Home / WordPress / Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis

Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis

Cara Membuat Watermark Gambar – Salah cara untuk melindungi gambar di blog dari pencurian adalah dengan memberi Watermark pada gambar tersebut. Namun jika dihubungkan dengan hotlinking gambar, menggunakan cara Watermark menurut saya kurang evektif. Kecuali jika pelaku pencurian gambar melakukan upload ulang di server hostnya. Sehingga link url gambar tidak satu server dengan server aslinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Agar Gambar Tidak Dicuri Blog Lain (Hotlinking)

Sebenarnya apa sih Watermark itu? Jika merujuk ke WikiPedia Watermark adalah salah satu cara untuk menyembunyikan atau menanamkan data tertentu. Penanaman data ini bisa berupa gambar atau tulisan/huruf. Watermark (pengimbuhairan atau tanda air) yang biasa dibuat pada gambar untuk melengkapi artikel blog berbeda jauh dengan Watermark pada uang kertas. Watermark dibuat demi untuk memberikan informasi identitas penulis atau pencipta gambar/tulisan. Bisa juga Watermark difungsikan untuk melindungi hak cipta seseorang agar tidak dibajak orang lain.

Watermark dibuat dengan tulisan atau gambar yang biasanya direndahkan nilai transfarannya. Hal ini agar tidak mengalahkan maksud utama yang disampaikan dari gambar atau tulisan. Watermark biasanya hanyalah gambar atau tulisan yang sengaja tidak diperjelas tapi terlihat. Contohnya Anda bisa melihat pada gambar-gambar artikel pembahasan ini. Anda pasti akan melihat gambar (logo) InfoMenarik di setiap gambar. Nah itulah yang disebut dengan Watermark.

Sebuah blog yang isinya adalah konten tutorial pada umumnya banyak terdapat gambar-gambar. Hal ini demi untuk memperkaya konten dan juga agar materi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca.

Biasanya artikel tutorial paling banyak diburu dan diminati para pelaku plagiat konten. Nah untuk memberikan hak cipta pada gambar pendukung artikel tutorial tersebut, sebaiknya kita tanamkan Watermark didalamnya. Walaupun dengan cara ini masih saja banyak orang yang melakukan copas artikel tanpa memberikan nilai lebih kepada sang pencipta.

Namun setidaknya dengan membuat Watermark gambar bisa jadi alternatif lain untuk mengurangi kasus copy paste. Dan juga jika mereka memajang gambar yang terdapat Watermarknya, otomatis pembaca artikel akan melihat bahwa gambar tersebut bukan miliknya. Kemungkinan pembaca akan memburu alamat blog yang terdapat dalam Watermark, sehingga kita akan kedatangan trafik baru yang bersumber dari Watermark gambar.

Membuat Watermark gambar dapat dilakukan dengan mudah jika memang jumlah gambarnya sedikit. Namun jika sebaliknya tentu akan sangat melelahkan serta kita akan membuang-buang waktu secara percuma. Kita bisa saja menggunakan program Adobe Photoshop atau program pengolah gambar lainnya.

Selain menggunakan Adobe Photoshop, disini saya akan memperkenalkan plugin WordPress gratis khusus untuk menanamkan Watermark gambar dengan cepat. Dengan plugin ini kita cukup melakukan pengaturan sekali saja. Selanjutnya setiap kita upload gambar, maka akan otomatis gambar tersebut terdapat Watermarknya.

Berikut Cara Membuat Watermark Gambar Dibantu Dengan Plugin WordPress

Karena cara ini menggunakan plugin WordPress, tentunya yang bisa melakukannya hanyalah blog atau website yang menggunakan CMS WordPress Self Hosted. Untuk WordPress.com atau Blogspot.com bisa menggunakan cara lain, misal menggunakan program pengolah gambar Adobe Photoshop.

Lalu plugin apa yang bisa kita gunakan untuk membuat Watermark gambar dengan cepat serta otomatis? Plugin yang saya maksud adalah Plugin Easy Watermark.

Jika ingin mencobanya, silakan sebaiknya Anda download terlebih dahulu Plugin Easy Watermark. Atau yang lebih praktis Anda bisa langsung mencarinya di menu plugin dashboard WordPress setelah Anda login.

Plugin Easy Watermark ukurannya sangat kecil, sekitar 2,42 MB. Sehingga tidak akan memberatkan beban loading blog. Kecuali jika space hosting Anda sudah penuh, maka sebaiknya hindari penggunaan plugin terlalu banyak.

Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin Easy Watermark nanti di menu Settings akan bertambah submenu baru, yaitu Easy Watermark. Ini fungsinya untuk mengatur lebih lanjut plugin.

Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis 1

Plugin Easy Watermark terdiri dari tiga tab, yaitu General, Image, dan Text. Silakan Anda buka satu-persatu dimulai dari tab General. Disini Anda bisa mengatur beberapa point penting seperti Anda harus mencentang Auto Watermark. Kegunaannya agar nanti setiap Anda upload gambar, maka otomatis gambar tersebut akan tertanam Watermark.

Selesaikan pengaturan di tab General sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk Image Types sebaiknya Anda centang semua saja. Hal ini agar Watermark bisa dipasang di seluruh tipe gambar.

Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis 2

Anda boleh memilih jenis Watermark gambar (Image) atau Watermark jenis tulisan (Text) bahkan Anda boleh memilih kedua-duanya. Jika Anda memilih jenis gambar, siapkan gambar atau bentuk logo yang ditanamkan kedalam Watermark. Tentukan juga posisi Watermark pada gambar nantinya, atas kanan, atas tengah, atas kiri, dan selanjutnya pada Image Alignment.

Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis 3

Pilih tab Text jika yang Anda inginkan jenis Watermark tulisan. Disinipun sama Anda meski menentukan tulisan apa yang akan dijadikan Watermark nantinya. Dan juga Anda diminta untuk mengatur posisi Watermark jenis text pada Text Alignment.

Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis 4

Simpan semua pengaturan yang sudah Anda tentukan dan coba Anda upload gambar serta lihat hasilnya. Sebaiknya sebelum mencoba dengan cara online, Anda mengetesnya terlebih dahulu menggunakan Localhost atau dengan Instant WordPress.

Untuk menanamkan Watermark pada gambar yang sudah tersimpan di arsip gambar WordPress, caranya Anda klik menu Media > Easy Watermark. Anda tinggal memilih tombol Start dan plugin akan bekerja otomatis memberikan Watermark.

Dan selanjutnya jika Anda ingin menghilangkan Watermark yang sudah terlanjut ditanamkan, caranya Anda tinggal klik Restore. Dengan cara ini semua Watermark gambar akan hilang dan gambar kembali tampil original.

Cara Membuat Watermark Gambar Dengan Cepat Dan Otomatis 5

Mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Membuat Watermark Gambar dengan cepat serta otomatis. Dengan menggunakan plugin, Anda bisa menghemat waktu serta tampilan Watermark akan lebih menarik lagi.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Khidir Zahid

    Help gan. Lokasi watermark ane ga seperti yg punya ente :'( tolong di cek tutorialcoding.tk/membuat-tabel-karyawan-menggunakan-php
    Gimana biar pas dipojok kanan bawan…

  2. tutorialnya sangat berguna..
    untuk mencegah hot linking dan copy paste..ada baiknya kita perlu memberikan watermark pada setiap gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *