedangkan sitemap format HTML dibuat bagi manusia bukan mesin pencari. Artinya untuk lebih memudahkan pengunjung (pembaca) blog dalam menelusuri seluruh konten web / blog yang disinggahinya. Contoh jelasnya bisa dilihat di halaman berikut. Sitemap HTML biasanya dibuat atau ditampilkan perkategori atau berdasarkan tag. Ini semua tergantung kitanya dalam melakukan pengaturan.

Keuntungan Bagi Blog Yang Menyediakan Halaman Sitemap HTML

Banyak keuntungan yang akan diperoleh bagi pemiliki web / blog jika tersedia halaman khusus sitemap HTML, diantaranya :

  1. Kemungkinan besar pengunjung blog akan tinggal lama di blog yang ia kunjungi. Karena dengan disediakannnya halaman daftar isi atau sitemap, mereka bisa memilih-milih artikel yang diharapkan dapat ditemui dari deretan atau list daftar isi;
  2. Dengan dibuatnya halaman sitemap HTML akan memudahkan pengunjung untuk menemukan tulisan yang mereka cari. Walaupun ini bisa menggunakan kotak pencarian (search), tapi dengan halaman sitemap HTML saya rasa akan lebih mempermudah pengunjung karena bisa melihat langsung semua isi konten/artikel blog yang mereka kunjungi. Jika kita hendak membaca buku, pertama yang kita lihat adalah judul buku tersebut. Selanjutnya kita buka halaman daftar isinya apakah dalam buku tersebut ada pembahasan yang sesuai dengan yang kita cari atau tidak?

Inilah Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress

Ok langsung saja kita menuju ke pembahasan intinya yaitu bagaimana cara membuat sitemap HTML di WordPress menggunakan plugin. Sebelum dilanjut, mungkin dalam pikiran Anda bertanya apakah plugin ini ringan atau sebaliknya malah memberatkan loading blog? Setiap saya menulis artikel, semuanya berdasarkan pengalaman dan tentunya sudah saya coba berkali-kali. Untuk itu menurut saya plugin ini sangat kecil sekali, tidak mempunyai pengaruh yang berarti terhadap loadingnya blog. Apa nama pluginnya? Namanya adalah Hierarchical HTML Sitemap.

Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress 1

Bagi yang penasaran ingin mencobanya, silakan download dulu pluginnya di web resmi Hierarchical HTML Sitemap. Setelah di download, seperti biasa Anda upload melalui cPanel atau dashboard WordPress.

Atau bisa juga dengan menambahkan plugin di wp-admin dashboard WordPress Anda. Dengan mencarinya di menu Plugin > Add New lalu Anda ketik dengan kata kunci Hierarchical HTML Sitemap.

Cara Setting Plugin Hierarchical HTML Sitemap

Setelah sukses download, upload, dan mengaktifkannya menggunakan cara yang Anda sukai, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada plugin Hierarchical HTML Sitemap agar dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Caranya mudah saja, pertama Anda buat sebuah halaman baru lalu beri judul halaman sesuai dengan yang Anda inginkan, contoh Daftar Isi, Sitemap HTML, Peta Situs, atau apa saja terserah. Lalu copy paste kode berikut di mode Visual atau mode Teks, bebas.

Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress 2

Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Sitemap-HTML-Di-WordPress-3

Otomatisnya plugin Sitemap HTML ini adalah tampil berdasakan kategori yang telah kita buat. Sitemap HTML ini tampil juga dengan tanggal, bulan, dan tahun ketika artikel dibuat. Ok mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara membuat sitemap HTML di WordPress menggunakan plugin Hierarchical HTML Sitemap.

Update : 31 Juli 2016

Jika Anda tidak suka dengan tampilan tanggalnya, cara menghapusnya silakan masuk ke Dashboard > Plugins > Hierarchical HTML Sitemap > Edit. Kemudian cari dan hapus kode berikut :

<small>$date[0]</small>

Resikonya jika nanti Plugin diupdate maka kode harus kembali dihapus secara manual.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

22 comments

  1. Ambil pertamaxnya dlu ah… :D

    Sebelumnya makasih om udah buat tutor sitemap seperti blog InfoMenarik, ijin praktek yak om… :)

  2. ini cocok sekali buat saya yang masih belajar wordpress mas, bisa tanya tanya nanti, hehehehe, di ctrl + d dulu biar ingat.

  3. wah mantab infonya mas, ini yang saya cari-cari masih agak bingung buat sitemap.xml di worpress, thanks for sharing

  4. Sekali lagi makasih Mas! :D

  5. cocok dan menarik nih buat yang pakai wordpress..nyimak aja mas..trims..

  6. ternyata gak juga susah ya….saya juga masih belajar mas masalah wordpress. lagi baru utak-atik. kalau dulu pernah bermain di WP tapi gak sampai lama langsung pindah ke blogspot. saya numpang belajar ya…terima kasih atas ilmunya.

    • Kalau saya kebalikkannya mbah. Dulu pernah diblogspot tapi ga lama, lalu mengundurkan diri karena pindah lagi ke WordPress. Ok mbah silakan dipraktekkan saja jika memang dibutuhkan …

  7. bagus juga model sitemamnya mas.sayangnya pake plugin jadi memberatkan loading.soalnya plugin saya udah banyak nih

  8. wah ternyata gak susah susah amat ya

  9. Nah, ini yang saya cari mas… soalnya yang tanpa plugin sebelumnya sih tampilannya kurang baik hehehe
    bisa sih, hanya tampilannya saja yang kurang bagus

    • Sebetulnya sama saja mas dengan tanpa Plugin. Justru jika menggunakan tanpa Plugin, kita lebih leluasa dalam modifikasi tampilan CSS-nya …

  10. Cara menyembunyikan tanggal, bulan, dan tahunnya gimana min?
    Cara menyembunyikan tanggal, bulan, dan tahunnya gimana min?

    Maaf double text, karna pertanyaannya terlalu pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *