Home / Teknologi / Cara Mengecek, Mengaktifkan, Menonaktifkan System Restore Windows XP, 7, 8, Dan 10

Cara Mengecek, Mengaktifkan, Menonaktifkan System Restore Windows XP, 7, 8, Dan 10

Cara Mengaktifkan System Restore Windows – System Restore adalah fitur yang disediakan Windows yang fungsinya untuk mengembalikan sistem Windows ke titik sebelumnya. Sistem yang dikembalikan adalah seperti file sistem, registry Windows, aplikasi/software yang terinstall, serta pengaturan sistem lainnya. System Restore akan berguna jika kita telah melakukan kesalahan yang menimbulkan Windows menjadi bermasalah. Dengan begitu System Restore akan mengembalikan kondisi Windows ke posisi semula semacam melakukan Undo.

Baca Juga : Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengembalikan Data Terhapus Di Recycle Bin

Umumnya sistem Windows bermasalah jika kita telah melakukan install software atau driver tertentu. Ketika software atau driver tidak cocok (compatible) dengan sistem maka akan menyebabkan Windows bermasalah. Langkah cepatnya untuk membatalkan atau mengembalikan sistem Windows ke posisi sebelumnya maka gunakanlah fitur System Restore.

Mengingat System Restore mempunyai peranan sangat penting, maka disarankan untuk mengecek System Restore apakah sudah aktif atau belum. Karena umumnya System Restore ini secara default belum diaktifkan. Dengan begitu jika System Restore belum aktif maka nanti System Restore tersebut tidak bisa digunakan ketika diperlukan.

Cara Mengaktifkan System Restore Windows Dengan Mudah

Serbaiknya sebelum mengaktifkan System Restore, Anda cek dulu System Restore Windows Anda apakah sudah aktif atau belum. Untuk mengeceknya cukup mudah, silakan klik Start > klik kanan Computer > Properties > System Protection. Disini saya memberikan contoh pada OS Windows 7. Untuk versi Windows lainnya silakan Anda sesuaikan saja, karena pada intinya masih sama yaitu dari Computer atau dari My Computer.

Pada tab System Protection Anda lihat status System Restore apakah sudah aktif atau belum. Jika aktif maka pada Protection akan On dan jika belum aktif statusnya Off. Dalam contoh kali ini System Restore Windows saya sudah dalam keadaan aktif atau On. Namun jika belum aktif, silakan setelah memilih System atau Local Disk (C:) kemudian Anda klik Configure.

Untuk mengaktifkan System Restore disini cukup memilih Restore system settings and previous versions of files. Jika Anda ingin menonaktifkan System Restore maka silakan klik Turn off system protection.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Komputer Ga Pake Ribet

Dengan mengaktifkan System Restore maka kini sistem Windows akan aman. Karena jika kedepannya sistem Windows bermasalah Anda cukup melakukan restore saja untuk mengembalikan keadaan sistem Windows ke semula.

Cukup mudah bukan? Ok silakan mencoba mempraktikkan Cara Mengaktifkan System Restore Windows untuk anitispasi jika sistem Windows bermasalah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *