Home / Pendidikan / Cara Menambahkan Siswa Baru Di EMIS Pendis Online ~ Emis Madrasah

Cara Menambahkan Siswa Baru Di EMIS Pendis Online ~ Emis Madrasah

Cara Menambahkan Siswa Baru Di EMIS – Setiap awal semester baik itu semester ganjil atau semester genap, Operator Madrasah akan disibukkan dengan entry data di EMIS Pendis. Entry data disini meliputi dari Data Lembaga, Data Personal, dan Data Siswa. Setiap perubahan data madrasah akan selalu diperbarui pada setiap awal semester, seperti mutasi siswa masuk keluar, tenaga pendidik cuti, dan sebagainya.

Baca Juga : Fungsi & Cara Memperbaiki Data Di Dashboard EMIS-Pendis Kemenag

Dulu entry data Madrasah dilakukan secara manual di file Excel yang sudah disediakan Operator Kemenag pusat. Kemudian setelah selesai entry data di file Excel file tersebut di upload pada Aplikasi Desktop EMIS Pendis.

Namun pada Tahun Pelajaran 2017-2018 sistem entry data Madrasah berubah, yaitu setiap Operator Madrasah harus melakukan entry data di situs EMIS Pendis atau entry data secara online. Operator Madrasah dapat mengakses situs emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/

Setiap jenjang Madrasah disediakan laman khusus. Mulai dari laman Raudhatul Athfal, laman Madrasah Ibtidaiyah, laman Madrasah Tsanawiyah, dan laman Madrasah Aliyah. Link EMIS Pendis sesuai jenjang Madrasah adalah sebagai berikut :

  1. Raudhatul Athfal = kemenag.go.id/emis_madrasah_ra
  2. Madrasah Ibtidaiyah = kemenag.go.id/emis_madrasah_mi
  3. Madrasah Tsanawiyah = kemenag.go.id/emis_madrasah_mts
  4. Madrasah Aliyah = kemenag.go.id/emis_madrasah_ma

Tidak sembarang orang yang bisa mengakses laman EMIS Pendis. Hanya tenaga pendidik yang bertindak sebagai Operator Madrasah yang sebelumnya telah terdaftar di Operator Kemenag pusat.

Baca Juga : Cara Daftar Operator EMIS Pendis (Kemenag) Dengan Mudah

Ketika pertama kali Operator Madrasah mengakses halaman EMIS Pendis Online, maka sebagian data Madrasah sudah otomatis berada disana. Data tersebut di entry secara otomatis oleh Operator Kemenag pusat berdasarkan laporan data ketika Operator Madrasah entry data melalui Aplikasi Desktop.

Disini Operator Madrasah cukup melakukan perubahan-perubahan seperlunya disesuaikan dengan data Madrasah terbaru. Termasuk siswa baru Tahun Pelajaran 2017-2018 belum ditemukan di laman EMIS Pendis Online. Tentunya hal ini adalah tugas Operator Madrasah untuk melengkapinya.

Berikut Cara Menambahkan Siswa Baru Di EMIS Pendis Online

Tidak sulit untuk menambahkan siswa baru di laman EMIS Pendis Online, karena saat ini sudah disediakan tombol khusus. Silakan Anda akses laman EMIS Pendis Online sesuai dengan jenjang Madrasah dan login menggunakan akun yang sudah Anda miliki.

Setelah sukses login, Anda klik bagian Kesiswaan kemudian Siswa Aktif. Disini saya mengambil contoh akun EMIS Pendis untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Menambahkan siswa baru di EMIS Pendis Online dibagi menjadi dua jenis, yaitu : Siswa Baru (Dari RA) dan Siswa Baru (Umum).

Perlu diketahui, jika Anda memilih Siswa Baru dari RA, maka RA yang dimaksud adalah RA resmi yang sudah memiliki Nomor Izin Operasional. Dan tentunya dari RA yang bersangkutan siswa tersebut sudah diluluskan dan memilih Madrasah lanjutan yang Anda kelola.

Jika Anda memilih jenis Siswa Baru dari RA maka akan dihadapkan pada halaman dimana Anda pertama harus memasukkan Nomor Statistik RA yang dituju kemudian klik Cari. Jika Nomor Statistik tersebut terdaftar maka siswa baru yang dirujuk ke Madrasah Anda akan tampil secara otomatis.

Disini Anda hanya cukup klik pilih Daftarkan dan secara otomatis siswa-siswa tersebut akan masuk kedalam Daftar Siswa Kelas I di Madrasah Anda. Langkah selanjutnya Anda tinggal melengkapi data-data siswa yang bersangkutan.

Pilihan siswa baru lainnya adalah Siswa Baru Umum, artinya siswa baru tersebut asalnya bukan dari RA melainkan dari sekolah diluar naungan Kemenag seperti TK, PAUD, atau Langsung Dari Orangtua. Karena sekolah-sekolah umum ini datanya tidak terintegrasi dengan data yang berada di Aplikasi EMIS Pendis Online.

Jika memang siswa baru tersebut asalnya dari sekolah umum atau langsung dari orang tua, silakan Anda pilih saja opsi Siswa Baru Umum. Kemudian entry data siswa baru sesuai dengan identitasnya mulai dari Nama Siswa, NIK, Tempat Lahir, dan sebagainya.

Halaman sebelahnya juga silakan Anda isi selengkap-lengkapnya sesuai data yang dimiliki oleh siswa baru. Jika semua data sudah Anda entry dengan benar, terakhir klik Simpan.

Lakukan entry data siswa baru satu-persatu dan usahakan data siswa baru yang Anda input adalah data yang akurat berdasarkan data yang dimiliki oleh siswa bersangkutan.

Ok sampai langkah ini Anda sudah bisa melakukan entry data siswa baru di halaman EMIS Pendis Online. Dan mungkin artikel Cara Menambahkan Siswa Baru Di EMIS dicukupkan sekian. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam suskes selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.